Pengaruh Daya Tarik Pelayanan dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Wisata Halal Istana Siak Sri Indrapura

Authors

  • Joelia Nurhasanah Putri Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/money.v3i1.26761

Keywords:

attractiveness, service, accessibility, keputusan berkunjung, halal tourism.

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor Atrractiveness, Service, Terhadap Keputusan Wisawatan Berkunjung Keobjek Halal Tourism Istana Siak Sri Indrapura. Metode – Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif karena data dalam penelitian ini berupa angka-angka dan analisis. Populasi dalam penelitian ini adalah wisawatan yang sedang atau sudah berkunjung ke wisata Istana Siak Sri Indrapura. Sampel sebanyak 200 responden menggunakan teknik accidental sampling. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah SPSS versi 29.0 Hasil – Berdasarkan hasil pengujian diperoleh bahwa Attractivennes berpengaruh signifikan terhadap keputusan wisatawan berkunjung ke objek halal tourism Istana Siak Sri Indrapura, Service berpengaruh signifikan terhadap keputusan wisatawan berkunjung ke objek halal tourism Istana Siak Sri Indrapura, Accessibility berpengaruh signifikan terhadap keputusan wisatawan berkunjung ke objek halal tourism Istana Siak Sri Indrapura. Originalitas (Novelty) – Penelitian ini memiliki keunikan dalam mengkaji pengaruh faktor attractiveness, service, dan accessibility terhadap keputusan wisatawan untuk berkunjung ke destinasi wisata halal, khususnya pada objek Wisata Istana Siak Sri Indrapura. Fokus penelitian ini tidak hanya menekankan pada daya tarik wisata, tetapi juga pada kualitas pelayanan dan kemudahan akses yang dikaitkan dengan konsep halal tourism, yang masih jarang dibahas dalam konteks destinasi bersejarah di Indonesia. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi baru dalam memperluas pemahaman mengenai faktor-faktor penentu keputusan wisatawan dalam memilih destinasi wisata halal berbasis budaya dan sejarah. Implikasi – implikasi dari penelitian ini secara teoritis berdasarkan hasil penelitian Dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi mengenai pengaruh faktor Attractiveness, Service, Accessibility Terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung Ke Objek Halal Tourism Istana Siak Sri Indrapura. Sedangkan secara praktis dapat digunakan sebagai bahan informasi peneliti lainnya dengan permasalahan yang sama. Dapat dijadikan sebagai bahan referensi dalam meningkatkan wawasan dan dapat menunjang perkembanagn ilmu penegtahuan.

References

Adinugraha, Hendri Hermawan, dkk, Desa Wisata Halal: Konsep Dan Implementasinya Di Indonesia, HUMAN FALAH: Volume 5. No. 1 Januari.

Al-Alashfihani, Al-Raghib, 1989M, Mu’jam Al-Qur’an Li Alfaz Al-Quran, (Dea Fikr, Beirut)

Al-Qur’an Terjemahan

Apriliyanti, Ester, Dkk., Pengaruh Daya Tarik Wisata, Citra Destinasi Dan Sarana Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Citra Niaga Sebagai Pusat Cerminan Budaya Khas Kota Samarinda, Jurnal Manajemen, Vol. 12 No.1, 2020

Apriliyanti, Ester, Pengaruh Daya Tarik Wisata, Citra Destinasi, Dan Sarana Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Citra Niaga Sebagai Pusat Cerminan Budaya Khas Kota Samarinda, Jurnal Manajemen, Vol. 12 No.1, 2020

Arifin, Johar, Wawasan Al-Qur’an dan Sunnah, An-Nur, Vol. 4 No.2, 2015

Ashoer, Muhammad, dkk. 2021, Ekonomi Pariwisata, Medan: Yayasan Kita Menulis,

Basyariah, Nuhbatul, Konsep Pariwisata Halal: Perspektif Ekonomi Islam, Youth & Islamic Economic Journal, Vol. 02 No.01, 2021

BPS (Badan Pusat Statistik), Data Perjalanan Wisatawan Nusantara, diakses dari https://www.bps.go.id/indicator/16/1189/1/jumlah-perjalanan-wisatawan-nusantara.html, pada tanggal 26 Maret 2023, Pukul 14:57 WIB

Devi, Yulistia, dkk., Analisis Penyebab Penghindaran Pajak (Tax Avoidance) Dalam Laporan Keuangan Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2016-2019, Jurnal Akuntansi Dan Pajak 22, no. 2 (2022)

Dewi, Sri Wijaya Kusuma, dkk., Mengukur Tingkat Kepuasan Pengguna E-Commerce Shopee Pada Fitur Cod (Cash On Delivery), Jurnal Sain Manajemen, Vol. 3 No. 2 Agustus 2019

Djakfar, Muhammad, 2017, Pariwisata Halal Perspektif Multidimensi, Malang: UIN-Maliki Press.

Echols dan Shadily, 2019, Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: PT Gramedia

Ferdiansya, Hendri, dkk., Pengembangan Pariwisata Halal di Indonesia Melalui Konsep Smart Tourism, Journal of Sustainable Tourism Research, Volume. 2 Nomor. 1, Januari

Garcia, David Boto, The effect of high-speed rail connectivity and accessibility on tourism seasonality, ELSEVIER 2023

Handayani, Sri, dkk., Fasilitas, Aksesibilitas, dan daya tarik wisata terhadap kepuasan wisatawan, Jurnal ilmiah manajemen dan bisnis, Vol. 20 No.2, Oktber 2018.

Hardani, dkk., 2020 Metode Penelitian Kualitatif&Kuantitatif, Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.

Hardani, dkk., 2020, Metode Penelitian Kualitatif&Kuantitatif, Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.

Hermawan, Hendri, dkk., Desa Wisata Halal: Konsep dan Implementasinya di Indonesia, Jurnal Human Falah, volume.5 No.1, Januari-Juni 2018.

https://www.andalastourism.com/history/istana-siak-sri-indrapura, di akses pada 29 Oktober 2023 pukul 22:28 WIB

Huda, Bakhrul, The Concept of Halal Tourism and the Tourist Rights in an Islamic Jurisprudence Perspective, el-Qisṭ: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB) Vol.12 No.1 April 2022

Ibnu Elmi AS Pelu, et.al, 2020, Pariwisata Syariah Pengembangan Wisata Halal dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah, Yogyakarta: K-Media

Jannah, Laila Ainul, dkk., Manajemen Strategi Pengembangan Halal tourism Di Jombang, Jurnal Ekonomi Pembangunan dan Ekonomi Syari’ah, Vol. 4 No. 1, Mei 2021

Kelompok Kerja Kemenpar,2015, Laporan Penelitian Pengembangan Wisata Syariah, Jakarta: Kemenpar RI

Kemenpar, Kajian Pengembangan Wisata Syariah (Jakarta: Asdep Litbang Kebijakan Kepariwisataan, 2015

Kodu, Sarini, Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza, Jurnal Jurnal EMBA, Vol.1 No.3 September 2017

Kurniasih, Dewi, 2021,Teknik Analisa, Bandung: CV ALFABETA

Kusumastuti, zAdhi z z& zAhmad zMustamil zKhoiron, 2019, zPenelitian zKualitatif, zSemarang: zLembaga zpendidikan zSukarno zPressindo

Manakane, Susan E, Diseminasi Obyek Wisata Di Pulau Moa, Maluku Barat Daya Berbasis Webgis Menggunakan Arcgis Storymaps, Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, Vol. 1 No. 2, 2023

Manṣur, Muḥammad Khalid, dan Khalid Shuja‘ al-‗Utaybī, ―al-Ẓawābiṭ al-Shar‗iyyah li al-Siyāḥah al-Tarwīḥiyyah fī al-Fiqh al-Islāmiyyah,2009, Dirāsāt, ‘Ulūm al-Shari‘ah wa al-Qanūn 36

Mastercard &Crescentrating, Global Muslim Travel Index 2019

Millantina, Afifah Nur, dkk., Peran Pemerintah Menumbuhkan Potensi Pembangunan Pariwisata Halal Di Indonesia, Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, Vol. 5 No. 1, Juni 2019

Muhyi, Muhammah,dkk., 2018, Metodologi Penelitian, Surabaya: Adi Buana University Press.

MUI Pusat, Pariwisata Halal Indonesia, Yogyakarta: Q-MEDIA, November 2020.

Nada, Chairunnisa, “Rantai Nilai Industri Pariwisata Halal”, dikutip dari https://halalmui.org/rantai-nilai-industri-pariwisata-halal/ pada hari Selasa tanggal 30 Mei 2023 jam 17:52 WIB

Nalendra, Aloysius Rangga Aditya, dkk.,2021, Statistika Seri Dasar Dengan SPSS, Bandung: Media Sains Indonesia.

Ngurah, Gusti, dkk., Analisis SWOT, Denpasar: Universitas mahasaraswati Press, 2018.

Niu,Haiyan, The effect of intelligent tour guide system based on attraction positioning and recommendation to improve the experience of tourists visiting scenic spots, ELSEVIER (2023)

Nugraha, Jefri Putri, 2021, Teori Perilaku Konsumen , (Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Management).

Paramita, Ratna Wijayanti Daniar, Dkk., 2021, Metode Penelitian Kuantitatif, Edisi Ketiga Jawa Timur: Widya Gama Press.

Perdana, Gede Yoga Kharisma, Sosiologi Pariwisata, Bali: STPBI Press, April 2019

Portal informasi Indonesia, Peringkat Pariwisata Indonesia Naik Pesat, diakases dari https://indonesia.go.id/kategori/editorial/5975/peringkat-pariwisata-indonesia-naik-pesat?lang=1, pada tanggal 26 Maret 2023, Pukul 14:21 WIBPradana, Dedhy, “Pengaruh Harga Kualitas Produk Dan Citra Merk Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor, “Jurnal Feb. Ummul Volume 14(1) 2017

Prasetyo, Bagas,Dkk., Pengaruh Fasilitas Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Objek Wisata Taman Kyai Langgeng Kota Manggelang, Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 11 No.2, 2022.

Pratiwi, Nuning Indah, “Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi,” Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial 1, no. 2, 2017

Rachmadi, Hari, Model Pengambilan Keputusan Berwisata, Jurnal Media Wisata, Vol. 14 No. 2, November 2016.

Raharjo, Efendi Prih, Pengaruh Pembangunan Onfrastruktur Transportasi Dalam Mendukung Kunjungan Wisatawan Mancanegara Di Provinsi Bali, Jurnal Teknologi Dan Logistik, Vol.4 No. 1, 2023

Rahmawati, Rizqi dan Kaukabilla Alya Parungu, Potensi Pemulihan Pariwisata Halal Di Ponorogo, JOIEC: Journal Of Islamic Economics, Vol. 1 No.1, Januari 2021.

Ramadhona Saville dan Akhmad Mahbubi (2021), “Assessing Muslim travellers' preferences regarding food in Japan using conjoint analysis: An exploratory study on the importance of prayer room availability and halalness”

Rokhayah, Eka Gustiani & Ana Noor Andriana, Pengaruh Daya Tarik Wisata, Fasilitas, Dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Pantai Istana Amal Kabupaten Penajam Paser Utara, Jurnal Kajian Dan Terapan Pariwisata, Vol. 2 No. 1, 2021

Ruray, Titiek Arafiani & Rheza Pratama, Pengaruh Daya Tarik Dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Objek Wisata Pantai Akesahu Kota Tidore Kepulauan. Jurnal Kawasa Vol 11 No. 2, 2020.

Ruray, Titiek Arafiani & Rheza Pratama, Pengaruh Daya Tarik Dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Objek Wisata Pantai Akesahu Kota Tidore Kepulauan, Jurnal KAWASA, Vol.11 No. 2, 2020

Sammeng, Andi, 2015, Cakrawala Pariwisata Jakarta: Balai Pustaka

Saufi, Akhmad, dkk. Pariwisata Halal:Perlukah Rekonseptualasi?, JMM UNRAM, Vol. 9 No.3, September 2020.

Sayekti, Nidya Waras, Strategi Pengembangan Pariwisata Halal Di Indonesia, Jurnal Kajian, Vol. 24 No.3, 2019

Sedarmayanti et.al,2018, Pembangunan & Pengembangan Pariwisata Bandung: PT Refika Aditama.

Senggetang, Vania, Silvya L. Mandey, And Silcyljeova Moniharapon, “The Influence Of Location, Promotion And Price Perception To Consumer Purchase On Kawanua Emerald City Manado Housing,” Jurnal Emba Vol.7 No.1 2019

Sentanu, Gede Eko Putra Sri dan Mahadiansar, Memperkuat Peran Pemerintah Daerah: Mengelola Pariwisata Lokal Yang Berkelanjutan, Jurnal Administrasi Negara (JUAN), Vol. 8 No.1, Juni 2020

Sidiq, Umar, zDkk. zMetode zPenelitian zKualitatif zDi zBidang zPendidikan, Ponorogo: CV. Nata zKarya, z2019

zSugiyono, 2018, Metode zPenelitian zKuantitatif, zKualitatif, zDan zR&D, zBandung z: zAlfabeta

Sinulingga, Anita Afriani, dkk., The Thought of Developing Halal Maritime Tourism Destination Towards Indonesia's Vision as a World Maritime Axis, Jurnal PIR, Vol. 2 No. 2, 2018

Suryana, 2010, Metodologi Penelitian, ed. Universitas Pendidikan Indonesia.

Tanujaya, Chesley, “Perancangan Standart Operational Procedure Produksi Pada Perusahaan Coffeein,” Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis 2, no. 1, 2017

Utama, Gusti Bagus Rai, Pengantar Industri Pariwisata, Yogyakarta: Deepublish, Agustus 2014.

Wahbah Al-Zuhaili, 2016, Tafsir Al-Munir (Aqidah, Syari‟ah, Manhaj). Terj. Abdul Hayyie Al-Kattani, Dkk , Jakarta: Gema Insani

Wibowo, Muhammad Ghafur, Indeks Pariwisata Halal, Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, Vol. 10 No. 2, Desember 2020.

Widagdyo, Kurniawan Gilang, Analisis Pasar Pariwisata Halal Indonesia, The Jurnal Of Tauhidinomics, Vol.1 No.1, 2015

Widipurnomo, Giffen Aldian & Suryono Budi Santosa, Analisis Pengaruh Kualitasi Layanan, Citra Wisata, Inovasi Terhadap Minat Kunjung Ulang Dengan Daya Tarik Wisata Sebagai Variabel Intervensteng, Jurnal Studi Manajemen Organisasi, Vol. 2 No.1, 2020.

Wirawan, Putu Eka, Pengantar Pariwisata, Bali: IPB International Press, Mei 2021.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Putri, J. N. (2025). Pengaruh Daya Tarik Pelayanan dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Wisata Halal Istana Siak Sri Indrapura. Money: Journal of Financial and Islamic Banking, 3(1), 10–22. https://doi.org/10.31004/money.v3i1.26761

Issue

Section

Articles