PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 LAHEWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18382Keywords:
Model Pembelajaran, Problem Solving, Hasil Belajar Peserta DidikAbstract
Model pembelajaran Problem Solving merupakan model pembelajaran kooperatif yang merujuk pada pemecahan masalah. Problem Solving adalah aktivitas atau cara mengajar yang dilakukan untuk melatih peserta didik dalam mendefenisikan masalah, menentukan penyebab masalah, dan memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kualitas pembelajaran, respon peserta didik, dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA-2 yang berjumlah 32 orang. Instrumen penelitian ini adalah (1) Lembaran observasi, (2) Angket kualitas pembelajaran, (3) Angket respon peserta didik, (4) Tes hasil belajar peserta didik, (5) Lembaran panduan wawancara. Hasil penelitian : (1) Persentase kualitas pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Problem Solving pada Siklus I yaitu 63,54% (cukup) dan Siklus II yaitu 91,71% (baik sekali), (2) Persentase respon peserta didik pada Siklus I yaitu 68,20% dan Siklus II yaitu 93,75% (baik sekali), (3) Rata-rata hasil belajar peserta didik pada Siklus I yaitu 63,37% (cukup) dan Siklus II yaitu 80,37% (baik).References
Arikunto, S., dkk. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(2), 468–470. https://journal.ipts.ac.id
Kunandar. (2017). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Mulyono, H., & Wekke, I. S. (2018). Strategi Pembelajaran di Abad Digital. Yogyakarta: Penerbit Gawe Buku.
Olahairullah. (2022). Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 3 Kota Bima Tahun Pelajaran 2019/202. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(1), 22–26. https://jurnal.jomparnd.com/index.php/ip
Shoimin, A. (2020). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugioyo. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi, H. M. (2017). Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukendra & Atmaja. (2020). Instrumen Penelitian. Pontianak: Mahameru Press
Sutikno, M. (2019). Metode dan Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistica.
Suzana, Y., & Jayanto, I. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Elsaria Zendrato, Novelina Andriani Zega
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.