HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI

Authors

  • Nuraini Nuraini Universitas pahlawan tuanku tambusai
  • LIra Mufti Azzahri Isnaeni Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Wanda Agre Program Studi S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/sjkt.v2i1.7073

Keywords:

Konsep diri, prestasi akademik, mahasiswa, keperawatan

Abstract

Konsep diri dengan prestasi akademik didapatkan hubungan timbal balik, hubungan tersebut menyatakan konsep diri dan prestasi mempunyai keterkaitan dan saling memperkuat hubungan diantaranya. Ketika terdapat peningkatan pada konsep diri akademik maka prestasi akademik menjadi lebih tinggi, sebaliknya prestasi akademik yang meningkat akan mempengaruhi konsep diri akademik. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis hubungan konsep diri dengan prestasi akademik mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan Semester VIII Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan desain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan semester VIII Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai dengan jumlah sampel 174 mahasiswa diambil dengan teknik Total Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan lembaran observasi. Analisa bivariat menggunakan analisa univariat dan bivariat dengan chi square. Hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian besar responden  dari 95 orang mahasiswa yang memiliki konsep diri tinggi, terdapat 22 (23,2%) mahasiswa yang memiliki prestasi akademik Cum Laude. Sedangkan dari 79 orang mahasiswa yang memiliki konsep diri rendah, terdapat 28 (35,4%) orang responden yang mendapatkan prestasi akademik yang memuaskan. Berdasarkan uji statistik chi-square diperoleh nilai p value 0,000 0,05, artinya ada hubungan konsep diri dengan prestasi akademik mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan Semester VIII Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Diharapkan bagi mahasiswa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai agar dapat meningkatkan kepercayaan diri, megurangi rasa malu dan menjadikan kritikan sebagai masukan untuk menjadi lebih baik lagi.

References

Alfian, M. (2014). Regulasi Emosi Pada Mahasiswa Suku Jawa, Suku Banjar, Dan Suku Bima. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan,2(2), 263–275. Diperoleh pada tanggal 22 Maret 2022. 2.Alini, A., & Meisyalla, L. N. (2021). Gambaran Kejadian Body Shaming dan Konsep Diri pada Remaja di SMKN 1 Kuok.PREPOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat,5(2), 1170-1179.3.Amseke, F. V., Daik, M. A., & Liu, D. A. L. (2021). Dukungan Sosial Orang Tua, Konsep Diri Dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 5(1), 241–250. Diperoleh pada tanggal 22 Maret 2022.4.Andinny, Y. (2013). Pengaruh Konsep Diri Dan Berpikir Positif Terhadap PrestasiBelajarMatematikaSiswa.Formatif,3(2).https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.119. Diperoleh pada tanggal 22 Maret 2022.5.Andinny, Y. (2015).Pengaruh Konsep Diri Dan Berpikir Positif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2). Diperoleh pada tanggal 22 Maret 2022.6.Anriani, N. (2020). Hubungan Konsep Diri Dengan Prestasi Akademik Pada Mahasiwa Penerima Bidikmisi Di Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara.Skripsi. Diperoleh pada tanggal 22 Maret 2022.7.Cahyono, H. (2019). Peran Mahasiswa Di Masyarakat. De Banten-Bode: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Setiabudhi,1(1), 32–41. Diperoleh pada tanggal 22 Maret 2022.8.Chairiyati, L. R. (2013). Hubungan Antara Self-Efficacy Akademik Dan Konsep Diri Akademik Dengan Prestasi Akademik.Humaniora, 4(2), 1125–1133. Diperoleh pada tanggal 22 Maret 2022.9.Donsu, J. D. (2016).Metodelogi Penelitian Keperawatan.Yogyakarta: Pustaka Baru press.10.Damaiyanti, M., & Iskandar. (2014). Asuhan Keperawatan Jiwa. Bandung: Refika Aditama.

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Nuraini, N., Isnaeni, L. M. A., & Agre, W. . (2023). HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI. SEHAT : Jurnal Kesehatan Terpadu, 2(1), 21–29. https://doi.org/10.31004/sjkt.v2i1.7073

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.