EKSISTENSI PRINSIP EKONOMI MIKRO ISLAM TERHADAP KEBERLANJUTAN USAHA MIKRO DI ERA DIGITALISASI

Authors

  • Nala Amalia Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Kampar Riau
  • Rahmawati Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Berliana Putri Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Kampar Riau
  • Diany Mairiza Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Kampar Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/sharing.v2i2.23419

Keywords:

Eksistensi, Ekonomi, Mikro, Islam, Digitalisasi

Abstract

Artikel ini membahas prinsip-prinsip ekonomi mikro dalam perspektif Islam, yang mencakup nilai-nilai seperti keadilan, keberkahan, dan keberlanjutan. Sistem ini menekankan distribusi kekayaan yang adil, keterlibatan dalam kegiatan ekonomi yang halal, dan tanggung jawab sosial dalam menghadapi dampak digitalisasi terhadap usaha mikro, terutama Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai fokus utama. Dengan penekanan pada pemanfaatan media sosial dan teknologi, artikel ini menyajikan strategi penjualan, pemasaran, dan dorongan bagi pelaku UMKM agar mengadopsi digitalisasi. Metode kajian literatur digunakan sebagai dasar teoritis, dengan harapan memberikan wawasan praktis dan mendorong pelaku UMKM untuk beralih ke model bisnis digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku usaha perlu tetap mempertimbangkan prinsip-prinsip ekonomi Islam, seperti keadilan, keseimbangan, dan kesejahteraan bersama, dalam menjalankan bisnis mereka. Pemanfaatan media sosial dan teknologi dianggap kunci dalam menghadapi era digitalisasi, dan strategi pemasaran yang tepat dapat memaksimalkan efektivitas pelaku UMKM. UMKM diakui sebagai pilar ekonomi negara, memberikan kontribusi signifikan terhadap PDB dan penciptaan lapangan kerja. Secara keseluruhan, penerapan digital marketing dianggap sebagai aset berharga untuk mengoptimalkan bisnis di era digital, tidak hanya memperluas jangkauan tetapi juga memberikan alat untuk meningkatkan efektivitas, interaksi, dan adaptasi terhadap perubahan pasar, khususnya di Indonesia.

References

Adha, L. A. (2020). Digitalisasi Industri Dan Pengaruhnya Terhadap Ketenagakerjaan Dan Hubungan Kerja Di Indonesia. Jurnal Kompilasi Hukum, 5(2), 267-298.

Andiko, T. (2017). Signifikansi Implementasi Konsep Ekonomi Islam Dalam Transaksi Bisnis Di Era Modern. MIZANI: Wacana Hukum, Ekonomi Dan Keagamaan, 4(1), 9–22.

Ansori, A. (2016). Digitalisasi ekonomi syariah. ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 7(1).

Ardiansah, I., & Maharani, A. (2021). Optimalisasi Instagram Sebagai Media Marketing: Potret Penggunaan Instagram sebagai Media Pemasaran Online pada Industri UKM. Bandung: Cendekia Press.

Arifqi, M. M., & Junaedi, D. (2021). Pemulihan perekonomian indonesia melalui digitalisasi UMKM berbasis syariah di masa pandemi Covid-19. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 3(1), 192–205.

Budiman, A. (2014). Kapitalisme Ekonomi Syariah. AN-NISBAH, 1(1), 47–71.

Desi, S. ., Yuliana, S. E., Ramadhaniyati, R., Noor, L. S., & Triansyah, F. A. (2023). Ekonomi Mikro dalam Digitalisasi. Batam: Cendikia Mulia Mandiri.

Estefany, N. V, & Latifah, F. N. (2022). Penerapan Strategi Pemasaran Syariah UMKM Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 5(1), 181–195.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah pada Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76.

Handayani, A. D. (2023). Digitalisasi UMKM: Peningkatan Kapasitas melalui Program Literasi Digital. Journal Signal, 11(1), 104–119.

Handini, V. A., & Choiriyati, W. (2021). Digitalisasi Umkm Sebagai Hasil Inovasi Dalam Komunikasi Pemasaran Sahabat Umkm Selama Pandemi Covid-19. JRK (Jurnal Riset Komunikasi), 11(2).

Harahap, E. F., Luviana, L., & Huda, N. (2020). Tinjauan Defisit Fiskal, Ekspor, Impor dan Jumlah Umkm Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 151–161.

Hasriadi, H. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 136-151.

Hasyim, I., Zulfa, Z., & Lukmana, A. R. (2023). Analisis UMKM Berbasis Kemasyarakatan. In Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 2(1), 217–224.

Idri, H. (2023). Prinsip-prinsip ekonomi Islam. Jakarta: Prenadamedia Group.

Marlinah, L. (2020). Peluang dan Tantangan UMKM dalam Upaya Memperkuat Perekonomian Nasional Tahun 2020 Ditengah Pandemi Covid 19. Jurnal Ekonomi, 22(2), 118–124.

Medias, F. (2018). Ekonomi Mikro Islam: Islamic Microeconomics. Magelang: Unimma Press.

Muhammad. (2018). Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam. Yogyakarta: GrahaIlmu.

Nuraini, I. (2016). Pengantar Ekonomi Mikro. Malang: UMMPres.

Nurjaman, K. (2022). Pemberdayaan E-Commerce di Kalangan Pelaku UMKM di Indonesia. Jurnal Abdimas Peradaban, 3(1), 34–40.

Rachman, A. N., Musa, A. E. Z., Latiep, I. F., & Herison, R. (2023). Usaha Kecil Menengah (UKM) Dan Kewirausahaan: Konsep Dasar Untuk Menjadi Entrepreneur. Makassar: Nas Media Pustaka.

Rahmawati, & Thamrin, H. (2021). Relevansi Utility Dan Mashlahah Dalam Mikro Ekonomi Syariah. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 4(2), 1-9.

Rumondang, A., Sudirman, A., & Sitorus, S. (2020). Pemasaran Digital dan Perilaku Konsumen (T. S. U. Terbuka (ed.)).

Septiani, A., & Thamrin, H. (2021). Urgensi Ekonomi Syariah dalam Menghadapi Ekonomi Global. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(7), 2203–2212.

Sohrah, S. (2014). Prinsip Ekonomi Dalam Islam. Jurnal Al-Qadau: Peradilan Dan Hukum Keluarga Islam, 1(2).

Sugiono, S. (2020). Industri Konten Digital Dalam Perspektif Society 5.0 (Digital Content Industry in Society 5.0 Perspective). JURNAL IPTEKKOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi), 22(2), 175-191.

Tarigan, J., & Sanjaya, R. (2013). Creative Digital Marketing. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Vhikry, M., & Mulyani, A. (2023). Mencermati dampak digitalisasi bagi umkm pasca pandemi covid 19. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(8), 7287–7290.

Wijoyo, H., Cahyono, Y., Ariyanto, A., & Wongso, F. (2020). Digital Economy dan Pemasaran Era New Normal. Jawa Timur: Insan Cendekia Mandiri.

Zebua, R. S. Y., Hendriyani, C., Sukmadewi, R., Thaha, A. R., Tahir, R., Purbasari, R., & Subagja, A. D. (2023). Bisnis Digital: Strategi Administrasi Bisnis Digital Untuk Menghadapi Masa Depan. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Amalia, . N., Wati, R., Putri, B. ., & Mairiza, D. (2023). EKSISTENSI PRINSIP EKONOMI MIKRO ISLAM TERHADAP KEBERLANJUTAN USAHA MIKRO DI ERA DIGITALISASI. Sharing: Journal of Islamic Economics Management and Business, 2(2), 142–156. https://doi.org/10.31004/sharing.v2i2.23419