UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 1 MORO’O

Authors

  • Yertamina Waruwu Universitas Nias
  • Natalia Kristiani Lase Universitas Nias
  • Novelina Andriani Zega Universitas Nias
  • Agnes Renostini Harefa Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22199

Keywords:

Think Pair Share dan Hasil Belajar.

Abstract

Dasar penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh UPTD SMP Negeri 1 Moro'o yang menemukan permasalahan dalam  pembelajaran, penggunaan model pembelajaran yang kurang beragam sehingga hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini: (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran IPA siswa kelas VIII dengan menerapkan model Cooperative Learning Tipe Think Pairs Share. (2) Mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa kelas VIII yang menerapkan model Cooperative Learning Tipe Think Pairs Share. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (CSR). Penelitian ini dilakukan di UPTD SMP Negeri 1 Moro'o. Topik penelitiannya adalah kelas VIII-C semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024, jumlah siswa 27 orang. Alat penelitian yang digunakan: (1) Tempat observasi, (2) Wawancara, (3) Uji hasil kompetensi. Hasil penelitian  diperoleh: Hasil belajar siswa pada mata pelajaran alam sangat baik. Dengan demikian hasil angket siswa pada siklus 1 sebesar 48,51  masih buruk, sedangkan tingkat ketuntasan sebesar 37,03%, pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 80,74 dan nilai memuaskan sebesar 81,48% pada siklus II.

References

Wijaya, Hengki. (2021). Model Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Pendidikan Karakter. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Syam, Suhendi, dkk. (2022). Belajar Dan Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Wardana & Djamuliddin. (2021). Belajar Dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV. Kaafah Learning Center.

Lestari & Yudhnegara. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang: PT Refika Aditama.

Puspitasari, Sri. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think PairShare. Jurnal Global Edukasi.

Kurniasih, Devi. (2018). Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA.

Lase, Natalia Kristiani. (2020). Analisis Pengetahuan Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi IKIP Gunungsitoli Tentang Peralatan Laboratorium Dan Fungsinya. Jurnal Ilmiah Pendidikan.

Lase, Natalia Kristiani. (2022). Deskripsi Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan

Dakhi, Agustin Sukses. (2020). Peningkatan Hasil Belajar. Jurnal Education And Development.

Rosdi, Imra. (2020). Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think PairShare (TPS).Indonesian Journal Of Science Education.

Yusuf, Bistar Basuni. (2018). Konsep Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuwan.

Natalia Kristiani Lase & Nurlina Zai. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching And Learning Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Di Kelas Viii Smp Negeri 3 Idanogawo. Jurnal Minda.

Lase, Natalia Kristiani. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Potensi Lokal Pada Mata Pelajaran Biologi SMA Kelas XII. UNIMED.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Waruwu, Y. ., Lase, N. K. ., Zega, N. A. ., & Harefa, A. R. (2023). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 1 MORO’O. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3770–3774. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22199

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2