PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII MIPA SMA NEGERI 1 TUHEMBERUA

Authors

  • Otanius Zega Universitas Nias
  • Agnes Renostini Harefa Universitas Nias
  • Toroziduhu Waruwu Universitas Nias
  • Novelina Andriani Zega Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28403

Keywords:

Project Based Learning, Kualitas Pembelajaran, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan guru jarang menugaskan siswa untuk mengembangkan keterampilan motorik mereka melalui proyek-proyek yang mereka rancang sendiri, yang berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari. Tujuan penelitian: (1) Mendeskripsikan bagaimana pembelajaran Biologi dapat ditingkatkan dengan menerapkan metode Project Based Learning, (2) Menjelaskan tentang standar pembelajaran Biologi yang diperoleh dengan menggunakan pendekatan Project Based Learning, (3) Menjelaskan peningkatan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Biologi melalui penggunaan model pembelajaran Project Based Learning. Hasil penelitian: (1) Proses pembelajaran Biologi melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada Siklus I yaitu 58.59% dan Siklus II 84,66% (baik). (2) Kualitas pembelajaran Biologi ketika menggunakan pendekatan Project Based Learning pada Siklus I yaitu 65,7% dan Siklus II yaitu 86,8% (baik). (3) Hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran Biologi pada Siklus I yaitu 67,8 (cukup) dan Siklus ke II yaitu 80,4 (baik).

References

Ahdar & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Yogyakarta.

Akhiruddin. (2019). Belajar Dan Pembelajaran, Prinsip-prinsip pembelajaran. Makasar.

Amaliyah. (2018). Penggunaan Model Pembelajarn Didalam Proses Belajar Mengajar. Journal Pendidikan Biologi. 1(2), 25-30

Benyamin. (2018).Tiga Ranah Taksomomi Bloom Dalam Pendidikan . Jurnal Kependidikan 13(2), 23-30.

Cullingford. (2018). ”Konsep Pembelajaran Biologi Dalam Pembelajaran”Bandung Jurnal Pendidikan, 3(9), 121-130.

Fadhul & Muhammad. (2019). Peningkatan Mutu Pendidikan Dengan Pengaruh Kualitas Pembelajaran. Journal Pendidikan IPA, 3(9), 23-40.

Fadlilah. (2018). Penilian Hasil Belajar Dalam Kurikulum K13, Journal Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah, Kota Probolinggo, 4(6), 1-10.

Fatirul. (2021). Evaluasi Baham Ajar Dalam Penilian Autentik. Surabaya, CV. Pena Persada.

Kadir. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Togeteher) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SD Muhammadiyah 02 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Kadir. (2018). Menyusun Dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 70-81.

Kanza, Lesmono,&Widodo.(2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model PBL Dengan Pendekatan STEM. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 71-77.

Kristiani. (2020). Analisis Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing dan Ceramah Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 171-185.

Kunandar. (2018). Karakteritik Penliaian Autentik Dalam Pembelajara Mutu. Juornal pendidikan,1(4) 121-125.

Nasution, W. N. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Journal Pendidikan Agama Islam (PAI).3(13), 12-25.

Nurfitiyantii, Elly & dkk. (2018). Model pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika, Journal Formatif, 9(4),149-150.

Nurullah (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Memperbaiki Sistem Transmisi SM. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha,3(1), 21-30.

Purnawan. (2021). Monograf Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Motivasi Belajar Untuk Hasil Belajar Yang Optimal Di Mts Alfurqon-Kadudampit Kabupaten Sukabumi.

Purnomo. (2019). Tutorial Pembalajaran Berbasis Project Yogyakarta. K-Media All rights reserved.

Purwanto. (2019). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Deepublish.

Putri. (2019). Skripsi.Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pokok Bahasan Pemantulan Cahaya.Universitas Negri Semarang.

Roby. (2021). "Inovasi Strategi Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan PAI." Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 17-25.

Rusmono. (2018). Kemampuan Siswa Dalam Menguasai Materi Pelajaran. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 4(1),12-25.

Sagala. (2018). Belajar Dan Pembelajaran , Pengertian pembelajaran yang sesungguhnya. Surabaya. Buku Pendidikan.

Suciani.(2018).Pemahaman Model Pembelajaran PjBL Sebagai Kesiapan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga, Journal Media Pendidikan, Gizi Dan Kuliner, 2(12), 120-125.

Sudarsi. (2020). Analisis Validitas Reliabilitas Tingkat Kesukaran Dan Daya Beda Pada Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika Kelas XII IPS di SMA Negeri 12 Bandar Lampung Tahun ajaran 2014/2015. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 203-211.

Sudarsih, Zulfadi, & Nugroho. (2020). Lesson Study Melalui Model Two Stay Two Stray Berbantu Mid Map Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kelas XI MIA 2 Man Tarakah. Jurnal Of Biology Education, 1(2), 107-116.

Sudjana. (2018). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO).

Syam. (2020). Belajar Dan Pembelajaran Modern: Konsep Dasar, Inovasi Dan Teori Pembelajaran. Garudhawaca.

Widiastutik. (2023). Penerapan Model PjBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Tlogosari Kulon 01. Journal Pendidikan,1(5) 1-9.

Wijayanto,dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Lerning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas VIII MTsN 1 Tangerang Selatan (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Yulianti, dkk. (2018). Belajar dan Pembelajaran Dalam Pengklasifikasian Hasil Belajar. Jakarta.

Downloads

Published

2024-05-19

How to Cite

Zega, O. ., Harefa, A. R. ., Waruwu, T. ., & Zega, N. A. . (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII MIPA SMA NEGERI 1 TUHEMBERUA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 6066–6075. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28403

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>