Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan Dalam Pengembangan Taman Kanak-Kanak Ta’mirul Islam Surakarta

Authors

  • Purwanto Purwanto Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negri Raden Mas Said Surakarta
  • Halimah Assa'diyah Universitas Raden Masaid Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/money.v3i1.19948

Keywords:

kepemimpinan perempuan, gaya kepemimpinan, pengembangan sekolah, pendidikan anak usia dini, studi kasus.

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya kepemimpinan kepala sekolah perempuan serta menjelaskan upaya yang dilakukan dalam mengembangkan sekolah di lingkungan pendidikan anak usia dini. Metode - Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah kepala sekolah Taman Kanak-Kanak Ta’mirul Islam Surakarta. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap aktivitas serta kebijakan yang diterapkan di sekolah tersebut. Hasil - Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah TK Ta’mirul Islam menerapkan gaya kepemimpinan yang tegas, demokratis, dan partisipatif. Kepala sekolah tidak hanya berperan sebagai pengambil keputusan, tetapi juga melibatkan guru dan staf dalam proses pengambilan kebijakan sekolah sehingga tercipta suasana kerja yang harmonis dan produktif dalam mendukung pengembangan sekolah. Originalitas (Novelty) - Penelitian ini menyoroti secara spesifik peran kepemimpinan perempuan dalam konteks lembaga pendidikan anak usia dini berbasis keagamaan, yang masih jarang diteliti secara mendalam, khususnya di lingkungan TK Islam di Indonesia. Implikasi - Temuan penelitian ini dapat menjadi referensi bagi lembaga pendidikan untuk mengadopsi gaya kepemimpinan partisipatif dan demokratis yang diterapkan oleh kepala sekolah perempuan, guna meningkatkan kualitas manajemen dan pengembangan sekolah secara berkelanjutan.

References

Bush,T & Coleman, M, 2000, Leadership and Stragetic management in education, University of Leicester ; EMDU.

Kemendiknas, Data statistik mengenai jumlah Kepala Sekolah Taman Kanak-Kanak menurut jenis kelamin. Diambil tanggal 6 Mei 2021

Iin Kristiyanti, Mahyadi, 2015, Female Principal Leadership (Case Study SMKN 7 Yogyakarta, SMKN 1 Bantul, SMKN 1 Tempel), Jurnal Akuntabilitas Managemen Pendidikan, Volume 3, hal 37-49

Anggito, Albi & Setiawan, Johan,2018, Metodologi Penelitian Kualitatif, Sukabumi, CV Jejak

Dara Arifah, Neng, 2017, Islam, Kepemimpinan Perempuan, dan Seksualitas, Jakarta, Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Sagala, Syaiful, 2018, Pendekatan dan Model Kepemimpinan, Jakarta, Predanamedia Group

Wijaya, Agus, Dkk, 2015, Kepemimpinan Berkarakter, Sidoarjo, Brillian Internasional

Purba, Sukarman, Dkk, 2021, Kepemimpinan Pendidikan, Yayasan Kita Menulis

Soekarno, Putong, Iskandar, 2015, Kepemimpinan Kajian Teoritis & Praktis, Buku & Artikel Karya Iskandar Pulung.

Muhammad, Husein,2019, Fiqih Perempuan, Yogyakarta, IRCiSoD

Kholis, Nur, 2003, Managemen Berbasis Sekolah : Teori, Model, dan Aplikasi, Grasindo

Nurvita,Almi,Dkk, 2020, Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan dalam Meningkatkan Budaya Sekolah, Jurnal Administrasi Pendidikan, Volume 27, hal 42-52

Nizomu, Khairin, 2019, Gaya Kepemimpinan Perempuan dalam Budaya Organisasi ( Studi Kasus Kepala Perpustakaan SMP Muhammadiyah 1 Depok Yogyakarta), Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Volume 4, No 2

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Purwanto, P., & Assa’diyah, H. (2025). Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan Dalam Pengembangan Taman Kanak-Kanak Ta’mirul Islam Surakarta. Money: Journal of Financial and Islamic Banking, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.31004/money.v3i1.19948

Issue

Section

Articles