PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TYPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK IPA KELAS IX DI SMP NEGERI 8 GUNUNGSITOLI

Authors

  • Li Isatri Laoly Universitas Nias
  • Desman Telaumbanua Universitas Nias
  • Agnes Renostini Harefa Universitas Nias
  • Novelina Andriani Zega Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27533

Keywords:

Cooperatif Learning Type Jigsaw, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA dan pelaksanaan kegiatan proses pembelajaran masih berpusat kepada guru. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan proses pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Cooperatif Learning Type Jigsaw, (2) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Cooperatif Learning Type Jigsaw. Lokasi penelitian di UPTD SMP Negeri 8 Gunungsitoli. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX-B dengan jumlah 30 orang. Hasil penelitian: (1) Pelaksanaan kegiatan proses pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Cooperatif Learning Type Jigsaw sesuai dengan hasil lembar observasi proses pembelajaran (responden guru) pada Siklus I rata-ratanya yaitu 58,33% dan di Siklus II yaitu 83,86%, selanjutnya hasil lembar observasi peserta didik yang terlibat aktif dalam proses pembelajaran pada Siklus I rata-ratanya yaitu 62,36% dan di Siklus II yaitu 88,54%. (2) Hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Cooperatif Learning Type Jigsaw pada Siklus I rata-ratanya yaitu 68,93 dengan kriteria cukup dan Siklus II yaitu 80,67 dengan kriteria baik.

References

Aprida dan Muhammad. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Literatur, Vol. 3, No. 2, Hal. 330-342.

Asmara, Dedi. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Learning Type Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Ilmiah, Vol. 3, No. 1, Hal 28-41.

Bistari. (2018). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, Vol. 1, No. 2, Hal. 1-13.

Carroline, Desty, dkk. (2018). Penerapan Model Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA-Biologi Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Kelas VII. Jurnal Kajian Pendidikan, Vol. 2, No. 2, Hal. 1-16.

Darmawan, dkk. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Jurnal Kajian Pembelajaran Kooperatif, Vol. 8, No. 1, Hal. 321-338.

Elviana dan Lili. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Menulis Karangan Persuasi. Jurnal Elemen, Vol. 2, No. 1, Hal. 37-49.

Eneng. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Metode Cooperatif Learning Pada Siswa Kelas X MAN 4 Jakarta. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, Vol. 6, No. 2, Hal. 117-128.

Ernawati dan Ahmad Yani. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, Vol. 1, No. 1, Hal. 1-14.

Faozi, Mohamad. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Bioteknologi Pada Siswa SMP Negeri 2 Tarub. Joyful Learning Journal, Vol. 2, No. 1, Hal. 1-11.

Hesti, dkk. (2018). Penerapan Metode Cooperatif Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, Vol. 6, No. 1, Hal. 198-219.

Huda, Miftahul. (2017). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kemendikbud. (2020). Penilaian Kependidikan: Sistem Penilaian, Hasil Belajar dan Kemampuan Guru Melaksanakan Penilaian Berdfasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Balitbang, Kemedikbud.

Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Lidia dan Irwandi. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 09 Lebong. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, Vol. 1, No. 2, Hal. 1-16.

Putri dan Adeng. (2018). Penerapan Model Cooperatif Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS kelas VIII SMP PGRI 3 Jakarta. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, Vol. 5, No. 4, Hal. 42-54.

Sardiyanah. (2018). Faktor Yang Mempengaruhi Belajar. Jurnal Didaktik, Vol. 10, No. 2, Hal. 66-79.

Shindia, dkk. (2017). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Geometri Berbasis Cooperatif Learning. Research and Development Journal Of Education, Vol. 2, No. 3, Hal. 1-15.

Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Teni, Rahmani. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, Vol. 3, No. 1, Hal. 171-184.

Zulyadaini. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Model Cooperatif Learning Dengan Konvensional. Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, Vol. 16, No. 1, Hal. 151-166

Downloads

Published

2024-04-22

How to Cite

Laoly , L. I. ., Telaumbanua, D. ., Harefa , A. R. ., & Zega, N. A. . (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TYPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK IPA KELAS IX DI SMP NEGERI 8 GUNUNGSITOLI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4971–4979. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27533

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>