Pengaruh Label Halal Dan Penggunaan Digital Marketing Terhadap Pengembangan Pariwisata Halal Di Kabupaten Siak

Authors

  • Rahmawati Rahmawati Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Mahyarni Mahyarni Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Trian Zulhadi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/money.v1i2.15053

Keywords:

Label Halal, Digital Marketing, Pariwisata halal, UMKM, Kabupaten Siak

Abstract

Tujuan -- Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh label Halal UMKM dan penggunaan digital marketing terhadap pengembangan pariwisata Halal di kabupaten Siak. Metode – Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatori. Penelitian ini menggunakan menggunakan 85 pelaku UMKM di Kabupaten Siak. Metode analisis menggunakan regresi bergandan dan menggunakan aplikasi smartPLS (Partial Least Squares) versi 4.0 untuk analisis data. Hasil – Hasil penelitian menunjukkan label halal pada UMKM dan penggunaan digital marketing berpengaruh positif terahadap pengembangan pariwisata Halal di kabupaten Siak. Hal ini dilihat dari nilai t-hitung 4.152 untuk variabel label halal dan t-hitung 3.810 pada variabel digital marketing > t tabel 1.96, sehingga label halal dan digital marketing berpengaruh signifikan terahadap pengembangan pariwisata halal di kabupaten Siak. Originalitas (Novelty)- Penelitian ini berusaha mengungkapkan pengaruh label Halal UMKM dan penggunaan digital marketing terhadap pengembangan pariwisata Halal di kabupaten Siak. Implikasi – Bagi pelaku UMKM di Kabupaten Siak diharapkan terus mengembangakan pariwisata halal dengan cara meningkatkan atribusi halal seperti label halal penggunaan platfom digital untuk meningkatkan minat berkunjung wisatawan sehinggaperekmbangan wisata halal menjadi lebih baik.

References

Arifin, N. R., Muhtadi, R., & Herianingrum, S. (2019). Small and Medium Enterprise Perception of Halal Certification Post Formalization of Islamic City Branding. International Journal of Islamic Business Ethics, 4(1), 601. https://doi.org/10.30659/ijibe.4.1.601-610.

Azizuddin, I., & ’Ainulyaqin, M. H. (2022). Industri Pariwisata Halal: Pendorong Inovasi Untuk Halalpreneurs. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 106. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i1.4040.

Battour, M., & Ismail, M. N. (2016). Halal tourism: Concepts, practises, challenges and future. Tourism Management Perspectives, 19, 150–154. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2015.12.008.

Faisal, Muhammad. (2017). Memahami generasi milenial Indonesia. Jakarta: Republika.

Ferdiansyah, H., Endyana, C., Rachmat, H., & Khadijah, U. L. S. (2020). Pengembangan Pariwisata Halal Di Indonesia Melalui Konsep Smart Tourism. Tornare: Journal of Sustainable Tourism Research, 2(1), 30–34. https://doi.org/10.24198/tornare.v2i1.25831

Hair, J. F. J., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate Data Analysis (Eighth). Pearson Education, Inc. https://doi.org/10.1002/9781119409137.ch4.

Http://web.siakkab.go.id. Pemerintah Kabupaten Siak. Percepat Peluang Pariwisata Halal. Diakses pada hari Kamis, 21 April 2022, Jam.14.00.

Ismail, R. M. (2015). Global issues and challenges for the halal food industry. China (Ningxia) International Cooperation Forum on Halal Food Certification, September, 124–133. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.3096.5842.

Jaelani, A. (2017). Halal tourism industry in Indonesia: Potential and prospects. International Review of Management and Marketing, 7(3), 1–19. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.201116.027.

Khoziyah, S., & Lubis, E. E. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Followers Online Shop Instagram @KPopConnection. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 39–50.

Paramitha, P., & Suryaningsih, S. A. (2021). Analisis Label Halal Pada Produk Makanan Cepat Saji Dalam Pengembangan Wisata Halal Di Surabaya. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4(3), 108–122.

Rachmadi, M. F. (2020). Analisis Optimalisasi Teknologi Digital di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Mengembangkan Kawasan Industri Pariwisata Halal guna Meningkatkan Perekonomian Lokal Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Jurnal Dinamika, 1(1), 39–53. https://doi.org/10.18326/dinamika.v1i1.39-53.

Rahman, A. R., Rezai, G., Mohamed, Z., Shamsudin, M. N., & Sharifuddin, J. (2013). Malaysia as Global Halal Hub: OIC Food Manufacturers’ Perspective. Journal of International Food and Agribusiness Marketing, 25(SUPPL1), 154–166. https://doi.org/10.1080/08974438.2013.809672.

Salehudin, I., & Mukhlish, B. M. (2012). Pemasaran Halal: Konsep, Implikasi dan Temuan di Lapangan. In Dulu mendengar sekarang bicara?: kumpulan tulisan ekonom muda FE UI (Issue December, pp. 293–305). https://doi.org/10.2139/ssrn.1752567.

Samori, Z., Md Salleh, N. Z., & Khalid, M. M. (2016). Current trends on Halal tourism: Cases on selected Asian countries. Tourism Management Perspectives, 19, 131–136. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2015.12.011.

Sudirman, W. F. R., & Pratiwi, A. (2022). Overconfidence Bias dalam Pengembilan Keputusan Investasi: Peran Perbedaan Gender. Muhammadiyah Riau Accounting and Business Journal, 3(2), 081-092. https://doi.org/10.37859/mrabj.v3i2.3493

Sugiyono. (2017). “Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi Dan R&D).” In Metodologi Penelitian.

Downloads

Published

2023-06-04

How to Cite

Rahmawati, R., Mahyarni, M., & Zulhadi , T. . (2023). Pengaruh Label Halal Dan Penggunaan Digital Marketing Terhadap Pengembangan Pariwisata Halal Di Kabupaten Siak. Money: Journal of Financial and Islamic Banking, 1(2), 72–80. https://doi.org/10.31004/money.v1i2.15053

Issue

Section

Articles