PENINGKATAN PENGETAHUAN IBU DENGAN EDUKASI BOOKLET STIMULASI TUMBUH KEMBANG BALITA

Authors

  • Nafilah Nafilah Universitas Muhammadiyah Kendal Batang
  • Eliyana Eliyana Universitas Muhammadiyah Kendal Batang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21904

Keywords:

, Balita, Edukasi, Pengetahuan, Booklet

Abstract

Usia balita merupakan periode emas (Golden Period) pertumbuhan dan perkembangan anak, masa dimana anak mengoptimalkan kemampuan baik motorik kasar, motorik halus, komunikasi, sosialisasi bahkan emosionalnya. Pengetahuan orang tua khususnya ibu terkait pemberian stimulasi menjadi hal penting guna meningkatkan tumbuh kembang anak. Peningkatan pengetahuan ibu dapat dilakukan dengan pemberian edukasi menggunakan media peraga, salah satunya booklet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas edukasi tentang stimulasi tumbuh kembang balita menggunakan booklet. Sebanyak 20 ibu yang memiliki balita terlibat sebagai sampel penelitian ini. Desain kuantitatif dengan quasi eksperimen pretest-postest grup digunakan sebagai desain penelitian. Proses edukasi dilakukan sebanyak 3x dalam periode waktu satu bulan. Pengukuran pengetahuan menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji Paired T-test. Penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan sebesar 6.7% pada ibu setelah diberikan edukasi. Peningkatan pengetahuan pada ibu menjadi faktor penting dalam upaya optimalisasi pertumbuhan dan perkembangan anak, ibu yang memiliki tingkat pengetahuan baik akan dapat memberikan stimulasi yang sesuai dan memantau perkembangan anaknya serta mampu mendeteksi jika terjadi keterlambatan dalam proses perkembangan kemampuan. Kontribusi kader, keluarga dan masyarakat diperlukan sebagai bentuk dukungan sosial untuk mencapai kesehatan anak yang optimal.

References

Arafah, S., Hartaty, N., Arnita, Y., Program Studi Profesi Ners, M., Keperawatan Universitas Syiah Kuala, F., Keilmuan Keperawatan Keluarga, B., & Keperawatan, F. (2022). Perawatan Masalah Gizi Seimbang Dan Tumbuh Kembang Pada Balita: Suatu Studi Kasus. Jim.Unsyiah.Ac.Id, 1, 41–47. Http://Www.Jim.Unsyiah.Ac.Id/Fkep/Article/View/19693

Asriadi, Risna, & Usman. (2021). An Intervention Study In Healthy Booklet Of Child Under Five Years In Baubau City. Miracle Journal Of Public Health, 4(2), 132–143. Https://Doi.Org/10.36566/Mjph/Vol4.Iss2/248

Brahmani, I. A. M., Laksmi, I. G. A. P. S., & Jayanti, D. M. A. D. (2023). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Tumbuh Kembang Dengan Perkembangan Anak Usia 1-2 Tahun Di Uptd Puskesmas Klungkung Ii. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 14(01), 25–32. Https://Doi.Org/10.34305/Jikbh.V14i01.709

Cumayunaro, A., Dephinto, Y., Herien, Y., Ranah Minang Padang, Stik., & Fakultas Keperawatan, I. (2020). Pendidikan Kesehatan Dengan Media Booklet Terhadap Perilaku Ibu Dalam Melakukan Deteksi Dini Tumbuh Kembang (Ddtk) Pada Anak. Ners: Jurnal Keperawatan, 16(1), 18–26.

Hiqma, F., Munir, Z., & Sholehah, B. (2023). Pengaruh Tingkat Pengetahuan Ibu Berkarier Dan Tidak Berkarier Terhadap Tumbuh Kembang Anak Pada Usia Toddler. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 5(1), 305–314. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37287/Jppp.V5i1.1326

Indrayani, D., Legiati, T., & Hidayanti, D. (2019). Kelas Ibu Balita Meningkatkan Pengetahuan Dan Keterampilan Ibu Dalam Stimulasi Tumbuh Kembang. Jurnal Kesehatan Prima, 13(2), 115–121. Https://Doi.Org/10.32807/Jkp.V13i2.240

Kemenkes Ri. (2018). Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Kementrian Kesehatan Ri, 53(9), 1689–1699.

Muswita, M., Yelianti, U., & Murni, P. (2020). Efektifitas Media Booklet Terhadap Pengetahuan Jenis Tumbuhan Paku Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi. Biodik, 7(2), 23–32. Https://Doi.Org/10.22437/Bio.V7i2.12328

Mutalib, R. H. ., & Maqfiro, S. N. A. . (2022). Pemanfaatan Media Booklet Sebagai Optimalisasi Peran Kader Posyandu Bagi Anak Golden Age Period. Jurnal Empathy Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).

Novitasari, N., Setiawan, A., Wijaya, E., & Surjono, E. (2022). Gambaran Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Stimulasi Dini Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Dan Personal Sosial Anak Di Jabodetabek. Damianus Journal Of Medicine, 2(2), 166–174. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.25170/Djm.V21i2.3409

Okiningrum, A. R., Woro, O., Handayani, K., Gizi, P. S., Ilmu, J., Masyarakat, K., Keolahragaan, F. I., & Semarang, U. N. (2023). Efektivitas Penggunaan Media E-Booklet Gizi Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Gizi Seimbang ( Studi Di Smp Setiabudhi Semarang ). 03, 22–29.

Rahmawati, U., Subandriani, D. N., & Yuniarti, Y. (2020). Pengaruh Penyuluhan Dengan Booklet Terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap Dan Praktik Higiene Perorangan Pada Penjamah Makanan. Jurnal Riset Gizi, 8(1), 6–10. Https://Doi.Org/10.31983/Jrg.V8i1.5226

Ramadhanti, C. A., Adespin, D. A., & Julianti, H. P. (2019). Perbandingan Penggunaan Metode Penyuluhan Dengan Dan Tanpa Media Leaflet Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Tentang Tumbuh Kembang Balita. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 8(1), 99–120.

Raodah, Sitti Nur Djannah, & Lina Hadayani. (2023). Efektivitas Media Edukasi Booklet Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Balita Stunting Aceh. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (Mppki), 6(5), 931–937. Https://Doi.Org/10.56338/Mppki.V6i5.3153

Riyana, E., Solfiah, Y., & Chairilsyah, D. (2020). Pengembangan Video Animasi Terhadap Pengetahuan Konsep Pola Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 255–263. Https://Doi.Org/10.31004/Jrpp.V3i2.1230

Saputri, M., Chundrayetti, E., & Deswita, D. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Booklet Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Ibu Tentang Stimulasi Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah Di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(3), 1361. Https://Doi.Org/10.33087/Jiubj.V21i3.1747

Syahailatua, J., & Kartini, K. (2020). Pengetahuan Ibu Tentang Tumbuh Kembang Berhubungan Dengan Perkembangan Anak Usia 1-3 Tahun. Jurnal Biomedika Dan Kesehatan, 3(2), 77–83. Https://Doi.Org/10.18051/Jbiomedkes.2020.V3.77-83

Wahidah, W. (2023). Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Dengan Pemberian Obat Cacing Pada Anak Balita (Usia 1-5 Tahun) Di Kelurahan Kandai Ii. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 502–508.

Yousafzai, A. K., Obradovi?, J., Rasheed, M. A., Rizvi, A., Portilla, X. A., Tirado-Strayer, N., Siyal, S., & Memon, U. (2016). Effects Of Responsive Stimulation And Nutrition Interventions On Children’s Development And Growth At Age 4 Years In A Disadvantaged Population In Pakistan: A Longitudinal Follow-Up Of A Cluster-Randomised Factorial Effectiveness Trial. The Lancet Global Health, 4(8), E548–E558. Https://Doi.Org/10.1016/S2214-109x(16)30100-0

Yusuf, B. S., Pramesti, D. S., Larasati, D. A., Utami, D., Asri, D. A., Sativani, Z., & Syakib, A. (2022). Deteksi Dini Tumbuh Kembang Dan Stimulasi Motorik Pada Balita Berbasis Masyarakat Dalam Kegiatan Fisioterapi Komunitas Di Desa Lulut Kabupaten Bogor. Jurnal Pengabdian Masyarakat Fisioterapi Dan Kesehatan Indonesia, 1(1), 55–61.

Zablotsky, B., Black, L. I., & Blumberg, S. J. (2017). Estimated Prevalence Of Children With Diagnosed Developmental Disabilities In The United States, 2014-2016. Nchs Data Brief, 291, 1–8.

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Nafilah, N., & Eliyana, E. (2023). PENINGKATAN PENGETAHUAN IBU DENGAN EDUKASI BOOKLET STIMULASI TUMBUH KEMBANG BALITA . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2397. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21904