UPAYA MENINGKATKAN KREATIFITAS GURU DALAM MENGGALI KECERDASAN ANAK USIA DINI MELALUI KARYA INOVATIF “LAP BOOK” DI TK TUNAS SAWIT INDAH

Authors

  • Helna Sari TK TUNAS SAWIT INDAH

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.22088

Keywords:

Kreatifitas , kecerdasan, Karya Inovatif

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk menemukan program yang tepat untuk meningkatkan kemampuan kecerdasan guru dalam menggali kecerdasan anak usia dini melalui karya inovatif Lap Book pada Taman Kanak-kanak Tunas Sawit Indah dan dapat memberikan inspirasi bagi Taman Kanak-kanak maupun pendidik serta orang tua murid untuk meningkatkan kecerdasan anak usia dini melalui karya inovatif “Lap Book” Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif (deskriptif) terhadap kecerdasan anak melalui melalui karya inovatif “Lap Book”, disini tidak hanya anak yang meningkatkan kemampuan kecerdasan namun orang tua juga terpacu karena pada anak usia dini, respon pertama dari sebuah kegiatan adalah orang tua yang harus melakukan terlebih dahulu. Jumlah keseluruhan subjek penelitian adalah 6 guru. Data penelitian berbentuk observasi, dokumentasi, dan wawancara langsung terhadap anak, guru, dan orang tua. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan cara dan program yang berbeda pada siklus 1 dan siklus 2, sehingga dapat disimpulkan bahwa karya inovatif Lap Book sangat membantu penulis dalam Penelitian Tindakan Kelas ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan “Lap Book” dapat meningkatkan kreatifitas guru. Adapun hasil yang dicapai oleh guru guru cukup memuaskan yaitu memiliki kenaikan 95% dari total keseluruhan pada siklus 2.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Renika Cipta.

Byrnes, (2009). Menumbuh Kembangkan Anak Usia Dini. Surabaya : Grasindo

Caroll Seefeldt dan Barbara A.Wasik (2008: 81). Pendidikan Anak Usia Dini: Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat dan Lima Tahun Masuk Sekolah : Indeks.

Departemen Pendidikan Nasional. (2009). Standar Pendidikan Anak Usia Dini, (Salinan Permendiknas RI No. 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini).

Iskandar. (2011). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : GP Press.

Listyarti, Retno. (2012). Pendidikan Karakter, Dalam Metode Aktif, Inovatif, Dan Kreatif.

Jakarta : Erlangga.

Maria Montessori. (1870-1952). A Modern Approach. USA : Published by Knopf Doubleday Publishing.

Mcelmeel, Sharron L, (2002). Character education, A Book Guide For Theacher, Librarians, And Parents, Teacher Ideas Press, Greenwood Village, Colorado.

Moeslichatoen R. (2004). Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Rineka Cipta.

Rohman, Muhammad. (2012). Kurikulum Berkarakter, (Refleksi Dan Proposal Solusi Terhadap KBK Dan KTS

P). Jakarta : Prestasi Pustakaraya.

Saptono. (2011). Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter (Wawasan, Strategi Dan Langkah Praktis). Jakarta : Erlangga.

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini (Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya). Jakarta : Prenada Media Group.

Iimazizah. (2012). www.iimazizah.wordpress.com/2012/12/18/ Kemampuan kecerdasan. (Online) Diakses tanggal 14 November 2013.

Campbell, L., Campbell, B. dan Dickinson, D. (1996). Teaching & Learning Through Multiple Intelligences. Needham Heights, Massachusetts: A Simon & Schuster Company.

Peraturan Menteri Nomor 58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Seefeldt, C., Castle, S. dan Falconer, R. C. (2005). Social Studies for the Preschool/Primary Child. (Eighth edition). USA: Pearson Education Inc.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Warner, L. dan Lynch S. A. (2006). Mengelola Kelas Prasekolah.: 150 teknik yang sudah teruji oleh para guru. (Penterjemah: Widyananto Sutanto). Jakarta: PT. Penerbit Erlangga.

Winkel S. J., W. S. (2009). Psikologi Pengajaran. (Cetakan ke-10).Yogyakarta: Media Abadi.

Yamin, Martinis dan Sanan, Jamilah Sabri. (2013). Panduan PAUD. (Cetakan ke-1). Jambi: Gaung Persada Press Group.

Yus, Anita. (2012a). Model Pendidikan Anak Usia Dini. (Cetakan ke-2). Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Yusuf L. N., Syamsu dan Sugandhi, Nani M. (2012). Perkembangan Peserta Didik. (Cetakan ke-3). Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Sari, H. . (2023). UPAYA MENINGKATKAN KREATIFITAS GURU DALAM MENGGALI KECERDASAN ANAK USIA DINI MELALUI KARYA INOVATIF “LAP BOOK” DI TK TUNAS SAWIT INDAH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 699–703. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.22088