ANALISIS PENERAPAN AUGMENTED REALITY DALAM PROSES PEMAHAMAN PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30132Keywords:
Augmented Reality, Pembelajaran, Pemahaman Siswa, PendidikanAbstract
Penelitian ini menginvestigasi penerapan augmented reality (AR) dalam konteks pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Augmented reality adalah teknologi yang menggabungkan elemen dunia nyata dengan elemen virtual, menciptakan pengalaman belajar yang interaktif dan immersif. Metode studi literatur digunakan untuk mengumpulkan, mengevaluasi, dan mensintesis berbagai literatur terkait penggunaan AR dalam pendidikan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan AR dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran dengan menyediakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan relevan dengan konteks nyata. Selain itu, AR juga membantu dalam memfasilitasi pemahaman yang lebih mendalam terhadap konsep-konsep abstrak, seperti ilmu pengetahuan alam dan matematika, dengan memvisualisasikan dan memanipulasi objek dalam ruang tiga dimensi. Tantangan yang dihadapi dalam implementasi AR meliputi aksesibilitas teknologi dan perlunya pelatihan yang memadai bagi pendidik. Meskipun demikian, teknologi ini menawarkan potensi besar dalam merubah paradigma pembelajaran menjadi lebih dinamis dan adaptif sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini memberikan panduan bagi pengembangan lebih lanjut dalam integrasi AR dalam kurikulum pendidikan, serta menyoroti perlunya dukungan lebih lanjut dari berbagai pihak untuk memastikan keberhasilan implementasi teknologi ini di berbagai lingkungan pendidikan.Downloads
Published
2024-06-23
How to Cite
Tohir, A. ., Handayani, F. ., Sulistiana, R. ., Wiliyanti, V. ., Arifianto, T. ., & Husnita, L. . (2024). ANALISIS PENERAPAN AUGMENTED REALITY DALAM PROSES PEMAHAMAN PEMBELAJARAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8096–8102. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30132
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Tohir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.