PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP PENINGKATAN PENDIDIKAN ANAK DI DESA KEMIRI KECAMATAN PAGUAT KABUPATEN POHUWATO

Authors

  • Cindriyanti Napulo Universitas Negeri Gorontalo
  • Usman Moonti Universitas Negeri Gorontalo
  • Meyko Panigoro Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4763

Keywords:

Pendapatan Orang Tua, Peningkatan Pendidikan Anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapatan orang tua terhadap peningkatan pendidikan anak di Desa Kemiri Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksplanatori. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan populasi di Desa Kemiri yang berjumlah 68 anak yang tidak melanjutkan pendidikan sampai keperguruan tinggi. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling total yakni semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Alat uji analisis yang digunakan dalam menguji penelitian ini yaitu uji instrument, uji asumsi klasik, pengujian hipotesis, dan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ini uji t (parsial) menunjukkan bahwa variabel X (pendapatan orang tua) berpengaruh terhadap variabel Y (peningkatan pendidikan anak) ditujukkan dengan nilai thitung 2,593 > ttabel 1,99547. Hasil penelitian menunjukkan Fhitung > Ftabel (6,722 > 3,13) dengan taraf signifikan 0,05. Artinya pendapatan orang tua secara simultan mempengaruhi peningkatan pendidikan anak di Desa Kemiri Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi (R2) menunjukkan R square sebesar 92% dapat disimpulkan bahwa pendapatan orang tua secara simultan berpengaruh terhadap peningkatan pendidikan anak di Desa Kemiri Kecamatan Paguat kabupaten Pohuwato, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

References

Achmad Rifa’I, 2010. Faktor Penyebab Putus Sekolah Dan Dampak Negatifnya Bagi Anak. Naskah Publikasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakrarta.

Fadlliyah Maulida, dkk, “Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pendapatan Dan Konsumsi Terhadap Jumlah Penduduk Miskin Di Provinsi Jawa Timur”, (Jurusan Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan Vol. 3 No. 1; 2015) h. 203)

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro : Semarang.

Lina Alfiana. 2018. Pengaruh Pendapatan Orangtua Terhadap Tingkat Pendidikan Anak Di Desa Kibang Kecamatan Metro Kibang Kabupaten Lampung Timur. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Kegunaan Insitut Agama Islam Negeri (IAIN). Metro

Margono. 2000. Metode Penelitian Jakarta. Jakatra : Rineka Cipta Sugiyono. 2018. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabet Supriyanto, dan Madfud 2010, (Jakarta:

BPFE-UI, 2010), h. 189 Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003

Uswa. 2017. Pengaruh Pendapatan masyarakat Petani Padi Terhadap Tingkat Pendidikan Anak Di Kecamatan Gantarakeke Kabupaten Bantaeng. Skripsi Jurusan Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Alauddin Makassar.

Downloads

Published

2022-06-23

How to Cite

Napulo, C. . ., Moonti , U., & Panigoro, M. . (2022). PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP PENINGKATAN PENDIDIKAN ANAK DI DESA KEMIRI KECAMATAN PAGUAT KABUPATEN POHUWATO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 5(1), 42–51. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4763