PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DALAM MENYAJIKAN MATERI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

Authors

  • Brave A. Sugiarso Universitas Sam Ratulangi
  • Benefit Semuel Narasiang Universitas Sam Ratulangi
  • Syatria Adymas Pranajaya Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Tedi Gunawan Institut Teknologi Bisnis dan Bahasa Dian Cipta Cendikia
  • Ayyesha Dara Fayola IAIN Metro Lampung
  • Marzuki Marzuki Universitas Kapuas
  • Teguh Arifianto Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27550

Keywords:

Teknologi Augmented Reality, Minat Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan teknologi augmented reality (AR) dalam meningkatkan minat belajar siswa. Melalui metode studi literatur, kami menganalisis berbagai sumber informasi yang relevan untuk memahami dampak penggunaan AR dalam konteks pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan AR dalam pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa melalui pengalaman pembelajaran yang interaktif, imersif, dan relevan dengan dunia nyata. Namun, tantangan seperti infrastruktur teknologi yang kurang memadai dan kesiapan guru dalam mengintegrasikan AR ke dalam kurikulum perlu diatasi. Oleh karena itu, diperlukan upaya kolaboratif antara berbagai pihak untuk mendukung implementasi AR dalam pendidikan secara luas. Penelitian ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang potensi dan tantangan dalam penerapan AR dalam meningkatkan minat belajar siswa, serta memberikan arahan untuk pengembangan lebih lanjut dalam pendidikan berbasis teknologi.

References

Amalia, I., Maria, S., Herlina, H., Zaenudin, T., & Redjeki, F. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Pt. Inti Medika Sarana Bandung. Mandiri Economics Journal, 1(1), 1–12.

Arjang, A., Utami, E. Y., & Redjeki, F. (2024). Utilization Of Social Media And Online Platforms In Improving Customer Engagement Of Fashion Smes In Bali. West Science Business And Management, 2(01), 29–36.

Ayesha, I., Redjeki, F., Sudirman, A., Sari, A. L., & Aslam, D. F. (2021). Behavior Of Female Entrepreneurs In Tempe Small Micro Enterprises In Tasikmalaya Regency, West Java As Proof Of Gender Equality Against Aec. 2nd Annual Conference On Blended Learning, Educational Technology And Innovation (Acbleti 2020), 124–130.

Herlina, H., Mulyeni, S., Ulfha, S. M., Partini, S. T., & Redjeki, F. (2023). Edukasi Wirausaha Dan Pendampingan Psikologis Pasca Gempa Bumi Cianjur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Dan Teknologi, 2(2), 135–146.

Homan, F., & Djohan, D. (2021). Pengaruh Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Timur. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (Jrpp), 4(2), 461–464.

Ismail, I., Fathonih, A., Prabowo, H., Hartati, S., & Redjeki, F. (2020). Transparency And Corruption: Does E-Government Effective To Combat Corruption? International Journal Of Psychosocial Rehabilitation, 24(4), 5396–5404.

Junaedi, D., Redjeki, F., & Priadi, M. D. (2023). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian: Studi Kasus Pada Koperasi Mitra Dhuafa Cabang Mande-Cianjur. Indonesian Journal Of Economic And Business, 1(2), 106–120.

Kusnandar, A., & Redjeki, F. (2019). Payment Security Of Usance Documentary Credit (Dc) For Beneficiary’s Bank.

Oktarifaldi, O., Marta, I. A., Nugroho, A. W., Hardi, V. J., & Utomo, S. (2024). Keterampilan Gerak Dasar Kelompok Usia 7 Sampai 9 Tahun Siswa Sekolah Dasar. Jendela Olahraga, 9(1), 10–23.

Paramarta1, V., & Redjeki, F. (2015). The Role Of Management Of Strategic Hr And Transformation And Change Into Competitive Advantage. Dosen Tetap Fak. Ekonomi Usb Ypkp Bandung.

Pranajaya, S. A., Azhar, A., Rijal, M. K., & Ramadan, W. (2022). The Distinction Of Merdeka Curriculum In Madrasah Through Differentiated Instruction And P5-Ppra. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 463–478.

Pranajaya, S. A., Walidin, W., & Salami, S. (2023). Islamic Educational Psychology; Urgency And Distinction In The Islamic Religious Education Doctoral Program At Uin Ar-Raniry. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(1), 71–84.

Redjeki, F. (2015). Suatu Tinjauan Keamanan Pembayaran Transaksi Perdagangan Internasional Dengan Menggunakan Letter Of Credit. Jurnal Techno-Social Ekonomi, 8(2).

Redjeki, F. (2016). Pemahaman Documentary Credit. Universitas Sangga Buana Ypkp.

Redjeki, F. (2017a). Complying Presentatiom Is Requirement For Export Transaction To Be Paid Using Documentary Credit. International Conference Iceisr2017 Https://Drive. Google. Com/File/D/0b0udgsgwutm_Ogl2dhdhuvn5zms/View Researchgate. Net. Publication, 322789807.

Redjeki, F. (2017b). Documentary Credit Sebagai Instrumen Perbankan Yang Dapat Memberikan Keamanan Pembayaran Bagi Pihak Eksportir Pada Perusahaan Internasional. Jurnal Techno-Socio Ekonomika Universitas Sangga Buana Ypkp, 10(3), 248–259.

Redjeki, F. (2017c). The Role Of Acceptance In Expediting Export Payment Transactions Using Usance Documentary Credit. Jurnal Techno-Social Ekonomi, 10(1), 1979–4835.

Redjeki, F. (2021a). Analysis Of Human Resources Management In The New Normal Era To Develop Learning Strategies. Jurnal Kelola: Jurnal Ilmu Sosial, 4(2), 7–14.

Redjeki, F. (2021b). The Influence Of Customer Relationship Management (Crm) On Customer Trust And Loyalty In Pt Amartha Sejahtera. 2nd Annual Conference On Blended Learning, Educational Technology And Innovation (Acbleti 2020), 147–151.

Redjeki, F. (2022a). Pemahaman Documentary Credit Including Ucp 600.

Redjeki, F. (2022b). The Effect Of Value Creation Based On Company Performance On Stock Returns In Manufacturing Companies Listed On The Idx.

Redjeki, F. (2023a). Perdagangan Internasional Vaksin Dalam Pertumbuhan Ekonomi Negara. Jisip (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 7(1).

Redjeki, F. (2023b). The Influence Of Customer Characteristics, Bank Reputation, Customer Relationship Management On Customer Value Creation And Its Implications On Customer Trust. Universitas Pasundan.

Redjeki, F., & Affandi, A. (2021). Utilization Of Digital Marketing For Msme Players As Value Creation For Customers During The Covid-19 Pandemic. International Journal Of Science And Society, 3(1), 40–55.

Redjeki, F., Effendi, A. D., Novari, E., Mubarok, M., & Suparman, N. (2020). Weaving Small Industry Management Strategy Through An Integrative Supply Chain Approach. Jour Of Adv Research In Dynamical & Control Systems, 12(20), 2582–2587.

Redjeki, F., Fauzi, H., & Priadana, S. (2021). Implementation Of Appropriate Marketing And Sales Strategies In Improving Company Performance And Profits. International Journal Of Science And Society, 3(2), 31–38.

Redjeki, F., Narimawati, U., & Priadana, S. (2021). Marketing Strategies Used By Hospitality Businesses In Times Of Crisis Of The Covid-19 Pandemic: Case Study. Endless: International Journal Of Future Studies, 4(1), 121–131.

Redjeki, F., & Sugihartanti, V. P. (2017). Documentary Credit As A Bank Instrument That Can Provide Payment Assurance For Exporter. Academic Research International, 8(4), 228–238.

Sophan, I., Wahyuni, R. S., Redjeki, F., Herlina, H., & Purnama, S. A. (2023). Santri Digital Berinovasi Dalam Berwirausaha Di Desa Benjot Cugenang Cianjur Jawa Barat (Rumah Tahfidz Baitul Qur’an Al-Karim Benjot). Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 18–24.

Suhanda, S., Komara, E., Kusdian, R. D., Pandjaitan, B., Djogo, O., Nugraha, A. D., Minar, D., Kadir, Y., Pitoyo, D., & Mulyadi, C. D. (2020). Pengembangan Dan Pemekaran Usaha Pertanian, Industri Kecil-Menengah, Ekonomi, Komunikasi, Serta Daya Wisata Dan Budaya Daerah Jawa Barat Di Era Globalisasi. Jurnal Abdimas Sang Buana, 1(1).

Wahyuanto, E. (2022). Pembaruan Regulasi Pos Dalam Upaya Modernisasi Dan Optimalisasi Layanan Pos Indonesia. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(2), 2391–2397.

Wahyuanto, E. (2023). Kinerja Dosen Ditinjau Dari Kepemimpinan, Kompensasi Dan Motivasi Kerja Pada Sekolah Tinggi Multi Media ‘Mmtc’yogyakarta. Universitas Negeri Jakarta.

Wahyuanto, E., Giantoro, E., Widodo, J. D. T., & Yuniar, R. (2024). The Application Of Brainstorming Method In Developing Ideas In The Production Of Television Documentary Side Of Life Episode Not The Same. Technium Education And Humanities, 7, 54–65.

Wahyuanto, E., & Marwan, K. G. (2023). The Impact Of Digital Leadership, Compensation And Work Motivation On Educator Performance At Sekolah Tinggi Multimedia" Mmtc" Yogyakarta. Remittances Review, 8(4).

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Sugiarso, B. A. ., Narasiang, B. S. ., Pranajaya, S. A. ., Gunawan, T. ., Fayola, A. D. ., Marzuki, M., & Arifianto, T. . (2024). PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DALAM MENYAJIKAN MATERI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4999–5004. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27550

Most read articles by the same author(s)