ANALISA PERBAIKAN PADA GROUND STATION (GS) RECEIVER AUTOMATIC DEPENDENT SURVEILLANCE BROADCAST (ADS-B) MATAK DI JAKARTA AIR TRAFFIC SERVICE CENTER (JATSC)

Authors

  • Syairi Anwar Politeknik Penerbangan Medan
  • Usman Usman Politeknik Penerbangan Medan
  • Eriansyah Saputra Hasibuan Politeknik Penerbangan Medan
  • Nurmahendra Harahap Politeknik Penerbangan Medan
  • Jason Juan Mattew Politeknik Penerbangan Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29944

Keywords:

Ground Station (GS), Receiver Automatic Dependent Surveillance Broadcast (ADS-B), Navigasi Udara.

Abstract

Ground Station (GS) Receiver Automatic Dependent Surveillance Broadcast (ADS-B) merupakan elemen kunci dalam sistem pemantauan lalu lintas udara modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi gangguan operasional pada peralatan GS Receiver ADS-B di MATAK, yang mengalami kesulitan dalam mendeteksi sejumlah target. Metode penelitian mencakup analisis terhadap komponen peralatan, penggantian modul yang rusak, serta uji coba untuk memastikan peralatan berfungsi normal kembali. Hasil analisis mengindikasikan bahwa gangguan terjadi pada proses amplifikasi sinyal di bagian Airborne Acquisition Unit (AAU), khususnya pada modul Low Noise Amplifier (LNA). Dengan mengganti modul LNA dan melakukan penyesuaian komponen, uji coba menunjukkan bahwa peralatan GS Receiver ADS-B di MATAK kembali berfungsi optimal dan mampu mendeteksi target dengan jarak yang memadai. Temuan ini menekankan pentingnya respons cepat dalam menangani gangguan operasional pada fasilitas penerbangan guna menjaga keselamatan penerbangan.

References

Brown, P., & Green, R. (2016). Challenges and solutions in ADS-B implementation. International Journal of Aviation, Aeronautics, and Aerospace, 7(2), 112-125.

Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor KP 35 Tahun 2019. (2019). Pedoman Teknis Operasional Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil Bagian 171-12. Departemen Perhubungan, Jakarta.

Smith, A., & Lee, S. (2017). ADS-B signal processing improvements for better target detection. Journal of Signal Processing Systems, 89(3), 409-420.

Thales Electronic System GmbH. (2015). MLAT and ADS-B AX 680 Hardware Technical Manual Part 1 (Description, Operation, and Maintenance). THALES, Stuttgart.

Zhao, W., & Liu, Q. (2015). ADS-B technology advancements and future trends. Aerospace Engineering, 92(1), 65-78.

Zhang, Y., Wang, X., & Chen, L. (2020). Advances in ADS-B technology and its application in air traffic management. Journal of Air Transport Management, 85, 101-112.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 77 Tahun 2012. (2012). Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 176. Departemen Perhubungan, Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2009. (2009). Penerbangan. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 1. Departemen Perhubungan, Bandung.

Profil AirNav Indonesia. (2019). Sejarah Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI).

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 55 Tahun 2016. (2016). Tatanan Navigasi Penerbangan Indonesia. Kementerian Perhubungan, Jakarta

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Anwar, S. ., Usman, U., Hasibuan , E. S. ., Harahap, N. ., & Mattew, J. J. . (2024). ANALISA PERBAIKAN PADA GROUND STATION (GS) RECEIVER AUTOMATIC DEPENDENT SURVEILLANCE BROADCAST (ADS-B) MATAK DI JAKARTA AIR TRAFFIC SERVICE CENTER (JATSC). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7883–7888. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29944