ANALISA PENYEBAB TERJADINYA ALARM PADA MONITOR NEAR FIELD GLIDE PATH 07L DI JAKARTA AIR TRAFFIC SERVICE CENTER (JATSC)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28825Keywords:
ILS, Glide Path, PMDT, Near FieldAbstract
Instrument Landing System (ILS) membimbing pesawat selama pendekatan dan pendaratan di landasan pacu. ILS terdiri dari tiga subsistem utama: Localizer, Glide Path, dan Marker Beacon. Di Jakarta Air Traffic Service Center (JATSC), terdapat empat set ILS yang beroperasi di landasan pacu 07R-25L (Selatan) dan 07L-25R (Utara). Pemancar Glide Path (GP) memberikan sinyal panduan sudut luncur sebesar 3°, yang bekerja pada frekuensi UHF antara 328,6 MHz dan 335,4 MHz. Alat ini ditempatkan 120 meter dari sisi landasan dan 250-350 meter dari ujung landasan pacu. Antena Near Field (NF), bagian dari GP, berfungsi untuk mengidentifikasi sinyal dari GP. Inspeksi rutin harian melalui Portable Maintenance Data Terminal (PMDT) mendeteksi alarm pada Near Field Monitor dari Glide Path 07L, menyebabkan NF tidak dapat menerima atau memantau sinyal dari GP. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab alarm ini. Metode yang digunakan meliputi membandingkan data dari PIR dan Monitor pada PMDT, memeriksa dan membersihkan konektor Near Field Monitor, serta memeriksa tegangan pada TP5, TP7, dan TP9. Alarm disebabkan oleh pelemahan yang signifikan pada attenuator kartu NFM, yang mengurangi daya, tegangan, dan arus yang diterimaReferences
Airnav Indonesia. (2024). Sejarah, Visi, Misi, Nilai, dan Logo AirNav Indonesia. Diakses dari www.airnavindonesia.co.id pada 17 September 2024.
Attenuator. (2024). Pengertian dan Jenis-Jenis Attenuator. Diakses dari https://elektronika-dasar.web.id/attenuator/ pada 10 September 2024.
Buku Catatan Fasilitas dan Kegiatan/Facility Log Book Unit Pendaratan Presisi dan Alat Bantu Navigasi.
Cao, Y., Tan, L., & Wu, Y. (2018). Aircraft icing: An ongoing threat to aviation safety. Progress in Aerospace Sciences, 103, 32-45. https://doi.org/10.1016/j.paerosci.2018.10.001
Factory Training Course Model 2100 Instrument Landing System (ILS), Student Workbook. Diakses pada 10 September 2024.
Kiefer, C., & Hoeft, S. (2010). Display of information in the operating room: A critical review. IEEE Transactions on Information Technology in Biomedicine, 14(4), 682-691. https://doi.org/10.1109/TITB.2010.2046334
Operation and Maintenance Manual Model 2110 Capture-Effect Glideslope System. Diakses pada 1 September 2024.
Paine, C. W., et al. (2016). Systematic review of physiologic monitor alarm characteristics and durations in hospitals. PLOS ONE, 11(8), e0163493. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0163493
Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 77 Tahun 2012 Tentang Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan.
Samuel, T. D. M. A., & Pines, D. J. (2005). A review of vibration-based techniques for helicopter transmission diagnostics. Journal of Sound and Vibration, 282(1-2), 475-508. https://doi.org/10.1016/j.jsv.2004.03.037
Thobois, L., Cariou, J., & Gultepe, I. (2019). Review of LIDAR-based applications for aviation weather. Remote Sensing, 11(19), 2280. https://doi.org/10.3390/rs11192280
Thomas, J. A., & Rantanen, E. M. (2006). Factors and issues in the implementation of advanced aviation weather information systems. Human Factors and Aerospace Safety, 6(2), 129-143. https://doi.org/10.1504/IJATM.2007.015784
Zhao, K., et al. (2020). Noise reduction technologies for aircraft landing gear: A bibliographic review. Progress in Aerospace Sciences, 112, 100589. https://doi.org/10.1016/j.paerosci.2019.100589
Zhang, Y., Wang, S., Li, X., et al. (2023). Advanced developments in the design and application of instrument landing systems. IEEE Transactions on Aerospace and Electronic Systems, 59(2), 432-445. https://doi.org/10.1109/TAES.2022.3156789
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rossi Peter Simanjuntak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.