PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 1 LOTU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28574Keywords:
Two Stay Two Stray, Kualitas Pembelajaran, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran masih berpusat kepada guru. Tujuan penelitian: (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray, (2) Mendeskripsikan kualitas pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray, (3) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Lotu. Hasil penelitian: (1) Proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada Siklus I yaitu 55,64% tergolong kurang dan Siklus II yaitu 77,70% tergolong baik. (2) Kualitas pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray di SMA Negeri 1 Lotu pada Siklus I sebesar 66,32% tergolong cukup dan Siklus II sebesar 84,52% tergolong baik. (3) Hasil belajar peserta didik di Siklus I sebesar 68,51 tergolong cukup dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 62,86%, dan Siklus II nilai rata-ratanya sebesar 82,59 tergolong baik dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 85,17%.References
Arianti, Akib & Saleh. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Pada Jurusan Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri 1 Pinrang. Jurnal Office, 3(2), 98-106.
Asrul. (2021). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Tipe Two Stay Two Stray Pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 2 Koto. Jurnal Ilmiah Pendidikan Eksakta, 7(3), 225-265.
Badlisyah & Amsa. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Reaksi Oksidasi Dan Reduksi Di SMA Bina Bangsa Aceh Besar. Lantanida Jurnal, 6 (1), 1-102.
Djamaluddin, dkk. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV. Kaaffah Learning Center.
Erliana. (2020). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Siswa Kelas V MIN 8 Aceh Barat Daya. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian, 1 (1), 58-70.
Handayani, Slameto & Radia. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Di tinjau Dari Hasil Belajar Siswa. International Journal Of Elementary Education, 2(1), 15-21.
Haryanto. (2022). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar DenganTwo Stay Two Stray. (Cetakan Pertama). Pusat Pengembangan Pendidikan Dan Penelitian Indonesia.
Hasanah, & Ardansyah. (2018). Analisis Kualitas Soal Ujian Matematika Semester Genap Kelas XI SMA Inshafuddin Kota Banda Aceh.Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 37-47.
Hasibuan, & Mansurdin. (2021). Penerapan Model Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal Of Basic Educations Studies, 4(2), 189-206.
Herawati. (2018). Memahami Proses Belajar Anak.Jurnal Pendidikan Anak,4(1), 27-31.
Herawati & Muazza. (2020). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Pemanfaatan Sumber Daya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1 (2), 437-450.
Huda, (2020). Modul Pembelajaran SMA Biologi Kelas XI. Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.
Kanza, Lesmono & Widodo. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model PBL Dengan Pendekatan STEM. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 71-77.
Kemendikbud. (2020). Penilaian Kependidikan: Sistem Penilaian, Hasil Belajar dan Kemampuan Guru Melaksanakan Penilaian Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Balitbang, Kemedikbud.
Lestari, Karunia Eka dan Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Luthfi, dkk. (2023). Landasan Belajar Dan Mengajar. CV. Pustaka Turats Press.
Mangnga. (2021). Penerapan Model Two Stay Two Stray Yang Di VariasikanDengan LKS Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 2 Tanjung Selor. Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 1(1), 22-30.
Matara. (2023). Psikologi Pendidikan. Selat Media Patners.
Mawati. (2020). Model Pembelajaran Think Talk Write (TWT) Dan Two Stay Two Stray (TSTS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(2), 82-86.
Mayasari, Satinem & Sofiarini. (2022). Penerapan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 421-434.
Merry. (2017). Kisi-kisi Lembar Angket Kualitas Pembelajaran.
Nurdansyah, & Fahyuni. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Nizamia Learning Center.
Nurpratiwi, Sriwanto & Sarjanti. (2018). Peningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa. 4(2), 1-9.
Nurwidodo. (2017). Kisi-kisi Lembar Observasi Guru Dalam Proses Pembelajaran.
Priadana, dkk. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.
Rofiqoh. (2020). Model Two Stay Two Stray (TSTS) Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar, 3(3), 237-242.
Rona. (2020). Konsep Dasar Evaluasi Pembelajaran Di SD/MI. Jurnal Primearly, 3(1), 75-84.
Rosna. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV SD Terpencil Bainaa Barat. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(6), 235-246.
Rizal, dkk. (2020). Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Sistem Penjaminan Mutu. Jurnal Kependidikan, 9(4), 469-475.
Salmina & Adyansah. (2018). Analisis Kualitas Soal Ujian Matematika Semester Genap Kelas XI SMA Inshafuddin Kota Banda Aceh. 4(1), 37-47.
Samsinar S. (2019). Urgensi Learning Resources (Sumber Belajar) Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Kependidikan 13(2), 194-205.
Santoso. (2021). Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 7(1), 247-264.
Setiawan. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Setiawati. (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar?. Jurnal Bimbingan Dan Konseling FKIP UNIPA, 35(1), 31-45.
Sengga. (2020). Penerapan Model Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas XI SMPK Fratera Ndao. Jurnal Literasi: Pendidikan Dan Humaniora, 3(5), 7-10.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sunbanu, Mawardi, & Wardani. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Model Two Stay Two Stray Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2037-2041).
Sudarsih, Zulfadi & Nugroho. (2020). Lesson Study Melalui Model Two Stay Two Stray Berbantu Mid Map Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kelas XI MIA 2 Man Tarakah. Jurnal Of Biology Education, 1(2), 107-116.
Thea. (2018). Kisi-kisi Lembar Observasi Guru Dalam Proses Pembelajaran.
Yestiani & Zahwa. (2020). Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Besar, 4(1), 41-47.
Yusuf. (2018). Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 1(2), 13-20.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Winndy Adian Sari Harefa; Agnes Renostini Harefa, Hardikupatu Gulo, Novelina Andriani Zega
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.