PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA OPERASI HITUNG PECAHAN PENJUMLAHAN PECAHAN CAMPURAN DENGAN PECAHAN BIASA PADA SISWAKELAS VI SDN 007 KEPENUHAN HULU KABUPATEN ROKAN HULU

Authors

  • Darusman Darusman SD NEGERI 007 KEPENUHAN HULU

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.22177

Keywords:

Problem Based Learning, Matematika, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran metematika operasi hitung pecahan penjumlahan pecahan campuran dengan pecahan biasa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) . Pelaksanaan PTK dilaksanakan sesuai dengan jadwal pelajaran yang kelas VI SD 007 Kepe- nuhan Hulu. penelitian dalam 2 siklus. Di siklus I penulis mem- persiapkan RPP dan alat peraga dengan model SCL ( Student Centered Learning ), se-dangkan di siklus II penulis mempersiapkan RPP dan alat peraga alami dan media serta vedio pembelajaran terkait materi dengan model PBL (Problem Based Learning) Maka perbandingan siklus I ke siklus II jauh peningkatannya, Pecapaian di sklus I yaitu 62,9 % dan di siklus II mengelami peningkatan drastic 89,4 %.

References

Andika,I(2017).Pengaruh Pendekatan Kontektual Berbantuan Media Konkret Terhadap hasil matematika dengan kovariabel kemampuan Numerik Pada siswa kelas VI “E-Journal PGSD Universitas Genesha” Volume 5 Nomor 2

Arikunto,S(2013) prosedur Penelitia : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rine ka Cipta.Aris Shoimin.(2014) Model Inovatif Kurikulum 2013.Yogya karta :AR-Ruz-media.

Ariswati & Murda (2018) pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Lear- Ning (PBL) berbantuan media question card terhadap hasil belajar IPS Siswa kelas v SD.Ejournal PGSD Universitas Mimbar.6(1),31-41 Abdurrozak,R.,& Jayadinata A.K (2016) model Problem Based Lear – Ning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.

Jurnal Pena Ilmiah,1(1),871-880. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3580

Dewiyanti,N.K.(2018) Pengaruh Model Belajar Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Permainan Ular Tangga terhadap hasil Belajar Matema- tika . Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran,2(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13977

Afifah A N, Nur Ilmiyati dan Toto.2019 Model Project Based Learning (PBL) Ber Basis Stem Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Ketrampil - Berpikir Kritis Siswa.Jurnal pendidikan dan Biologi11(2).tersedidaLamhttps://www.jurnal.uniku.ac.id/index.php/quagga/article/view/1910/pdf Anisa, A.2017.Meningkatkan berpikir kritis peserta didik melalui pemebelajaan IPA Berbasis potensi local Jepara. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 3 (1) tersedia dalam https://journal,uni.id/index.php/jipi/article/view/8607/9525

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Darusman, D. (2023). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA OPERASI HITUNG PECAHAN PENJUMLAHAN PECAHAN CAMPURAN DENGAN PECAHAN BIASA PADA SISWAKELAS VI SDN 007 KEPENUHAN HULU KABUPATEN ROKAN HULU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 722–724. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.22177