PATIENT-CENTERED CARE IN IMPROVING THE QUALITY OF HEALTH SERVICES : A SYSTEMATIC REVIEW

Authors

  • Putri Regita Miolda Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Endah Pravita Putri Aldia Pratama Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Fazza Duta Pramudyawardani Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Muhammad Fawwaz Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Tania Rahmayanti Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/sjkt.v2i2.16528

Keywords:

Rumah Sakit, Patient Centered Care, Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan Kesehatan

Abstract

Strategi yang digunakan rumah sakit dalam meningkatkan kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan kesehatan dapat dilakukan melalui penerapan Patient Centered Care (PCC). Adanya keluhan pasien mengenai komunikasi yang kurang baik antara dokter dengan pasien atau keluarganya. kurang ramah, dan kurang waspada mencerminkan bahwa penerapan PCC belum sepenuhnya dirasakan oleh pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperkuat pemahaman tentang pendekatan PCC, serta memberikan arahan untuk mengembangkan strategi penerapan PCC yang efektif dalam praktik pelayanan kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (systematic review) dengan mesin pencari yang digunakan dalam pencarian literatur antara lain Google Scholar dan PubMed dengan kata kunci Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan Kesehatan, Patient Centered Care, Rumah Sakit. Artikel yang dihasilkan dipilih berdasarkan publikasi yang diterbitkan antara tahun 2019 hingga 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai rumah sakit di beberapa negara menunjukkan layanan PCC (Patient Centered Care) yang disetujui yang dapat memberikan dan mempengaruhi kenyamanan pasien dalam memperoleh kesehatan yang efektif dan optimal karena pasien juga terlibat. dalam mengetahui kesehatannya. Oleh karena itu, patient centered care (PCC) perlu diterapkan di rumah sakit karena pengaruhnya dapat berdampak positif bagi kesehatan pasien. Selain itu, pasien juga merasa senang karena memiliki hak yang sepadan untuk mengetahui sakit apa yang dialami dan kesehatannya. Upaya dan strategi peningkatan PCC dapat terus ditingkatkan di berbagai rumah sakit yang ada karena juga dapat mempengaruhi kepuasan pasien terhadap pelayanan rumah sakit.

References

Arboh, F., Owusu, E. A., Addai-dansoh, S., Atingabilli, S., Quansah, E., Sackey, B. B., Asantewaa, A., Tyse, A., Adade, S. Y. S., Ama, N., Darko, A., & Amaglo, A. Y. (2022). Patient-centered care; the physician’s perspective and its impact on quality healthcare delivery. International Journal of Healthcare Sciences, 10(1), 343–355.

Buawangpong, N., Pinyopornpanish, K., Jiraporncharoen, W., Dejkriengkraikul, N., Sagulkoo, P., Pateekhum, C., & Angkurawaranon, C. (2020). Incorporating the patient-centered approach into clinical practice helps improve quality of care in cases of hypertension: A retrospective cohort study. BMC Family Practice, 21(1), 1–8.

Bossou, Y. J., Qigui, S., George-ufot, G., & Bondzie-micah, V. (2021). The Effect of Patient-Centered Communication on Patient Satisfaction?: Exploring the Mediating Roles of Interpersonal-based Medical Service Encounters and Patient Trust . North American Academic Research (Naar) Journal, 4(1), 209–225. https://doi.org/10.5281/zenodo.4479730

Fauzan, A. (2016). Persepsi Perawat Puskesmas Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Tentang Perawatan Paliatif Pasien Kanker. UGM University

Filler T, Jameel B, Gagliardi AR. (2020). Barriers and facilitators of patient centered care for immigrant and refugee women. BMC Public Health, 20(1), 1–12.

Fix GM, VanDeusen Lukas C, Bolton RE, Hill JN, Mueller N, LaVela SL, et al. (2018). Patient-centred care is a way of doing things: How healthcare employees conceptualize patient-centred care. Health Expectations, 21(1).

Grieve R, O’Neill S, Basu A, Keele L, Rowan KM, Harris S. (2019). Analysis of Benefit of Intensive Care Unit Transfer for Deteriorating Ward Patients: A Patient-Centered Approach to Clinical Evaluation. JAMA Netw Open, 2(2), 1–13.

Hashim MJ. (2017). Patient-Centered Communication: Basic Skills. Am Fam Physician, 95(1), 29-34.

Kuipers SJ, Cramm JM, Nieboer AP. (2019). The importance of patient-centered care and co-creation of care for satisfaction with care and physical and social well-being of patients with multi-morbidity in the primary care setting. BMC Health Serv Res, 19(1), 1–9.

Kartikasari D, Aryanti E, Kristanto T. (2020). Strategies for Implementing National Standards of Hospital Accreditation to Create Quality Improvement of Patient-Centered Care Services. 31, 101–6.

Kusnanto H. (2018). Patient-Centered Care. Rev Prim Care Pract Educ. 51–2.

Park M, Giap TTT, Lee M, Jeong H, Jeong M, Go Y. (2018). Patient- and family-centered care interventions for improving the quality of health care: A review of systematic reviews. Vol. 87, International Journal of Nursing Studies.

Pradani EA, Rohman F, Siswanto S (2018). Effect of Patient-Centered Care on Service Quality and Satisfaction Level of Bpjs Inpatients in Baptist Hospital Batu. J Apl Manaj, 16(1), 89–100.

Risca A, Kamil H, Saputra I. (2023). The Correlation between the Implementation of Patient-Centered Care (PCC) and the Fulfillment of Patient Rights at Regional General Hospital of Bireuen Regency. Int J Nurs Educ.

Terp, Karina, Janne Weis, and Pia Lundqvist. (2021). “Parents’ Views of Family-Centered Care at a Pediatric Intensive Care Unit—A Qualitative Study.” Frontiers in Pediatrics 9(August), 1–9. doi: 10.3389/fped.2021.725040.

Downloads

Published

2023-05-30

How to Cite

Miolda, P. R., Pratama, E. P. P. A. ., Pramudyawardani, F. D. ., Fawwaz, M., & Rahmayanti, T. . (2023). PATIENT-CENTERED CARE IN IMPROVING THE QUALITY OF HEALTH SERVICES : A SYSTEMATIC REVIEW. SEHAT : Jurnal Kesehatan Terpadu, 2(2), 84–93. https://doi.org/10.31004/sjkt.v2i2.16528

Issue

Section

Articles