STATISTIK, DAN PERSANDIAN KOTA SEMARANG YANG RAMAH PENGGUNA: MENYEDERHANAKAN INTERAKSI DENGAN PEMERINTAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25353Keywords:
Revolusi Teknologi, Inovasi, Diskominfo, Peraturan Daerah Kota SemarangAbstract
Dalam era revolusi teknologi, pelayanan publik semakin mengalami transformasi signifikan untuk memenuhi tuntutan masyarakat yang semakin kompleks. Artikel ini membahas inovasi teknologi yang diimplementasikan oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Kota Semarang (Diskominfo Kota Semarang) dengan fokus pada menciptakan pelayanan yang ramah pengguna, menyederhanakan interaksi dengan pemerintah, dan memastikan partisipasi aktif masyarakat. Tujuan penelitian ini, mengidentifikasi bagaimana tingkat ketersediaan informasi publik di Kota Semarang melalui layanan yang disediakan oleh Diskominfo Kota Semarang, menjelaskan sejauh mana Diskominfo Kota Semarang memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik dan bagaimana keterkaitan antara inovasi teknologi dalam pelayanan tersebut dengan prinsip-prinsip hukum administrasi negara, seperti keadilan, kepastian hukum, dan perlindungan hak-hak warga. Analisis ini juga mempertimbangkan aspek-aspek hukum administrasi negara, seperti keadilan, kepastian hukum, dan perlindungan hak-hak warga, untuk menyoroti keterkaitan yang erat antara inovasi teknologi dan prinsip-prinsip administrasi publik yang berkeadilan. Ketiga bentuk layanan masyarakat ini sangat didukung oleh pemerintah sehingga dalam pelaksanaannya terdapat hukum yang mengatur dan mendasari layanan tersebut diantaranya Peraturan Daerah Kota Semarang Nomor 4 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pembentukan Produk Hukum Daerah, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 61 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.References
Ermansyah, E. R. (2023). Asas-Asas Hukum Administrasi Negara. AL WASATH Jurnal Ilmu Hukum, 3(2). https://doi.org/10.47776/alwasath.v3i2.616
Fazarusda, A., & Indrayani, H. (2020). Strategi Komunikasi Pelayanan Publik Melalui E-Government Di Pusat Pengelolaan Pengaduan Masyarakat (P3M) Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Media, Public Relations, Dan Komunikasi (IMPRESI), 1(1), 1. https://doi.org/10.20961/impresi.v1i1.41147
Hayat, S.AP., M. S. (2017). Manajemen Pelayanan Publik. Raja Grafindo Persada.
HR, R. (2016). Hukum Administrasi Negara. Rajawali Per.
Huda, I. H. N., Manar, D. G., & ... (2021). Implementasi Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik Di Kota Semarang Melalui Pusat Informasi Publik Kota Semarang. … of Politic and Government …, 14010114120024. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jpgs/article/view/31453%0Ahttps://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jpgs/article/download/31453/25621
Lestari, M. T., & Sasmita, L. A. (2020). Pemanfaatan Vlog dalam Penyampaian Informasi Publik Pemerintah Kota Semarang. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 147–164. https://doi.org/10.15575/cjik.v4i2.8758
Manalu, V., & Ardianto, H. T. (2020). Peran Pemerintah Kota Semarang dalam Koordinasi Multisektoral pada Implementasi Layanan Nomor Darurat Call Center 112 di Kota Semarang. Journal of Politic and Government Studies, 9(03), 91-100., 9(3), 1–14.
Melinda, B. V. (2022). Efektivitas Layanan Call Center 112 Dalam Meningkatkan Pelayanan Gawat Darurat Di Kota Semarang. Fakultas Manajemen Pemerintahan Program Studi Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan, 4(1), 1–9.
Permata, I. W., & Ali, A. (2023). Penerapan Smart City Kota Semarang dalam Penggunaan Robot sebagai Layanan Publik di Pemerintah Kota Semarang. E-Proceeding of Management, 10(1), 476–480.
phillips, m, H., Martosoeignjo, R. S. S., Basah, S., & Manan, B. (2022). Pengantar Hukum Administrasi Negara. GADJAH MADA UNIVERSITR PRESS.
Rahmawati, I., & Larasati, E. (2019). KOTA SEMARANG “SEMARANG DIGITAL KREATIF (SDK)” DI SEMARANG Oleh. 1–19.
Rohmah, N., Rina Herawati, A., & Afrizal, T. (2021). Evaluasi Responsi Vitas Sistem Penanganan Pengaduan Masyarakat Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang. Departemen Administrasi. https://fisip.undip.ac.id/
Saputra, O. T. (n.d.). … Wujud Keterbukaan Informasi Publik Di Dinas Komunikasi Informatika Statistik Dan Persandian Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah. Eprints.Ipdn.Ac.Id, 1–19. http://eprints.ipdn.ac.id/8242/%0Ahttp://eprints.ipdn.ac.id/8242/1/oktaf saputra jurnal.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Chika Fatika Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.