SMARTPHONE ADDICTION MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Hariet Rinancy Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Rima Berlian Putri STIKes Tarumanagara

DOI:

https://doi.org/10.31004/sjkt.v2i3.17878

Keywords:

Motivasi, Pendidikan kesehatan, smartphone addiction

Abstract

Motivasi belajar merupakan salah satu factor yang menetukan keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar. Motivasi akan mendorong siswa untuk belajar dengan giat dan sungguh – sungguh demi meraih keberhasilan dalam pendidikannya. Ada banyak factor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa, salah satunya dalah penggunaan smartphone. Seiring dengan perkembangan informasi teknologi menjadikan smarthphone sebagai alat kebutuhan bagi semua orang termasuk siswa, namun penggunaan smrtphone yang berlebihan bisa berdampak buruk bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pendidikan kesehatan tentang smartphone addiction terhadap motivasi belajar siswa di SMP 5 Bukittinggi.  Jenis penelitian adalah quasy eksperimen dengan jumlah sampel 81. Teknik pengambilan sampel dengan musltistage sampling. Instrument yang dugunakan adalah kuesioner motivasi belajar siswa. Data dianalisis dengan menngunak uji T-test. Hasil penelitian didapatkan bahwa ada pengaruh signifikan antara pendidikan kesehatan tentang smartphone addiction terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai p value 0,000. Motivasi menimbulkan gairah dan semangat belajar pada siswa sehingga perlu dikendalikan factor – factor yang dapat menurunkan motivasi belajar siswa agar tujuan pendidikan nasional bisa tercapai.

References

Anderson, E. L., Steen, E., & Stavropoulus, V. (2017). Internet Use and problematic Interner Use?: A Systematic Review of Longitudinal Research Trends in Adolescence and Emergent Adulthood. International Journal Adolosc Youth, 22, 430–454. https://doi.org/10.1080/02673843.2016.1227716

APJII. (2018). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. https://www.apjii.or.id/survei

Baker, K. D., Den, M. L., Graham, M. B., & Richardson, R. (2013). Neurobiology Of Learning and Memory A Window of Vulnerability?:Impaired Fear Extinction in Adolescence Neurology and Memory. Journal NLM, 10. https://doi.org/10.1016/j.nlm.2013.10.009

Choi, W. S., Kim, D. J., Ahn, H., Choi, J. E., & Song, Y. W. (2015). Comparison of Risk and Protective Factors Associated With Samrthone Addiction and Internet Addiction. Behavior Addiction, 4, 308–314. https://doi.org/10.1556/2006.4.2015.043

Dahlan, S. M. (2014). Besar Sampel Dalam Penelitian Kedokteran dan Kesehatan. Epidemiologi Indonesia.

Efian, E. (2019). Hubungan Smartphone Addiction dengan Gangguan Psikososial Pada Remaja di Sekolah Menengah Atas Kota Sungai Penuh Tahun 2019. Universitas Andalas.

Globalwebindex. (2019). The latest Social Media Trends to Know in 2019. https://www.globalwebindex.com/reports/social

Hamzah, B. U. (2011). Teori Motivasi Dan Pengukurannya?: analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.

Haug, S., Castro, P. R., Kwon, M., Filler, A., Kowatch, T., & Scaub, P. M. (2015). Smartphone Use and Smartphone Addiction Among Young People In Switzerland. Journal Behavior Addiction, 4, 299–307. https://doi.org/10.1557/2006.4.2015.037

Jannah, N. (2015). Hubungan Kecanduan Gane dengan Motivasi Belajar siswa dan Implikasinya Terhadap Bimbingan dan Konseling. Jurnal UNP, 119.

Lee, K., Bejerano, L. L., Han, M., & Soek, H. (2019). This Study Was FundedBy The 2015 Basic Research Program In Science and Mihwa Han. Archives of Psykiatric Nursing.

Lee, K. Y., Chang, T. C., Lin, Y., & Cheng, H. Z. (2014). The dark Side of Smartphone Usage?: PsychologicalTraits, Compulsive behavior and Technostress. Comput Hum Behav, 31, 373–383. https://doi.org/10.1016/j.chb.2013.10.047

Lim, F. (2008). Filsafat Teknologi. Kanisius.

Santrock, W. J. (2014). Adolescence (2nd ed.). McGrraw-Hill.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabet.

Sussman, J. C., Harper, M. j, Sthal, L. J., & Weigle, P. (2017). Internet and Vidio Game Addictions Child and Adolescent Psychiatry Clinics of NA. Child and Adolescenr Psychiatry, 10(15). https://doi.org/10.1016/j.chc.2017.11.015

Turtiainen, J. (2015). Mobile Communication As A Social Stage. 6, 319–339. https://doi.org/10.1177/1461444804042518

Wati, N. R., & Sodik, A. M. (2018). Dampak Kecanduan Gadget di Kalangan Anak Sekolah. OSF. https://doi.org./10.31227/osf.io/ex5ch

Zakkiyudin, D. (2020). Dampak Gadget Pada Anak Usia Remaja di SMP 2 Muerebo Kec. Muerebo Kab. Aceh Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Darma Bakti Teuku Umar, 2.

Downloads

Published

2023-08-18

How to Cite

Rinancy, H., & Putri, R. B. . (2023). SMARTPHONE ADDICTION MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA. SEHAT : Jurnal Kesehatan Terpadu, 2(3), 140–147. https://doi.org/10.31004/sjkt.v2i3.17878