PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 HILISERANGKAI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Desinurani Mendrofa Universitas Nias
  • Desman Telaumbanua Universitas Nias
  • Novelina Andriani Zega Universitas Nias
  • Agnes Renostini Harefa Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28116

Keywords:

Probing prompting, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA dan pelaksanaan kegiatan proses pembelajaran masih berpusat kepada guru. Tujuan penelitian: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Probing Prompting, (2) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Probing Prompting. Instrumen penelitian yaitu: (1) Lembaran observasi, (2) Tes hasil belajar, 3) Foto dokumentasi. Hasil penelitian: (1) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Probing Prompting pada Siklus I rata-ratanya yaitu 59,03% dan di Siklus II yaitu 80,56%, selanjutnya hasil lembar observasi peserta didik yang terlibat aktif dalam pembelajaran pada Siklus I rata-ratanya yaitu 61,46% dan di Siklus II yaitu 85,42%. (2) Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di Siklus I rata-ratanya yaitu 69,55 dengan kriteria cukup dan di Siklus II yaitu 82,05 dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Probing Prompting mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik.

References

Ali, Lalu Usman. (2018). Pengelolaan Pembelajaran IPA Ditinjau dari Hakikat Sains pada SMP di Kabupaten Lombok Timur. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, Vol. 6, No. 2, Hal. 103-112.

Apriyanti, Eka, dkk. (2022). Studi Literatur: Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa. Biology And Education Journal, Vol. 2, No. 2, Hal 44-54.

Ardi dan Maria Parencia Yurike. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Berbasis Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1 Siberut. Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan,Vol. 5, No. 2, Hal. 633-642.

Arfani, Laili. (2020). Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan & Hukum. Vol. 11, No. 2, Hal. 81-97.

Darmawan, dkk. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Jurnal Kajian Pembelajaran Kooperatif, Vol. 8, No. 1, Hal. 321-338.

Elviana dan Lili. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Untuk Menulis Karangan Persuasi. Jurnal Elemen, Vol. 2, No. 1, Hal. 37-49.

Eneng. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Metode Cooperatif Learning Pada Siswa Kelas X MAN 4 Jakarta. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, Vol. 6, No. 2, Hal. 117-128.

Ernawati dan Ahmad Yani. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa. Jurnal Pena Ilmiah. Vol. 1, No. 1, Hal. 1-14.

Faizah, Silviana Nur. (2019). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 1, No. 2, Hal. 175-185.

Fakhrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal At-Tafkir, Vol. XI, No. 1, Hal. 85-99.

Faozi, Mohamad. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Bioteknologi Pada Siswa SMP Negeri 2 Tarub. Joyful Learning Journal, Vol. 2, No. 1, Hal. 1-11.

Hazmi, Nahdatul. (2019). Tugas Guru Dalam Proses Pembelajaran. JOEAI (Journal of Education and Instruction), Vol. 2, No 1, Hal. 56-65.

Hesti, dkk. (2018). Penerapan Metode Cooperatif Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, Vol. 6, No. 1, Hal. 118-219.

Junaedi, Ifan. (2019). Proses Pembelajaran Yang Efektif. JISAMAR: (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), Vol. 3, No. 2, Hal. 19-25.

Kemendikbud. (2020). Penilaian Kependidikan: Sistem Penilaian, Hasil Belajar dan Kemampuan Guru Melaksanakan Penilaian Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Balitbang, Kemedikbud.

Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Mansanaris, Ivena, dkk. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Di Kelas XI SMA Negeri 6 Halmahera Utara. Jurnal Sains Pendidikan Biologi, Vol. 2, No. 1, Hal. 35-42.

Nadeak, Lusiana Natalia, dkk. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Promting Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI AKL SMKN 1 Pematang Siantar T.A. 2022/2023. Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI), Vol. 1, No. 2, Hal. 140-150.

Putri dan Adeng. (2018). Penerapan Model Cooperatif Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS kelas VIII SMP PGRI 3 Jakarta. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, Vol. 5, No. 4, Hal. 42-54.

Sehol, Muhamad. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Promting terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sel pada Makhluk Hidup di Kelas XI IPA SMA Negeri 8 Buru Kecamatan Waplau. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 3, No. 3, Hal. 701-708.

Setiawati, Siti Ma’rifah. (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar. HELPER: Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP UNIPA, Vol. 35, No. 1, Hal. 31-46.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Yani, Riski, dkk. (2019). Efektivitas Penerapan Desain Pembelajaran Ipa Terpadu Tipe Webbed Pada Kurikulum 2013 Revisi Untuk Siswa SMP Kelas VII. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2019, Vol. 4, No. 1, Hal. 173-177.

Zulyadaini. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Model Cooperatif Learning Dengan Konvensional. Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, Vol. 16, No. 1, Hal. 151-166.

Zuriyati, Heliyana. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Probing-Prompting Pada Materi Sistem Gerak Kelas XI IPA. Cahaya Pendidikan, Vol. 8, No. 1, Hal.12-23.

Zuryati. (2023). Pengaruh Penerapan Model Probing Prompting Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mempelajari Evolusi Pada Kelas XII-MIPA-1 SMAN 1 Peukan Baro Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, Vol. 8, No.1, Hal. 18-32.

Downloads

Published

2024-05-12

How to Cite

Mendrofa, D. ., Telaumbanua, D. ., Zega, N. A. ., & Harefa, A. R. . (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 HILISERANGKAI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5521–5531. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28116

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>