MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA MELALUI PENDEKATAN COGNITIF BEHAVIOT THERAPY DENGAN TEKNIK SELF INSTRUCTION

Authors

  • Retno Setya Budiasningrum Politeknik LP3I Jakarta
  • Rismar Julia Utami STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh
  • Devin Mahendika Puskesmas Ranai Kepulauan Riau
  • Antonius Rino Vanchapo STIKES Faatir Husada
  • Tri Velyna STAI Sanggata Kutai Timur
  • Syatria Adymas Pranajaya UINSI Samarinda

Keywords:

Cognitif Behavior Therapy, Self Esteem

Abstract

Self-esteem merupakan suatu penilaian yang dilakukan oleh seseorang terhadap dirinya yang didasarkan pada hubungan dengan orang lain. Sesuai dengan aspek-aspek seperti penerimaan diri sendiri, harga diri sosial, dan evaluasi diri sendiri. Sementara kondisi nyata di lapangan ditemukan siswa memiliki self esteem siswa yang rendah. Untuk itu, self esteem siswa perlu ditingkatkan, salah satu upaya untuk meningkatkan self esteem siswa melalui pendekatan cognitive behavior theraphy dengan teknik self instruction. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh pendekatan cognitive behavior theraphy terhadap self esteem siswa. Penelitian menggunakan metode eksperimen tipe Nonequivalent Control Group Design dimana design ini melibatkan dua kelompok subjek satu diberi perlakuan eksperimental dan yang lain tidak diberikan perlakuan (kelompok kontrol). Dengan jumlah masing-masing kelompok 10 siswa. Pengumpulan data menggunakan skala likert self esteem. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan self esteem yang semula berada pada kategori rendah (negatif) menjadi siswa yang memiliki self esteem pada kategori sedang dan tinggi (positif). Sehingga berdasarkan hal tersebut, diketahui bahwa pendekatan cognitive behavior theraphy dengan teknik self instruction berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan self esteem siswa.

References

Ardimen, A. (2018). Pengembangan Kepribadian Konselor Berbasis Asmaul Husna Dalam Pelayanan Konseling. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 15(2), 102–115. https://doi.org/10.14421/hisbah.2018.152-07

Ardimen, A., Natalia, D. Y., Tas’adi, R., & Dovita, R. (2018). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Kualitas Interaksi Sosial Anak Asuh. Journal Educative?: Journal of Educational Studies, 3(2), 115–128. https://doi.org/10.30983/educative.v3i2.745

Ardimen, A., Neviyarni, N., Firman, F., Gustina, G., & Karneli, Y. (2019). Model bimbingan kelompok dengan pendekatan muhasabah. Ta’dibuna Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 278–298. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i2.2232

Dachmiati, S., & Amalia, R. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan SelfEsteem Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 148–153. https://doi.org/ 10.26638/jfk.405.2099

Fadilla, H. D., Syafwar, F., & Hardi, E. (2022). Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Pendekatan Muhasabah terhadap Motivasi Berprestasi Siswa. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 293–304. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i2.7113

Firman, F., Nirwana, H., Tanjung, R. F., Netrawati, N., Karneli, Y., Syukur, Y., & Latupasjana, Z. (2020). Improving Youth Drug Abuse Self- Control Through Group Counseling. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 13(7), 990–1000.

Fitra, N. A., Rahayu Z, S. P., Desmita, D., & Irman, I. (2021). Hubungan Self-Esteem dan Body Image pada Remaja Putri di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA). Istinarah: Riset Keagamaan, Sosial Dan Budaya, 3(2), 84–93. https://doi.org/10.31958/istinarah.v3i2.4534

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yokyakarta: Ar-Ruzz Media.

Guindon, M. H. (2010). Self Esteem Across the Life Span: Issues and Intervention. New York: Taylor & Francis Group LLC.

Hariyati, H., Ardimen, A., & Silvianetri, S. (2021). Effectiveness of Group Counseling Services With A Muhasabah Approach in Reducing Students Academic Procrastination at SMA Negeri 1 Lintau Buo. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 2(2), 60–74.

Husna, H. Al, Ardimen, A., Sisrazeni, S., & Rahayu, S. P. (2022). Hubungan antara Self Esteem dan Self Confidence Remaja Panti Asuhan. Jurnal Consulenza:Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 5(1), 12–22. https://doi.org/10.56013/jcbkp.v5i1.1271

Ikbal, M., & Nurjannah, N. (2016). Meningkatkan Self Esteem dengan Menggunakan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy pada Peserta Didik Kelas VIII di SMP Muhammadiyah Jati Agung Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 73–86. https://doi.org/10.24042/kons.v3i1.556

Karneli, Y., Ardimen, A., & Netrawati, N. (2019). Keefektifan Konseling Modifikasi Kognitif Perilaku untuk Menurunkan Stres Akademik Siswa. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 4(2), 42–47. https://doi.org/10.21067/jki.v4i2.3083

Khoiriyah, K., & Habsy, B. A. (2018). Keefektifan Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa SMA. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(2), 127–135. https://doi.org/10.21009/pip.322.5

Monica, S. R., Fitriani, W., & Masril, M. (2021). The Effect of Cognitive Behavior Therapy (CBT) Individual Settings to Recude Truancy Behavior. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 5(2), 119–132. https://doi.org/10.30598/jbkt.v5i2.1528

Nguyen, D. T., Wright, E. P., Dedding, C., Pham, T. T., & Bunders, J. (2019). Low Self-Esteem and Its Association with Anxiety, Depression, and Suicidal Ideation in Vietnamese Secondary School Students: A Cross-Sectional Study. Frontiers in Psychiatry, 10(1), 1–7. https://doi.org/10.3389/fpsyt.2019.00698

Refnadi, R. (2018). Konsep Self-Esteem serta Implikasinya pada Siswa. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 16–22. https://doi.org/10.29210/120182133

Sifiana, D. A., Supardi, S., & Setiawan, A. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing terhadap Pengembangan Self Esteem (Harga Diri) Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 32 Semarang. EMPATI-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2). https://doi.org/10.26877/empati.v6i2.4282

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana.

Yahya, Y., & Egalia, E. (2016). Pengaruh Konseling Cognitif Behavior Therapy (CBT) dengan Teknik Self Control untuk Mengurangi Perilaku Agresif Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 9 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. KONSELI?: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 133–146. https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.561

Yuliastini, N. K. S., & Mahaardhika, I. M. (2019). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Teknik Manajemen Diri untuk Meningkatkan Self-Esteem Siswa. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 4(1), 1. https://doi.org/10.26737/jbki.v4i1.78

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Budiasningrum, R. S. ., Utami, R. J. ., Mahendika, D. ., Vanchapo, A. R. ., Velyna, T. ., & Pranajaya, S. A. . (2023). MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA MELALUI PENDEKATAN COGNITIF BEHAVIOT THERAPY DENGAN TEKNIK SELF INSTRUCTION . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2748–2753. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/22143

Most read articles by the same author(s)