INTENSITAS PEMBIASAAN POSITIF DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DI KOBER AN-NAJAH, PURWAKARTA

Authors

  • Qurrotul Aeni Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hayani Wulandari Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21794

Keywords:

Pembiasaan, Kemandirian, Anak usia dini

Abstract

Pembiasaan menjadi salah satu cara dalam meningkatkan kemandirian anak. Kemandirian menjadi proses perkembangan seseorang menuju kedewasaan. Pada era sekarang banyak hal ditemukan dimana anak sulit makan sendiri, memakai baju sendiri, mengendalikan emosi dan hal lain. Penelitian ini bertujuan menggambarkan hasil dari pembiasaan positif yang dilakukan guru pada proses pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian anak. Penelitian ini, melibatkan guru dan orangtua dari Kober An-Najah, Purwakarta. Populasi yang dilakukan sebanyak 18 anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan, yaitu lembar observasi dengan 7 indikator kemandirian. 7 indikator kemandirian yaitu, 1) Kemampuan fisik, 2) Percaya diri, 3) Bertanggung jawab, 4) Disiplin, 5) Pandai bergaul 6) Saling berbagi dan 7) Mengendalikan emosi. Hasil dari penelitian menunjukkan pembiasaan positif yang dilakukan guru meningkatkan kemandirian anak.

References

Ambarwati, A. and Purwanto , P. (2022). Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK). 4, 6 (Dec. 2022), 9626–9635

Anggraeni, A. . (2017). Kompetensi kepribadian guru membentuk kemandirian anak usia dini. Studi kasus di TK Mutiara, Tapos Depok. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i2.1529

Chairilsyah, D. (2019). Analisis kemandirian anak usia dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(01), 88-98.

Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik; Panduan Bagi Orang Tua Dan Guru Dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP,dan SMA. Bandung : Rosda Karya

Fauziddin, M., & Mufarizuddin. (2018). Useful of clap hand games for optimalize cogtivite aspects in early childhood education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76

Hasibuan, R., & Suryana, D. (2021). Pengaruh Metode Eksperimen Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1169–1179. https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i3.1735

Hewi, La. (2015). Kemandirian Usia Dini di Suku Bajo. Jurnal Pendidikan Usia Dini: 9 (1): 76-81.

Irawati. (2003). Intensitas Komunikasi. Jakarta : Raja Grafindo Jakarta.

Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak usia dini. Jurnal Golden Age : Jurnal pendidikan anak usia dini. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739

Lailatus, S., & Sulthoni, Y. (2018). Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1.

Lestari, S., & Fathiyah, K. N. (2023). Analisis Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemandirian pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 398-405. DOI: 10.31004/obsesi.v7i1.3693

Mansur, A. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Wahyu. Jakarta: Gaung Persada.

Mansur, Muslich. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Martinis, Yamin dan Sannan, Jamilah Sabri. (2013). Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: GP Press.

Mulyasa. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara

Patriana, P. (2007). Hubungan antara kemandirian dengan motivasi bekerja sebagai pengajar les privat pada mahasiswa Semarang. Skripsi. Semarang : Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.

Rahma, Utami, Dwi Ade & Hapidin. (2016). Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di Komunitas Lingkungan Pemulung. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI: 11(1).

Rukminingsih, dkk. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : Erhaka Utama

Purmadi, A. (2016). Hubungan intensitas belajar terhadap prestasi belajar fisika siswa SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 1(2), 77-85

Satriyana, A., Syafri, F., & Akbarjono, A. (2022). Evaluasi pembelajaran anak usia dini pada masa belajar dari rumah di kota bengkulu. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5897–5912. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.1633

Soepriyanto, dkk . (2018). Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di Sekolah Dasar. Malang : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kualitatif. Penerbit : Alfabeta

Sulthoni. (2016). Penanaman Nilai – Nilai Budi Pekerti di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar, 100 -108, http://journal2.um.ac.id

Suyono & Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Undang – Undang RI Nomor 20 Tahun (2003) tentang Sistem Pendidikan Nasional. Direktorat Jendral Kelembagaan IPTEK & DIKTI.

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Aeni, Q. ., & Wulandari, H. . . (2023). INTENSITAS PEMBIASAAN POSITIF DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DI KOBER AN-NAJAH, PURWAKARTA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2529–2534. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21794