ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL INDUKSI MATEMATIKA

Authors

  • Shofia Hidayah Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo
  • Siti Nur Laeli Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo
  • Nur Hidayati Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4730

Keywords:

Analisis, Kesalahan, Induksi Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan  mahasiswa dalam menyelesaikan soal Induksi Matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan wawancara. Kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal tes dikategorikan ke dalam jenis kesalahan konseptual, prosedural, dan teknik. Penelitian ini melibatkan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo semester IV Tahun Ajaran 2021/2022 sebanyak 22 mahasiswa. Tiga mahasiswa dipilih sebagai subjek penelitian, dimana satu mahasiswa mewakili masing-masing kelompok kemampuan kognitif (tinggi, sedang, dan rendah). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kesalahan konseptual berupa kesalahan pada konsep deret bilangan dilakukan oleh subjek berkemampuan kognitif sedang dan kesalahan pada konsep aljabar dilakukan oleh subjek berkemampuan rendah. Jenis kesalahan prosedural yaitu tidak menuliskan kesimpulan akhir dari pembuktian suatu pernyataan dilakukan oleh subjek berkemampuan kognitif tinggi, sedang, dan rendah. Jenis kesalahan teknik berupa kesalahan dalam melakukan perhitungan yang disebabkan oleh faktor kecerobohan dilakukan oleh subjek berkemampuan kognitif tinggi dan rendah.

References

Abdurrahman, M. (2012). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, Y., Kusumah, Y.S, & Jupri, A. (2019). Analysis of High School Students’ Errors in Mathematical Proving: The Case of Mathematical Induction. Journal of Physics: Conf. Series. 1211 012068.

Ardiawan, Y. (2015). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Induksi Matematika di IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 4(1), 147-163.

Atiqoh, K.S.N., & Hafiz, M. (2021). Miskonsepsi Mahasiswa pada Induksi Matematika Menggunakan Certainty of response Index (CRI). Jurnal Padegogik, 4(2), 43-51.

Bani, Y., & Ate, D. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMAN 1 Kota Tambolaka dalam Menyelesaikan Soal matematika pada pokok Bahasan Induksi Matematika dengan Panduan Kriteria Polya. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba, 2(1), 196-205.

Ernawati & Ilhamuddin. (2020). Deskripsi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Induksi Matematika. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2), 79-91.

Fajri, N., Nasriadi, A., & Nirmala, D. (2019). Analisis Kesalahan Konsep Mahasiswa pada Pokok Bahasan Induksi Matematika di STKIP Bina Bangsa Gesempena Banda Aceh. Jurnal Numeracy, 6(2), 164-171.

Hine, G. (2017). Proof by Mathematical Induction: Professional Practice for Secondary Teachers. Proceedings of the 26th Biennial Conference of the Australian Association of Mathematics Teachers, 117-124.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books.

Natsir, N., Tandiayuk, M.B., & Karniman, T.S. (2016). Profil Kesalahan Konseptual dan Prosedural dalam Menyelesaikan Soal Cerita Himpunan di kelas VII SMPN 1 SINIU. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(4).

Pomalato, S.W.D., Ili, L., Ningsi, B.A., Fadhilaturrahmi, Hasibuan, A.T., & Primayana, K.H. (2020). Student Error Analysis in Solving Mathematical Problems. Universal Journal of Educational Research,.8(11), 5183-5187.

Suharti, Nur, F., & Alim, B. (2021). Polya Steps for Analysis Errors in Mathematical Problem Solving. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(1), 741-748.

Sukirman. (2012). Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Walida, S.E., & Hasana, S.N. (2020). The Identification of Students’ Misconceptions in Mathematical Induction. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(2), 50-57 .

Downloads

Published

2022-06-18 — Updated on 2022-06-23

Versions

How to Cite

Hidayah, S., Laeli, S. N. ., & Hidayati, N. . (2022). ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL INDUKSI MATEMATIKA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 5(1). https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4730 (Original work published June 18, 2022)