Pengaruh Label Halal, Citra Merek, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah
(Studi Pada Konsumen di Kota Bengkalis)
DOI:
https://doi.org/10.31004/money.v1i2.15287Keywords:
label halal, citra merek, harga, keputusan pembelianAbstract
Tujuan -- Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisa pengaruh label halal, Citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik wardah diwilayah kota bengkalis. Metode – Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi berganda. Sampel sebesar 82 responden menggunakan teknik Accidental sampling yang daimbil dari kosumen kosmetik merek wardah di Kota Bengkalis. Hasil – hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel label halal tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Variabel citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusa pembelian. variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Originalitas (Novelty)- Penelitian ini berusaha mengungkapkan pengaruh label halal, Citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik wardah diwilayah kota bengkalis. Implikasi – Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi perusahaan kosmetik, terutama merek Wardah, untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Dengan memperhatikan label halal, citra merek, dan harga, perusahaan dapat mengoptimalkan strategi pemasaran dan pengembangan produk untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi konsumen di Kota Bengkalis.References
Ardina, H., Supardi, S., Yusup, Y., & Sudirman, W. F. R. (2022). The Impact of Training and Work Motivation on the Employee Performance: Evidence on Kampar Regency Inspectorate. ECo-Buss, 4(3), 594–605. https://doi.org/10.32877/eb.v4i3.348
Assauri. (2013) Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Auliannisa Gifani, & Syahputra. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo Pada Mahasiswa Universitas Telkom. Bisnis dan Iptek, 10(2), 84. www.gadget.bisnis.com
Baltagi, B. H. (2011). Econometrics (Fifth Edit). Springer US.
Buchari Alma. (2006). Pemasaran dan pemasaran jasa, Bandung: Alfabeta.
Bintang Jalasena A. dan Sri Setio Iriani. (2014). Pengaruh Gaya Hidup dan kelompok Acuan Terhadap keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung Galaxy. BISMA (Bisnis dan Manajemen), 6(2), 139-147.
Eka Dewi Setia Tarigan. (2016) Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal dan Harga Terhadap keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Mahasiswa Program Studi manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area medan. Jurnal Kajian Ilmu Manajemen. 1(2), 115-120.
Etta Mamang Sangadji dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta. Andi.
Fandy Tjiptono. (2012). Pemasaran Strategik, Yogyakarta: Andi.
Fenita Mayang Sari, Andy Makhrian dan Khairil Buldani (2018) Pengaruh Label Halal dan Harga Terhadap Keputusan Membeli Produk Kosmetik Wardah. Jurnal Professional FIS UNIVED, 5(1), 26-31.
Halal Pada Kemasan Mie Instan Terhadap Keputusan Pembelian Masyarakat Muslim. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 1(1), 36-45.
Https://www.halalmui.org/mui14/ LPPOM MUI, Lembaga Pengkajian Pangan Obat Obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia, diakses pada tanggal 4 Juli 2020, Jam. 15.00
Muhammad Fahmul Iltiham. (2020) pengaruh label halal dan harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik wardah.
Ninda Fauziah. (2019) Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli: Studi Pada Produk Kecantikan. Journal IMAGE, 8 (1), 37-44.
Nur Aeni Maya Tri Lestari. (2021) Pengaruh Label Halal, Citra Merek, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (Jebma), 1(2), 117-126.
Premi Wahyu Widyaningrum. (2016). Pengaruh Label Halal dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Wardah Di Ponorogo. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, 6(2), 83-98.
Premi Wahyu Widyaningrum. (2019) Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal, Iklan, dan Celebrity Endorser terhadap Minat Pembelian kosmetik melalui variabel Persepsi sebagai mediasi. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 74-97.
Sopiah dan Etta Mamang Sangadji. (2016) Salesmanship (Kepenjualan), Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran: Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Sudirman, W. F. R., Sari, E. N. ., Reza, S. ., & Syaipudin, M. . (2023). Apakah fintech lending berpengaruh terhadap kinerja bank syariah di indonesia?. MONEY: JOURNAL OF FINANCIAL AND ISLAMIC BANKING, 1(2), 81–90. https://doi.org/10.31004/money.v1i2.15357
Sudirman, W. F. R., & Pratiwi, A. (2022). Overconfidence Bias dalam Pengembilan Keputusan Investasi: Peran Perbedaan Gender. Muhammadiyah Riau Accounting and Business Journal, 3(2), 081-092. https://doi.org/10.37859/mrabj.v3i2.3493
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Theresya Mardani. (2018) Pengaruh Citra Produk Kosmetik Latulipe Terhadap Keputusan Pembelian (studi kasus mahasiswi UMS).
Ummu Habibah dan Sumiati. (2016) Pengaruh Kulitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalah Madura. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 1(1), 31-48.
Yuli Mutiah Rambe dan Syaad Afifuddin. (2012). Pengaruh Penvantuman Label