ANALISIS TRADISI UPACARA ADAT SEREN TAUN KASEPUHAN CITOREK SEBAGAI SUMBER BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SD

Authors

  • Windatul Hasanah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ani Minarti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ila Rosmilawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38580

Keywords:

Nilai-Nilai Adat, Upacara Seren Taun, Pembelajaran Pendidikan Pancasila.

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar siswa mampu mengaitkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh dalam kehidupan sehari-hari. Serta menerapkan nilai-nilai adat istiadat upacara adat Seren Taun dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V Sekolah Dasar. Setiap daerah mempunyai tradisi yang dijalankan secara terus menerus sebagai warisan nenek moyangnya. Tradisi lahir dari kebiasaan masyarakat yang dianggap mempunyai nilai-nilai tertentu sehingga menjadi ciri khas daerah yang wajib dijaga oleh masyarakat. Nilai-nilai tradisional dipegang teguh oleh masyarakat sebagai suatu kepercayaan. Nilai-nilai tradisional mengandung makna mendalam berupa perilaku baik yang harus dijaga oleh masyarakat. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam kepada masyarakat Desa Citorek. Masyarakat Desa Citorek mempunyai tradisi upacara adat Seren Taun yang banyak mengandung nilai-nilai adat positif. Seluruh rangkaian upacara adat Seren Taun mempunyai nilai-nilai adat istiadat yang dapat diterapkan dalam pembelajaran di sekolah dasar

References

Adatul'aisy, R., Puspita, A., Abelia, N., Apriliani, R., & Noviani, D. (2023). Perkembangan Kognitif dan Motorik Anak Usia Dini melalui Pendekatan Pembelajaran. KHIRANI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 82-93.

Aradea, F., Safitri, D., & Sujarwo. (2024, Juni). Analisis Tradisi Seren Taun Sebagai Sarana Pelestarian Kebudayaan Sunda. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 105-113.

Hasybullah, M. A. (2019). Manajemen Special Event Upacara Adat" Seren Taun" Cigugur Kuningan. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 53-68.

Herlambang, Y. T., Wahid, R., & Solahudin, N. (2021). Landasan Pendidikan: Sebuah Tinjauan Multiperspektif Dasar Esensial Pendidikan Indonesia. Bandung: Yayasan Lembaga Pendidikan Dan Pelatihan Multiliterasi.

Hidayat, I. (2023). Pelestarian Nilai Kearifan Lokal Melalui Upacara Adat Seren Taun Di Desa Citorek Lebak Banten. Repository.UPI, 10.

Hidayat, I., Robandi, B., & Nuryani, P. (2022). Pelestarian Nilai-Nilai Kearifan Lokal Melalui Upacara Adat Seren Taun Di Desa Citorek Lebak Banten. 108.

Hidayatillah, Y., Wahdian, A., & Misbahudholam, M. (2022). Peran Sekolah melalui Kegiatan Pembiasaan Terintegrasi Pembelajaran IPS untuk Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(4), 1422-1433.

Indrawan, I. P. O., Sudirgayasa, I. G., & Wijaya, I. K. W. B. (2020). Integrasi kearifan lokal Bali di dunia pendidikan. Prosiding Webinar Nasional Universitas Mahasaraswati Denpasar 2020.

Intani, Ria dan Andayani, Ria S. (2006). Upacara Tradisional Seren Taun. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor.

Japar, M., Syarifa, S., & Fadhillah, D. N. (2020). Pendidikan toleransi berbasis kearifan lokal. Jakad Media Publishing.

Juhendi, J., Sihabudin, A., & Yusanto, Y. (2018). AKTIVITAS KOMUNIKASI RITUAL SEREN TAUN (Studi Etnografi Aktivitas Komunikasi Ritual Seren Taun di Kasepuhan Cisungsang) (Doctoral dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).

Kharismawati, S. (2023). PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI PENGAMATAN PERTUMBUHAN KACANG HIJAU SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 8(1), 77-87.

Marta, R. F. (2017). Refleksi Hibriditas Budaya Dalam Pancasila Pada Realitas Dan Media Sebagai Identitas Bangsa. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 3(01), 001-012.

Novitasari, N., Nisa, A. F., Cahyani, B. H., & Khosiyono, B. H. C. (2024). Peran Media Video Berbasis Kearifan Lokal Pada Mata Pelajaran PPKN Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 2361-2373.

Nurdeni, N., Bhakti, Y. B., Alfin, E., Marhento, G., & Purwanti, P. (2022). Kemampuan siswa sekolah menegah pertama dengan pembelajaran etnosains. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9799-9807.

Pattipeilohy, S. Y. E. (2020). Pendidikan Teologi Multikultur: Sebuah Sumbangan Pete Ward. DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 5(1), 131-152.

Pratomo, W. (2016). Memahami pendekatan dan habituasi pkn sebagai pendidikan nilai dan moral bagi guru di sekolah dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 2(2).

Samudera, S. A. (2023). Pendidikan Karakter Religius dan Peduli Lingkungan Berbasis Tradisi Seren Taun di Masyarakat Adat Sindang Barang Bogor (Master's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah jakarta).

Sari, N. Y. (2021). Pancasila sebagai dasar dan ideologi bangsa (pentingnya rumusan butir-butir pancasila sebagai dasar pendidikan moral dan pemersatu keberagaman bangsa indonesia). Tarbawi Ngabar: Jurnal of Education, 2(1), 01-21.

Sella Oktania, Hermansah, & Ila Rosmilawati. (2024). KEPEMIMPINAN TRADISIONAL CITOREK SEBAGAI BAHAN PELAJARAN DALAM PENGEMBANGAN KEPEMIMPINAN DI SEKOLAH DASAR. Cakrawala Pedagogik , 8 (2), 339–354.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. ALFABETA.

Tobing, S. M. (2019). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Informasi Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Pada Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. JURNAL PEKAN: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(1), 64-73.

Yohana.R.U.Sianturi, & Dewi, D. A. (2021). Penerapan Nilai Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari Hari. Jurnal Kewarganegaraan, 222.

Yunansah, H., Yuniarti, Y., Herlambang, Y. T., Wahid, R., & Hendriyani, A. (2022). Rancang bangun media bahan ajar digital berbasis multimodalality dalam pendekatan pedagogik futuristik. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 1136-1149.

Zukri, A., Yulianto, S. D., Makrifah, N., Sukatin, & Astuti, A. (2023). Penerapan Nilai-nilai Pancasila Dalam Pendidikan. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 578-579

Downloads

Published

2024-12-18

How to Cite

Hasanah , W. ., Minarti, A. ., & Rosmilawati, I. . (2024). ANALISIS TRADISI UPACARA ADAT SEREN TAUN KASEPUHAN CITOREK SEBAGAI SUMBER BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SD. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 17917–17925. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38580

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.