PERAN INTERNET OF THINGS (IOT) DALAM TRANSFORMASI PENDIDIKAN

Authors

  • Andi Muh Akbar Saputra Universitas Islam Makassar
  • Marlina Marlina lnstitut Agama Islam Negeri Takengon
  • Mayasari Mayasari Universitas Raharja
  • Nurul Hikmah Hikmah Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • I Putu Agus Dharma Hita Universitas Pendidikan Ganesha
  • Jepri Utomo Universitas Madako Tolitoli
  • Teguh Arifianto Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27532

Keywords:

Internet of Things (IoT), Pendidikan, Personalisasi Pembelajaran, Aksesibilitas Materi Pembelajaran, Interaktivitas.

Abstract

Dalam era digital yang terus berkembang, Internet of Things (IoT) telah menjadi faktor kunci dalam transformasi berbagai bidang, termasuk pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran IoT dalam transformasi pendidikan melalui metode studi literatur. Dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber daya yang relevan, penelitian ini mengidentifikasi temuan utama mengenai potensi IoT dalam mempersonalisasi pembelajaran, meningkatkan aksesibilitas materi pembelajaran, dan menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih interaktif. Namun, tantangan seperti privasi dan keamanan data, serta kesenjangan akses terhadap teknologi, juga diidentifikasi sebagai faktor yang perlu diperhatikan dalam implementasi IoT dalam konteks pendidikan. Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan yang mendalam tentang potensi dan tantangan dalam pemanfaatan IoT untuk meningkatkan mutu pendidikan. Rekomendasi disarankan untuk meningkatkan pelatihan tenaga pendidik, memperkuat kebijakan privasi dan keamanan data, serta meningkatkan aksesibilitas teknologi bagi semua siswa.

References

Arifianto, T., Syafii, M., Febrian, W. D., Sani, I., Wajnah, W., & Nainggolan, H. (2024). PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH TERINDEKS SCOPUS BERBANTU APLIKASI MENDELEY. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 121–128.

Chew, M. Y. L., Teo, E. A. L., Shah, K. W., Kumar, V., & Hussein, G. F. (2020). Evaluating the roadmap of 5g technology implementation for smart building and facilities management in singapore. Sustainability (Switzerland). https://doi.org/10.3390/su122410259

Dermawan, H., Malik, R. F., Suyitno, M., Dewi, R. A. P. K., Solissa, E. M., Mamun, A. H., & Hita, I. P. A. D. (2023). Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Solusi Peningkatan Minat Baca Pada Anak Sekolah Dasar. Edusaintek?: Jurnal Pendidikan Sains Dan Tekhnologi, 10(1), 311–328. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.723

Dharmawan, D., Febrian, W. D., Karyadi, S., & Sani, I. (2024). Application of Heuristic Evaluation Method to Evaluate User Experience and User Interface of Personnel Management Information Systems to Improve Employee Performance. Jurnal Informasi Dan Teknologi, 14–20.

Fauzi, F., Saputra, A. M. A., Agstriningtyas, A. S., Febrian, W. D., Nabilah, A. N., & Muthmainah, H. N. (2024). EVALUASI PENGGUNAAN TEKNOLOGI BIG DATA UNTUK ANALISIS DATA BISNIS DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2962–2971.

Febrian, W. D., Weraman, P., Moridu, I., Utama, I. W. K., Rukiyanto, B. A., & Arifianto, T. (2024). PENGGUNAAN APLIKASI TURNITIN DAN CHAT GPT DALAM PENYUSUNAN KARYA ILMIAH TERINDEKS SCOPUS. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 961–975.

Hermawan, F. N. (2022). Deteksi anomali pada data internet of things menggunakan model ensemble learning. Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hidayat, M. S., Perkasa, D. H., Abdullah, M. A. F., Febrian, W. D., Purnama, Y. H., Deswindi, L., & Ekhsan, M. (2024). Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan di PT Kalimutu Mitra Perkasa. Journal of Management and Bussines (JOMB), 6(1), 287–297.

Homan, F., & Djohan, D. (2021). PENGARUH KESADARAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA MEDAN TIMUR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(2), 461–464.

Irwansyah, M. A., Winardi, B., Mardikawati, B., & Anurogo, D. (2023). Analysis of Research Development on the Use of Internet of Things (IoT) Technology in Health Monitoring. West Science Interdisciplinary Studies, 1(11), 1146–1156.

Kabdiyono, E. L., Perkasa, D. H., Ekhsan, M., Abdullah, M. A. F., & Febrian, W. D. (2024). Kepemimpinan, Beban Kerja dan Burnout terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Garment di Kabupaten Tangerang. Journal of Management and Bussines (JOMB), 6(2), 496–509.

Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988

Murtado, D., Hita, I. P. A. D., Chusumastuti, D., Nuridah, S., Ma’mun, A. H., & Yahya, M. D. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas. Journal on Education, 6(1), 35–47.

Mutiara, S. T., Perkasa, D. H., Abdullah, M. A. F., Febrian, W. D., & Purwanto, S. (2024). KINERJA KARYAWAN: PERAN KEADILAN DISTRIBUTIF, KESELAMATAN KESEHATAN KERJA (K3) DAN BURNOUT: STUDI KASUS PADA KARYAWAN DEPO JAKARTA. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 17(2), 1125–1138.

Oktarifaldi, O., Marta, I. A., Nugroho, A. W., Hardi, V. J., & Utomo, S. (2024). Keterampilan Gerak Dasar Kelompok Usia 7 sampai 9 Tahun siswa Sekolah Dasar. Jendela Olahraga, 9(1), 10–23.

Pertiwi, T. P., Pangestuti, D. D., Febrian, W. D., Nove, A. H., Megavitry, R., & Imanirubiarko, S. (2024). STRATEGI PENGEMBANGAN KOMPETENSI DOSEN UNTUK MENANGGAPI TANTANGAN PENDIDIKAN ABAD KE-21. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2586–2596.

Pranajaya, S. A., Idris, J., & Abidin, Z. (2023). Integration of Cognitive, Affective, and Psychomotor Domain Scoring in Islamic Religious Education. Sinergi International Journal of Education, 1(2), 95–108.

Pranajaya, S. A., Ilmiah, W., & Syakhrani, A. W. (2024). THE METHOD OF LEARNING THE QUR’AN ADDRESSES THE INTENSIFICATION OF EMOTIONAL EXCITEMENT IN SCHOOL. Indonesian Journal of Education (INJOE), 4(1), 305–313.

Pranajaya, S. A., Yunus, F. M., Ikhwan, M., & Alfiyanto, A. (2023). Burhani Epistemological Order as a Scientific Construction of Islamic Education. International Journal of Education, Language, and Social Science, 1(2), 144–156.

Priyana, Y., Karyono, S. M., & Pranajaya, S. A. (2024). Analisis Jaringan Kolaborasi Penelitian dalam Kesehatan Mental: Pendekatan Bibliometrik. Jurnal Psikologi Dan Konseling West Science, 2(01), 23–31.

Putro, A. N. S., & Nugroho, A. (2023). Mapping the Journey of Internet of Things (IoT) Research: A Bibliometric Analysis of Technology Advancements and Research Focus. West Science Interdisciplinary Studies, 1(08), 586–597.

Rahmawati, L., Febrian, W. D., Fachruzzaki, F., Mardiyati, S., Lengam, R., & Suarnatha, I. P. D. (2024). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) UNTUK ANALISIS SPASIAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4058–4068.

Rahmawati, L., Suharni, S., Ambulani, N., Febrian, W. D., Widyatiningtyas, R., & Rita, R. S. (2024). PEMANFAATAN APLIKASI CANVA DALAM PENYUSUNAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 129–136.

Sandriana, A., & Maulana, F. (2022). Klasifikasi serangan malware terhadap lalu lintas jaringan Internet of Things menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbour (K-NN). E-JOINT (Electronica and Electrical Journal Of Innovation Technology), 3(1), 12–22.

Sanjaya, V., & Febrian, W. D. (2024). Pengaruh Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja Non Fisik dan Gaya Kepemimpinan Otoriter Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Koperasi Karyawan Cardig International Group). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Madani, 6(1).

Sappaile, B. I., Ahmad, Z., Hita, I. P. A. D., Razali, G., Dewi, R. D. D. L. P., & Punggeti, R. N. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif: Apakah efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik? Journal on Education, 6(1), 6261–6269.

Sembiring, T. B., Dewi, R. D. D. L. P., Gugat, R. M. D., Febrian, W. D., Amrizal, A., & Ansori, A. (2024). PENINGKATAN KAPASITAS DOSEN DALAM PENDIDIKAN BERBASIS TEKNOLOGI: WORKSHOP DAN PELATIHAN MENDALAM. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 581–590.

Setyaningsih, A., Permatasari, R., Hita, I. P. A. D., Sabur, F., & Al Haddar, G. (2024). PEMANFAATAN SISTEM PENGUKURAN OTOMATIS UNTUK MENILAI KEMAJUAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SAINS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4048–4057.

Suwarma, D. M., Munir, M., Wijayanti, D. A., Marpaung, M. P., Weraman, P., & Hita, I. P. A. D. (2023). Pendampingan Belajar Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung Dan Motivasi Belajar. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1234–1239. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13044

Wahdiniawati, S. A., Saksana, J. C., & Febrian, W. D. (2024). Analysis of Campus Leadership and Lecturer Competencies in Enhancing the Quality of Education through the Activator Program. Seascapeid Journal of Economics, Management, and Business, 1(1), 110–119.

Wahdiniawati, S. A., Sjarifudin, D., Santioso, L. L., Ariyani, F., & Febrian, W. D. (2024). Application of Talent Management: Assessment and Psychological Test Functions. Dinasti International Journal of Digital Business Management, 5(2), 408–417.

Wahyuanto, E. (2022). Pembaruan Regulasi Pos Dalam Upaya Modernisasi dan Optimalisasi Layanan Pos Indonesia. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(2), 2391–2397.

Wahyuanto, E. (2023). KINERJA DOSEN DITINJAU DARI KEPEMIMPINAN, KOMPENSASI DAN MOTIVASI KERJA PADA SEKOLAH TINGGI MULTI MEDIA ‘MMTC’YOGYAKARTA. UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

Wahyuanto, E., Giantoro, E., Widodo, J. D. T., & Yuniar, R. (2024). The Application of Brainstorming Method in Developing Ideas in The Production of Television Documentary Side of Life Episode Not The Same. Technium Education and Humanities, 7, 54–65.

Wahyuanto, E., & Marwan, K. G. (2023). The Impact of Digital Leadership, Compensation and Work Motivation on Educator Performance at Sekolah Tinggi Multimedia" MMTC" Yogyakarta. Remittances Review, 8(4).

Yumhi, Y., Dharmawan, D., Febrian, W. D., & Sutisna, A. J. (2024). Application of Rapid Application Development Method in Designing a Knowledge Management System to Improve Employee Performance in National Construction Company. Jurnal Informasi Dan Teknologi, 155–160.

Downloads

Published

2024-04-22

How to Cite

Saputra, A. M. A. ., Marlina, M., Mayasari, M., Hikmah, N. H., Hita, I. P. A. D. ., Utomo, J. ., & Arifianto, T. . (2024). PERAN INTERNET OF THINGS (IOT) DALAM TRANSFORMASI PENDIDIKAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4963–4970. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27532

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>