PENERAPAN METODE DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV SD NEGERI 027 DANAU LANCANG KECAMATAN TAPUNG HULU KABUPATEN KAMPAR

Authors

  • Sinta Ramdani Hsb Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.924

Keywords:

Metode Discovery, Prestasi Belajar IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Prestasi Belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 027 Danau Lancang Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar dengan menerapkan metode discovery. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas. Desain Penelitian Tindakan kelas yang digunakan adalah Desain Kemmis dan Taggart yang terdiri tiga tahap yaitu perencanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 027 Danau Lancang Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar yang berjumlah 13 siswa. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah tes,observasi,catatan lapangan. Teknik analisi data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif untuk menganalisis data hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode discovery melalui tahap stimulasi, perumusan masalah, pengumpulan data, analisis data, verifikasi dan generalisasi dapat meningkatkan prestasi belajar IPS.

Author Biography

Sinta Ramdani Hsb, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

References

Ahmad Rohani. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Anderson, Lorin W. & Krathwohl, David R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran Pengajaran, dan Asesmen. Penerjemah: Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arnie Fajar. (2009). Portofolio dalam Pelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Standar Isi. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

B. Suryosubroto. (2002). Proses Belajar-Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

C. Asri Budiningsih. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamzah B. Uno. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

____________. & Nurdin Mohamad. (2012). Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif Inovatif Lingkungan Kreatif Efektif Menarik (PAIKEM). Jakarta: Bumi Aksara.

Hendro Darmodjo & Jenny R E Kaligis. (1992). Pendiikan IPA II. Jakarta: Depdikbud.

____________. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.

Mohammad Ali & Mohammad Ansori. (2011). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta

Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Moh. Uzer Usman & Lilis Setiawati. (1993). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana. (2002). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algresindo.

Rita Eka Izzaty, dkk. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Rochiati Wiriaatmadja. (2008). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Remaja

Rosdakarya.

Santrock, John W. (2007). Perkembangan Anak Jilid 1. Penerjemah: Mila Rachmawati dan Anna Kuswanti. Jakarta: Erlangga.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sri Esti Wuryani Djiwandono. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono & Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Suharsimi Arikunto. (2010). Penelitian Tindakan Untuk Guru, Kepala Sekolah & Pengawas. Yogyakarta: Aditya Media.

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Hsb, S. R. (2020). PENERAPAN METODE DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV SD NEGERI 027 DANAU LANCANG KECAMATAN TAPUNG HULU KABUPATEN KAMPAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 3(1), 141–144. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.924