PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Authors

  • Dian Arisha Universitas Negeri Medan
  • Edy Surya Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24172

Keywords:

LKPD, Pendekatan STEM, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menghasilkan produk LKPD berbasis pendekatan STEM yang bersifat valid, praktis, efektif dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan mengacu kepada model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Swasta Al Washliyah 31 Medan yang berjumlah 20 peserta didik. Berdasarkan penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) LKPD berbasis pendekatan STEM yang dikembangkan dalam kategori valid dengan rata-rata penilaian oleh para ahli ditinjau dari construct validity sebesar 4,52 serta rata-rata penilaian oleh para ahli ditinjau dari content validity sebesar 4,80. (2) LKPD berbasis pendekatan STEM yang dikembangkan telah memenuhi kategori praktis ditinjau dari persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 90,22% dan rata rata penilaian pelaksanaan pembelajaran 4,79 serta persentase angket respon peserta didik terhadap penggunaan LKPD sebesar 84,2%. (3) LKPD berbasis pendekatan STEM yang dikembangkan memenuhi kategori efektif ditinjau dari persentase ketuntasan belajar sebesar 85%. (4) Diperoleh skor nilai N-gain sebesar 0,71, hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan kategori tinggi setelah menggunakan LKPD berbasis pendekatan STEM dalam pembelajaran

References

Arifanti, D. R., Thalhah, S. Z., & Mafidapuspadina. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis STEM untuk meningkatkan Kemampuan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2710 -2725.

Erlita, & Hakim, D. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mts Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar Segiempat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(4), 971-982.

Fithri, S., Ulfa, A., artika, W., & Hasanudin. (2021). Implementasi LKPD Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(4), 555-564.

Fitriana, A., & Ferdian, R. M. (2019). Analisis Berpikir Kritis Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(3), 92-96.

Ghazali, R. Y. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa SMP Berdasarkan Teori Belajar Ausubel. Phytagoras, 11(2), 182-192.

Hake, R. R. (2002). Relationship of individual student normalized learning gains in mechanics with gender, high-school physics, and pretest scores on mathematics and spatial visualization. Physics Education Research, 8(1), 1-14.

Hidayah, R. (2017). Critical Thinking Skill : Konsep dan Indikator Penilaian. Jurnal Taman Cendekia, 1(2), 127-133.

Hobri. (2021). Metodologi Penelitian dan Pengembangan (Aplikasi Pada Penelitian Pendidikan Matematika) : Edisi 2021. Jember: Pena Salsabila.

Judge, B., Jones, P., & McCreery, E. (2009). Critical Thinking Skills for Education Students. Southerhay East: Learning Matters.

Kosasih, E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kurniawan, H., & Susanti, E. (2021). Pembelajaran Matematika dengan STEM. Yogyakarta: Deepublish.

Lestari, D. A., Astuti, B., & Darsono, T. (2018). Implementasi LKS dengan pendekatan STEM (science, technology, engineering, and mathematics) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidkan Fisika dan Teknologi, 4(2), 202-207.

Mullis, I. V., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2016). TIMSS 2015 International Result in Mathematics. Boston College, TIMSS & PIRLS International Study Center.

Nieveen, N. (1999). Prototype to reach product quality. In J. B. van den Akker, Design approaches and tools in educational and training. (pp. 125-137). Dodrecht: Kluwer Academic Publisher.

Novitasari, Febriyanti, R., & Wulandari, I. (2022). Efektivitas LKS Berbasis Etnomatematika dengan Pendekatan STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(1), 57-66.

OECD. (2019). Programme For International Student Assesment (PISA) Result From Pisa 2018.

Pratama, B., & Mardiani, D. (2022). Kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mendapat model problem-based learning dan discovery learning. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika : PowerMathEdu, 1(1), 83-92.

Puspita, V., & Dewi, I. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86-96.

Rahmawati, L., Juandi, D., & Nurlaelah, E. (2022). Implementasi STEM dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis. Jurnal Pogram Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2002-2014.

Rismayanti, T. A., Anriani, N., & Sukirwan. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantu Kodular pada Smartphone untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematik, 6(1), 859-857

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Simatupang, H., Sianturi, A., & Alwardah, N. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pelita Pendidikan, 7(4), 170-177.

Tureni, D., Febriawan, A., & Fardha, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran STEM di Era Revolusi Industri 4.0 terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAN 5 Palu. Jurnal Kreatif Online, 9(3), 66-72.

Zakiah, L., & Lestari, I. (2019). Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran. Bogor: Erzatama Karya Abadi.

Downloads

Published

2024-01-09

How to Cite

Arisha, D. ., & Surya, E. . (2024). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 345–352. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24172