HAKIKAT PENDIDIKAN: MENGINTERNALISASIKAN BUDAYA MELALUI FILSAFAT KI HAJAR DEWANTARA DAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25898Keywords:
Hakikat Pendidikan, Budaya, Ki Hajar Dewantara, Nilai-Nilai PancasilaAbstract
Efektivitas integrasi konsep Ki Hajar Dewantara dan nilai-nilai Pancasila dalam sistem pendidikan, dengan kendala utama terletak pada implementasi praktis di tingkat kurikulum, pembelajaran, dan interaksi sehari-hari di lembaga pendidikan. Jenis Penelitian ini bersifat kualitatif, memfokuskan pada pemahaman mendalam terkait hakikat pendidikan dengan menginternalisasikan budaya melalui filsafat Ki Hajar Dewantara dan nilai-nilai Pancasila pada siswa. Pendekatan kualitatif dipilih untuk mengeksplorasi secara rinci konteks, nilai-nilai, dan pengalaman subjek penelitian.Metode wawancara, observasi, dan analisis dokumen dapat digunakan untuk merinci perspektif, sikap, dan respon siswa terhadap implementasi pendidikan berbasis filsafat Ki Hajar Dewantara dan nilai-nilai Pancasila. Pendekatan triangulasi data dari berbagai sumber ini dapat memberikan kekayaan informasi yang mendalam dan komprehensif terkait dampak filsafat Ki Hajar Dewantara dan nilai-nilai Pancasila pada pendidikan siswa. Hasil penelitian menunjukkan peran sentral konsep hakikat pendidikan Ki Hajar Dewantara sebagai fondasi utama dalam menginternalisasikan budaya melalui pendidikan. Pemahaman mendalam terhadap konsep ini menjadi landasan untuk mengarahkan upaya konkret dalam menginternalisasikan nilai-nilai budaya ke dalam siswa, sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan Ki Hajar Dewantara.References
Abdullah, M. (2020). Manajemen Pendidikan Kontemporer: Konstruksi Pendekatan Berbasis Budaya dan Kearifan Lokal. CV Cendekia Press.
Haliza, V. N., & Dewi, D. A. (2021). Pendidikan Kewarganegraan dalam Menjawab Tantangan Masa Depan Bangsa Ditengah Arus Globalisasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 1-8.
Handayani, P. A., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Pancasila Sebagai Dasar Negara. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 6-12.
Jogiyanto Hartono, M. (Ed.). (2018). Metoda pengumpulan dan teknik analisis data. Penerbit Andi.
Musanna, A. (2017). Indigenisasi Pendidikan: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(1), 117-133.
Nilamsari, N. (2014). Memahami studi dokumen dalam penelitian kualitatif. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 13(2), 177-181.
Prasetyo, I. (2012). Teknik analisis data dalam research and development. Jurusan PLS FIP Universitas Negeri Yogyakarta.
Purnama, H. I. (2019). Penguatan pendidikan karakter berbasis budaya literasi dasar. Yudha English Gallery.
Ridlwan, Z. (2011). Negara Hukum Indonesia Kebalikan Nachtwachterstaat. Fiat Justisia: Jurnal Ilmu Hukum, 5(2).
Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach). Deepublish.
Sari, I. N., Lestari, L. P., Kusuma, D. W., Mafulah, S., Brata, D. P. N., Iffah, J. D. N., ... & Sulistiana, D. (2022). Metode penelitian kualitatif. Unisma Press.
Shabartini, D. N., Hidayat, S., Jamaludin, U., & Leksono, S. M. (2023). Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dalam Penanaman Nilai-Nilai Multikultural Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 964-973.
Sugiarta, I. M., Mardana, I. B. P., & Adiarta, A. (2019). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur). Jurnal Filsafat Indonesia, 2(3), 124-136.
Thaariq, Z. Z. A., & Karima, U. (2023). Menelisik Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam Konteks Pembelajaran Abad 21: Sebuah Renungan dan Inspirasi. FOUNDASIA, 14(2), 20-36.
Widyalistyorini, D., Istiq'faroh, N., & Hendratno, H. (2023). Implementasi Teori Pendidikan Ki Hajar Dewantara: Tinjauan Praktik Pembelajaran dan Dampaknya pada Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar. Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya Indonesia (JISBI), 1(1), 36-43.
Zulfiati, H. M. (2019, June). Pendidikan Karakter Perspektif Ki Hadjar Dewantara Dalam Membentuk Generasi Unggul Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST (Vol. 1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rizal Noventue
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.