PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP KELAS VII SMPN 1 AMBALAU

Authors

  • Marzuki Marzuki Universitas Kapuas Sintang
  • Dodo Santo Boroneo Universitas Kapuas Sintang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18144

Keywords:

Hasil Belajar, Ciri-ciri Makhluk Hidup, dan Inkuiri Terbimbing.

Abstract

Model pembelajaran inkuiri terbimbing merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang merupakan model pembelajaran dimana guru dan siswa yang menentukan dan merumuskan masalah secara bersama, dan siswa secara aktif untuk mencari dan menemukan jawaban serta menarik kesimpulan sendiri. Tujuan penelitian yaitu Untuk mengetahui Hasil Belajar IPA Biologi Pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Siswa kelas VII SMPN 1 Ambalau. Untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Siswa kelas VII SMPN 1 Ambalau. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Bentuk penelitian adalah Quasi Experimental Design. Rancangan penelitian yaitu non equvalent control group design. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan tes tertulis yaitu berupa tes hasil belajar, teknik dokumentasi berupa gambar penelitian dan foto serta dokumen nilai yang berkaitan dengan hasil. Data analisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai thitung 5,764 > ttabel 1,994. artinya hasil uji hipotesis thitung lebih besar dibandingkan dengan ttabel sehingga Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing yang diterapkan pada kelas eksperimen dalam penelitian ini berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Siswa kelas VII SMPN 1 Ambalau. Besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif dengan strategi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar siswa yaitu (d) 0,78 (kategori pengaruh Sedang).

References

Andarini, T. Masykuri, M. 2013. Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) melalui Media Flipchart dan Video Ditinjau dari Kemampuan Verbal dan Gaya Belajar. Jurnal BIOEDUKASI. 1(5): 81-95. Surakarta.

Aritonang, K. 2007. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Multi Representasi terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains.1(5): 81-95

Gerung, NJ. 2009. Conceptual Learning And Learning Style (Kajian Konseptual tentang Belajar dan Gaya Belajar).

Hamzah.2016.Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Bumi Aksara. Yogyakarta.

Lasmawan.W. I Made Ari Artana, Nyoman Dantes. 2015. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar ipa ditinjau dari minat belajar siswa kelas v sd negeri di gugus vi kecamatan abang kabupaten karangasem tahun pelajaran 2014/2015. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar.

Muhibin, S. 2008. Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung. Rosdakarya

Nurhidayati, S., Zubaidah, S., dan Indriwati, E. 2015. Jurnal Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa

Sani. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Sanjaya, W. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana. Jakarta. 2013.

Santoso. 2011. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri dan Strategi Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Kognitif, Kemampuan berpikir Kritis, dan Kemampuan Kerjasama Siswa SMA Berkemampuan Atas dan Bawah di Kota Metro Lampung. Desertasi tidak Diterbitkan. Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.

Shoimin. 2014. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Berkurikulum 2013. Yogyakarta : AR-RUZZ Media.

Suciati, A. 2010. Pengaruh Media Pembelajaran Video Menggunakan Windows Movie Maker Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta

Syaiful S. 2008 Metode pembelajaran (Online) (www.Kajian Pustaka com, diakses 29 Desember 2015.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi Dan Implementasinya. Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta : Bumi Aksara.

Windarsih. 2011. IPA Terpadu. Klaten: Intan Pariwara.

Downloads

Published

2023-08-22

How to Cite

Marzuki, M., & Boroneo, D. S. . (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP KELAS VII SMPN 1 AMBALAU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 356–365. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18144