PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI KLINIK HMC KANDIS

Authors

  • Mohd Winario Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Juliana Yulianti Instititut Teknologi dan Bisnis Master Pekanbaru
  • Rifqil Khairi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Diany Mairiza Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/sharing.v2i2.15585

Keywords:

Pelayanan, Kepuasan, Pasien

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesesuaian antara harapan pasien rawat inap terhadap kualitas pelayanan kesehatan di Klinik HMC Kec. Kandis dan Unutk mengetahui kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat inap di Klinik HMC Kec. Kandis. Penelitian ini dilaksanakan di Klinik HMC Kecamatan Kandis yang beralamat di Jalan lintas Duri Pekanbaru KM 77 Simpang Libo Baru Kecamatan Kandis Kabupaten Siak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien pada tahun 2020 Yaitu di Klinik HMC Kec. Kandis 563 pasien. Berdasarkan populasi maka sampel dapat dihitung menggunakan rumus Rao dengan alasan rumus Rao memiliki tingkat distribusi normal pada taraf signifikan 5%  dan kesalahan maksimal pengamnilan sampel yang masih dapat ditoleransi atau yang diinginkan sebesar 10%. dengan 100 sampel. Metode ini digunakan untuk mengukur secara kuantitatif dilakukan dengan menggunakan program SPSS 2016. Berdasarkan pengolahan data dan hasil analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti maka dapat diambil beberapa kesimpulan dari penelitian ini bahwa ada pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pada klinik HMC sebesar 0,471 dan kualitas Pelayanan memiliki peranan penting terhadap kepuasan pasien, salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu memberikan pelayanan yang baik kepada pasien agar dapat memberikan kepuasan bagi pasien.

References

Azwar, A Dkk. 2003. Metodologi Penelitian Kedokteran Dan Kesehatan Masyarakat.Jakarta: Binarupa Aksara

Dewi, Meutia. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna Bpjs Pada Rumah Sakit Rehabilitas Medik Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol.5, No.2, November 2016

Fandy Tjiptono. 2012. Service Manajemen, Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Fandy Tjiptono. 2014. Service Manajemen, Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Cv Andi Offset

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Spss. Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Indria, Nuraini. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Kota Sabang.

Kotler, P Dan Keller, K. L. 2007. Manajemen Pemasaran Jilid 1 Dan 2. Jakarta: Pt Indeks

Kotler, P Dan Keller, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas Jilid 1.Terjemahan Oleh Adi Maulana Dan Wibi Hardani. Jakarta: Erlangga

Kotler, P., & Keller, K. (2012). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, L. K. (2012). Marketing Management Edisi 14. England: Pearson.

Priyatno, Duwi. 2012. Cara Kilat Belajar Analisisi Data Dengan Spss 20. Yogyakarta: Andi.

Restini, Ana. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sait Saiful Anwar Malang. Malang

Rofiah, Anik. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Sangatta

Siregar, Syofian. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual Dan Spss. Jakarta : Prenadamedia Group

Suharsimi. Arikunto. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung:Alfbeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfbeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitati Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfbeta

Sugiarti, Retno. 2018. Pengaruh Kepuasan Pasien Rawat Inap Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Ruangan Icu Pada Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi, Jakarta.

Tjiptono, F. 2004. Manajemen Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andy Offset

Yulianti, Nona. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Unit Rawat Inap Rumah Sakit Dr. Hasan Sadikin Bandung, Bandung.

Downloads

Published

2023-10-20

How to Cite

Winario, M., Yulianti, J., Khairi, R., & Mairiza, D. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI KLINIK HMC KANDIS. Sharing: Journal of Islamic Economics Management and Business, 2(2), 51–62. https://doi.org/10.31004/sharing.v2i2.15585

Most read articles by the same author(s)