SEJARAH DAN FILOSOFI REOG PONOROGO VERSI BANTARANGIN

Authors

  • Andini Idha Universitas PGRI Madiun
  • Atik Aminah Universitas PGRI Madiun
  • Hernin Diah Universitas PGRI Madiun
  • Sonia Laila Universitas PGRI Madiun
  • Yusmita Indrastuti Universitas PGRI Madiun
  • Darmadi Darmadi Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4888

Keywords:

ReogPonorogo, Sejarah, Filosofi, Bantarangin.

Abstract

Reog ponorogo adalah sebuah kesenian yang berasal dari daerah Ponorogo, JawaTimur. Kesenian ini banyak digemari oleh masyarakat karena memiliki karakteristik yang berbeda dengan kesenian lainnya. Di samping itu, Reog Ponorogo juga memiliki nilai-nilai luhur kehidupan orang-orang Jawa. Meski demikian, tidak banyak masyarakat yang mengetahui tentang sejarah dan makna-makna di balik simbol-simbol dalam Reog Ponorogo. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menggali sejarah dan filosofi Reog Ponorogo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam kepada ahli bidang kebudayaan Jawa, khususnya tentang Reog Ponorogo. Hasil dari penelitian ini mendeskripsikan sejarah dan filosofi Reog Ponorogo dalam versi Bantarangin.

References

Andreano, L. (2022, Mei Minggu). Asal Usul Reog Ponorogo Versi Bantarangin. (A. I. Murdani, A. Aminah, H. D. Pertiwi, S. L. Rosyida, & Y. Indratstuti, Pewawancara)

Purnani, S. T. (2014). MITOS ASAL-USUL TARIAN REOG PONOROGO. Jember.

Yurisma, D. Y., & Bahruddin, M. (2020). PEMAKNAAN SIMBOL REOG PONOROGO DALAM TRADISI JAWA:. Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 101-134.

Downloads

Published

2022-06-25 — Updated on 2022-06-25

Versions

How to Cite

Idha, A. ., Aminah, A. ., Diah , H., Laila , S. ., Indrastuti , Y. ., & Darmadi , D. . (2022). SEJARAH DAN FILOSOFI REOG PONOROGO VERSI BANTARANGIN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 5(1), 72–79. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4888

Most read articles by the same author(s)