PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA MODERN

Authors

  • Rizal Fahmi UIN Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36715

Keywords:

Ki Hajar Dewantara, Pendidikan Karakter, Era Modern

Abstract

Pemikiran Ki Hajar Dewantara masih tetap relevan dan dapat diaplikasikan dalam pendidikan karakter, serta peluang yang bisa dimanfaatkan untuk penerapannya di era modern ini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dalam bentuk studi tokoh. Data penelitian ini diperoleh dari artikel jurnal ilmiah dan laporan hasil penelitian yang relevan dengan topik pemikiran Ki Hajar Dewantara dan pendidikan karakter. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1). Konsep Pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam Pendidikan Karakter di Era Modern adalah bahwa Pemikiran Ki Hajar Dewantara menekankan pendidikan karakter melalui prinsip ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, dan tut wuri handayani, serta konsep Tri Sentra Pendidikan yang melibatkan keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam membentuk karakter peserta didik secara menyeluruh. Relevansi Pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam Pendidikan Karakter di Era Modern adalah bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang ditawarkan Dewantara, seperti tanggung jawab, kemandirian, dan moralitas, tetap relevan dalam menghadapi tantangan era digital. Prinsip-prinsipnya membantu peserta didik memiliki landasan etis yang kuat di tengah arus globalisasi dan teknologi. Peluang dalam Mengimplementasi Pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang Pendidikan Karakter di Era Modern adalah bahwa era modern menyediakan peluang besar untuk menerapkan pemikiran Dewantara, dengan teknologi yang memfasilitasi kolaborasi keluarga, sekolah, dan masyarakat serta dukungan kurikulum berbasis nilai yang memperkuat pendidikan karakter bagi generasi muda

References

Abdi, M. (2018). The Implementation of Character Education in Kalimantan, Indonesia: Multi Site Studies. Dinamika Ilmu, 305-321. https://doi.org/10.21093/di.v18i2.1289

Abdullah, A., Waluyo, H., & Wardani, N. (2019). The Value of Social Care Character Education through Merindu Baginda Nabi. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal) Humanities and Social Sciences, 2(3), 493-501. https://doi.org/10.33258/birci.v2i3.459

Ainia, D. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95-101. https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525

Albany, D. (2021). Perwujudan Pendidikan Karakter pada Era Kontemporer Berdasarkan Perspektif Ki Hajar Dewantara. Jurnal Humanitas Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan, 7(2), 93-107. https://doi.org/10.29408/jhm.v7i2.3393

Astuti, K., & Arif, M. (2021). Kontekstualisasi Nilai-nilai Pendidikan Ki Hajar Dewantara di Era COVID-19. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(2), 202-207. https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i2.345

Hadi, R. (2015). The Integration of Character Values in the Teaching of Economics: A Case of Selected High Schools in Banjarmasin. International Education Studies, 8(7). https://doi.org/10.5539/ies.v8n7p11

Harun, M. (2024). Pendidikan Karakter Ki Hajar Dewantara dalam Konsep Merdeka Belajar. JEEJ, 4(2), 112-129. https://doi.org/10.37411/jeej.v4i2.2804

Hasibuan, A. (2024). Prinsip Pembelajaran Kurikulum Merdeka (Tinjauan Holistik Paradigma Ki Hajar Dewantara sebagai Pendekatan). Nusra Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 663-673. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i2.2287

Hidayati, O. (2017). Mapping Genealogy of Character Education in Indonesia: Ki Hajar Dewantara and Hamka as Preliminary Locus Study. https://doi.org/10.2991/yicemap-17.2017.25

Hunaepi, H. (2023). The Synergies between Educational Philosophy Streams and Ki Hajar Dewantara's Ideologies in the Merdeka Belajar Curriculum. Reflection Journal, 3(2), 49-63. https://doi.org/10.36312/rj.v3i2.1734

Ibrahim, T., & Hendriani, A. (2017). Kajian Reflektif tentang Etika Guru dalam Perspektif Ki Hajar Dewantara Berbalut Filsafat Moral Utilitarianisme. Naturalistic Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 135-145. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i2.12

Indartiningsih, D. (2023). Perspektif Glokal dalam Implementasi Teaching at the Right Level (TaRL) pada Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1984-1994. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7547

Intania, E., & Sutama, S. (2020). The Role of Character Education in Learning During the COVID-19 Pandemic. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(2), 129-136. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i2.32979

Kholiq, A. (2022). Strengthening Anticorruption Character at Elementary Schools in Indonesia: Study on Instructional Practices by In-Service Islamic Education Teachers. Al Ibtida Jurnal Pendidikan Guru MI, 9(2), 355. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v9i2.11579

Lilawati, J. (2017). Implementation of Character Education in Elementary School Students. https://doi.org/10.2991/aisteel-17.2017.102

Mahanani, P., Akbar, S., Kamaruddin, A., & Hussin, Z. (2022). Educational Analysis to Develop Character in Malaysia and Indonesia. International Journal of Instruction, 15(3), 377-392. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15321a

Marwah, S., Syafei, M., & Sumarna, E. (2018). Relevansi Konsep Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara dengan Pendidikan Islam. Tarbawy Indonesian Journal of Islamic Education, 5(1), 14. https://doi.org/10.17509/t.v5i1.13336

Mudana, I. (2019). Membangun Karakter dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 75-81. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21285

Musolin, M., & Nisa, K. (2021). Pendidikan Masa Pandemik COVID-19: Implementasi Konsep Tri Pusat Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4134-4144. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1316

Niyarci, N. (2022). Perkembangan Pendidikan Abad 21 Berdasarkan Teori Ki Hajar Dewantara. Pedagogika Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 2(1), 46-55. https://doi.org/10.57251/ped.v2i1.336

Nugroho, B. (2023). Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara: Basis dalam Merdeka Belajar untuk Mencetak Manusia Indonesia Berkarakter. Psiko Edukasi, 21(1), 28-40. https://doi.org/10.25170/psikoedukasi.v21i1.4374

Nurhalita, N., & Hudaidah, H. (2021). Relevansi Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara pada Abad ke-21. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 298-303. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.299

R, E., & Pandin, M. (2021). Analyzing the Importance of Character Education for Millennial Generations in the Digital Era. https://doi.org/10.20944/preprints202106.0348.v1

Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Social Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177-187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925

Rahmah, A., & Hudaidah, H. (2021). Ideologi Ki Hajar Dewantara tentang Konsep Pendidikan Nasional. Berkala Ilmiah Pendidikan, 1(2), 68-72. https://doi.org/10.51214/bip.v1i2.94

Romario, A. (2023). Ki Hajar Dewantara dan Pendidikan di Indonesia. Baitul Hikmah, 1(1), 52-60. https://doi.org/10.46781/baitul_hikmah.v1i1.753

Samho, B. (2015). Pendidikan Karakter dalam Kultur Globalisasi: Inspirasi dari Ki Hadjar Dewantara. Melintas, 30(3), 285-302. https://doi.org/10.26593/mel.v30i3.1447.285-302

Sugiarta, I., Mardana, I., Adiarta, A., & Artanayasa, W. (2019). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur). Jurnal Filsafat Indonesia, 2(3), 124-136. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i3.22187

Sulistyaningrum, F. (2023). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara sebagai Landasan Pendidik di Era Digital. Edukasi, 4(2), 2331-2336. https://doi.org/10.62775/edukasi.v4i2.538

Suryana, C., & Muhtar, T. (2022). Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara di Sekolah Dasar pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 6(4), 6117-6131. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3177

Suryantari, H. (2022). Exploring Character of Pancasila Students in the English Textbook for the Tenth Grade Senior High School Students. Journal of English Language Learning, 6(2), 229-243. https://doi.org/10.31949/jell.v6i2.3772

Zein, N. (2023). Mengurai Dasar Filosofis Pendidikan Ki Hajar Dewantara: Tinjauan Metaanalisis. Al-Abshar Journal of Islamic Education Management, 2(2), 190-207. https://doi.org/10.58223/al-abshar.v2i2.112

Zummi, N., Tomo, S., Sulistyosari, Y., & Indrahadi, D. (2020). Teaching Social Studies Education to Foster Civic Characters at the Secondary School in Indonesia: A Review. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200130.045

Downloads

Published

2024-10-28

How to Cite

Fahmi, R. . (2024). PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA MODERN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15445–15452. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36715