PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN SISWA DAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Authors

  • Baso Intang Sappaile Universitas Negeri Makassar
  • Darmawanta Sembiring Politeknik Penerbangan Jayapura
  • Saifullah Saifullah IAIN Takengon
  • Indah Merakati Universitas Nadhlatul Ulama Cirebon
  • Liza Husnita Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Apriani Riyanti Universitas Binawan Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28280

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Teknologi, Keterlibatan Siswa, Pembelajaran Jarak Jauh, Model Pembelajaran.

Abstract

Pengembangan model pembelajaran berbasis teknologi telah menjadi fokus utama dalam menjawab tantangan pendidikan jarak jauh, terutama dalam mengoptimalkan keterlibatan siswa dan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi strategi pengembangan model pembelajaran berbasis teknologi yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan efektivitas pembelajaran jarak jauh. Metode studi literatur digunakan untuk menyelidiki konsep-konsep dan temuan penelitian terkait, serta untuk mengembangkan model yang sesuai dengan tujuan penelitian. Temuan penelitian menyoroti pentingnya integrasi teknologi dengan prinsip-prinsip desain pembelajaran yang efektif, serta perlunya memperhatikan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran yang dikembangkan melalui penelitian ini menekankan interaktivitas, partisipasi siswa aktif, dan penggunaan teknologi yang terpadu untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang menarik dan berdaya guna. Validasi model dilakukan melalui konsultasi dengan para ahli pendidikan dan teknologi, serta uji coba pada sejumlah kecil kelompok siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil pembelajaran secara signifikan. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah adanya panduan bagi pengembangan strategi pembelajaran berbasis teknologi yang lebih efektif dalam konteks pembelajaran jarak jauh.

References

Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Bengkulu. Jurnal Kependidikan, 2(25), 1–6.

Akhmadi, A. (2021). Implementation of Blended Learning in Training. Jurnal Diklat Keagamaan, 15(1), 78–87. https://doi.org/10.52048/inovasi.v15i1.214

Dewi, K. C., Ciptayani, P. I., Surjono, H. D., & Priyanto. (2019). Blended Learning Konsep dan Implementasi pada Pendidikan. In Kadek Cahya Dewi, S.T., M.Cs Putu Indah Ciptayani, S.Kom., M.Cs Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D Dr. Priyanto, M.Kom (Issue 28).

Fika, R. (2017). Increase In Activity And Learning Outcomes In Pharmacy Mathematics With Jigsaw Cooperative Learning Model At Pharmacy Academy Of Dwi Farma. Future Of Medical Education Journal, 7(4), 36–46.

Fika, R. (2020). The effectiveness of Jigsaw and STAD (student teams achievement division) cooperative learning model on pharmaceutical mathematics. Journal of Advanced Pharmacy Education & Research| Apr-Jun, 10(2).

Haking, D., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Renang Pada Mata Pelajaran PJOK untuk Siswa Kelas V SD. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 320–328. https://doi.org/10.17977/um038v2i42019p320

Haryanto, S., Zahra, R., Merakati, I., Hanafiah, H., Haryati, H., Thasimmim, S. N., & Arifianto, T. (2024). PEMBELAJARAN BERBASIS GAME: PELATIHAN MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN MENARIK DENGAN TEKNOLOGI. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 868–883.

Heryani, A., Pebriyanti, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Ips Di Sd Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan, 31(1), 17–28.

Kase, E. B. S., & Bhoki, Y. K. (2023). DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA SMAK SANTO FRANSISKUS ASISI LARANTUKA. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(10), 3983–3990.

Kase, E. B. S., Tukan, A. I. N., & Kefi, I. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIIDK KELAS V SD KATOLIK CANOSSA KUPANG. Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(2), 571–576.

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48.

Marta, I. A., Oktarifaldi, O., & Wisma, N. (2023). Analysis of motor coordination abilities of students: Comparative study of students in urban and rural areas. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 9(3), 415–436.

Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988

Oktarifaldi, O., Marta, I. A., Nugroho, A. W., Hardi, V. J., & Utomo, S. (2024). Keterampilan Gerak Dasar Kelompok Usia 7 sampai 9 Tahun siswa Sekolah Dasar. Jendela Olahraga, 9(1), 10–23.

Sugiyono. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&G. ALFABETA.

Syahputra, R., Bakhtiar, S., Marta, I. A., & Putri, L. P. (2021). The Profile of Students’ Locomotor Skills Level in Elementary School. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 4(2), 138.

Ulimaz, A., & Agustina, D. K. (2020). Respon Mahasiswa Vokasi Terhadap Pembelajaran Dengan Kahoot Pada Materi Parameter Limbah Cair. SENASTER" Seminar Nasional Riset Teknologi Terapan", 1(1).

Wahyuanto, E. (2022). Pembaruan Regulasi Pos Dalam Upaya Modernisasi dan Optimalisasi Layanan Pos Indonesia. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(2), 2391–2397.

Wahyuanto, E. (2023). KINERJA DOSEN DITINJAU DARI KEPEMIMPINAN, KOMPENSASI DAN MOTIVASI KERJA PADA SEKOLAH TINGGI MULTI MEDIA ‘MMTC’YOGYAKARTA. UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

Wahyuanto, E., Giantoro, E., Widodo, J. D. T., & Yuniar, R. (2024). The Application of Brainstorming Method in Developing Ideas in The Production of Television Documentary Side of Life Episode Not The Same. Technium Education and Humanities, 7, 54–65.

Wahyuanto, E., & Marwan, K. G. (2023). The Impact of Digital Leadership, Compensation and Work Motivation on Educator Performance at Sekolah Tinggi Multimedia" MMTC" Yogyakarta. Remittances Review, 8(4).

Downloads

Published

2024-05-15

How to Cite

Sappaile, B. I. ., Sembiring, D. ., Saifullah, S., Merakati, I. ., Husnita, L. ., & Riyanti, A. . (2024). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN SISWA DAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5667–5672. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28280

Most read articles by the same author(s)