HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI
DOI:
https://doi.org/10.31004/sjkt.v2i1.7073Keywords:
Konsep diri, prestasi akademik, mahasiswa, keperawatanAbstract
Konsep diri dengan prestasi akademik didapatkan hubungan timbal balik, hubungan tersebut menyatakan konsep diri dan prestasi mempunyai keterkaitan dan saling memperkuat hubungan diantaranya. Ketika terdapat peningkatan pada konsep diri akademik maka prestasi akademik menjadi lebih tinggi, sebaliknya prestasi akademik yang meningkat akan mempengaruhi konsep diri akademik. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis hubungan konsep diri dengan prestasi akademik mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan Semester VIII Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan desain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan semester VIII Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai dengan jumlah sampel 174 mahasiswa diambil dengan teknik Total Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan lembaran observasi. Analisa bivariat menggunakan analisa univariat dan bivariat dengan chi square. Hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian besar responden dari 95 orang mahasiswa yang memiliki konsep diri tinggi, terdapat 22 (23,2%) mahasiswa yang memiliki prestasi akademik Cum Laude. Sedangkan dari 79 orang mahasiswa yang memiliki konsep diri rendah, terdapat 28 (35,4%) orang responden yang mendapatkan prestasi akademik yang memuaskan. Berdasarkan uji statistik chi-square diperoleh nilai p value 0,000 0,05, artinya ada hubungan konsep diri dengan prestasi akademik mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan Semester VIII Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Diharapkan bagi mahasiswa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai agar dapat meningkatkan kepercayaan diri, megurangi rasa malu dan menjadikan kritikan sebagai masukan untuk menjadi lebih baik lagi.References
Alfian, M. (2014). Regulasi Emosi Pada Mahasiswa Suku Jawa, Suku Banjar, Dan Suku Bima. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan,2(2), 263–275. Diperoleh pada tanggal 22 Maret 2022. 2.Alini, A., & Meisyalla, L. N. (2021). Gambaran Kejadian Body Shaming dan Konsep Diri pada Remaja di SMKN 1 Kuok.PREPOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat,5(2), 1170-1179.3.Amseke, F. V., Daik, M. A., & Liu, D. A. L. (2021). Dukungan Sosial Orang Tua, Konsep Diri Dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 5(1), 241–250. Diperoleh pada tanggal 22 Maret 2022.4.Andinny, Y. (2013). Pengaruh Konsep Diri Dan Berpikir Positif Terhadap PrestasiBelajarMatematikaSiswa.Formatif,3(2).https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.119. Diperoleh pada tanggal 22 Maret 2022.5.Andinny, Y. (2015).Pengaruh Konsep Diri Dan Berpikir Positif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2). Diperoleh pada tanggal 22 Maret 2022.6.Anriani, N. (2020). Hubungan Konsep Diri Dengan Prestasi Akademik Pada Mahasiwa Penerima Bidikmisi Di Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara.Skripsi. Diperoleh pada tanggal 22 Maret 2022.7.Cahyono, H. (2019). Peran Mahasiswa Di Masyarakat. De Banten-Bode: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Setiabudhi,1(1), 32–41. Diperoleh pada tanggal 22 Maret 2022.8.Chairiyati, L. R. (2013). Hubungan Antara Self-Efficacy Akademik Dan Konsep Diri Akademik Dengan Prestasi Akademik.Humaniora, 4(2), 1125–1133. Diperoleh pada tanggal 22 Maret 2022.9.Donsu, J. D. (2016).Metodelogi Penelitian Keperawatan.Yogyakarta: Pustaka Baru press.10.Damaiyanti, M., & Iskandar. (2014). Asuhan Keperawatan Jiwa. Bandung: Refika Aditama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nuraini Nuraini, Alini Alini, Ade Dita Puteri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).