PERAN GURU DALAM PERKEMBANGAN EMOSI PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Dio Ivanca Salsabila Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hayani Wulandari Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21932

Keywords:

Perkembangan Emosi, Anak Usia Dini, Peran Guru

Abstract

Perkembangan emosi yang terjadi pada anak usia dini merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Keterhambatan perkembangan emosi dapat menimbulkan berbagai masalah pada anak, seperti kesulitan dalam beradaptasi, bersosialisasi, bahkan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam mengenai peran guru dalam perkembagan emosi anak. penelitian ini mengembil sampel guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang diperoleh datanya melalui kuesioner tertutup. Studi literatur dengan pendekatan kualitatif menjadi metode yang diangkat pada penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru dalam perkembangan emosi anak tidak hanya sekedar sebagai pendidik namun sebagai model, motivator, dan evaluator. Selain peran guru, lingkungan keluarga, sekolah dan luar rumah juga berperan dalam perkembangan emosi anak usia dini. Lingkungan yang kondusif akan mendukung perkembangan emosi anak secara optimal.

References

Baidah, A. (2019). Strategi Guru Dalam Membina Perkembangan Emosi Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Dialek Yang Baik Di Tk Negeri Pembina Kecamatan Belo. eL-Muhbib: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 3(2), 169-183.

Basset, H.H, Curby, T, Denham, S.A & Morris, C.A. (2013). Relations Among Teachers’ Emotion Socialization Beliefs and Practices and Preschoolers’ Emotional Competence. Early Education and Development.

Bellas, V.M. (2009). Emotion In The Classroom: A Theory-Based Exploration Of Teachers' Emotion Socialization Beliefs And Behaviors. ProQuest LLC.

Buchari, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106.

Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. 04(1).

Hadi, I. A. (2017). Pentingnya Pengenalan Tentang Perbedaan Individu Anak Dalam Efektifitas Pendidikan. INSPIRASI: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(1), 71-92.

Hanafi, I., & Sumitro, E. A. (2019). Perkembangan Kognitif Menurut Jean Piaget Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 87-93.

Jihad, A. (2013). Menjadi guru profesional: Strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Penerbit Erlangga.

Juhji, J. (2016). Peran Urgen Guru dalam Pendidikan. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 10(01), 51-62.

Khoiruddin, M. A. (2018). Perkembangan Anak Ditinjau dari Kemampuan Sosial Emosional. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 425-438.

Lee, V. E., & Burkam, D. T. (2002). Inequality at the starting gate: Social background differences in achievement as children begin school. Washington, DC: Economic Policy Institute.

Maemunawati, S., & Alif, M. (2020). Peran guru, orang tua, metode dan media pembelajaran: strategi kbm di masa pandemi covid-19. 3M Media Karya.

Martani, W., & Psikologi, F. (2012). Metode Stimulasi Dan Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi, 39(1), 112-120.

Mashar, R. (2015). Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Kencana.

Menteri Pendidikan Nasional. 2009. Salinan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 58 Tahun 2009, tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini

Mulyani, N. (2013). Perkembangan Emosi dan Sosial Pada Anak Usia Dini. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 18(3), 423-438.

Muzzamil, F. (2021). Pengaruh Lingkungan Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak. MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02).

Ndari, S. S., Vinayastri, A., & Masykuroh, K. (2019). Metode Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini. Edu Publisher.

Rahman, M. H., Kencana, R., & NurFaizah, S. P. (2020). Pengembangan Nilai Moral Dan Agama Anak Usia Dini: Panduan Bagi Orang Tua, Guru, Mahasiswa, Dan Praktisi PAUD. Edu Publisher.

Sukatin, S., Chofifah, N., Turiyana, T., Paradise, M. R., Azkia, M., & Ummah, S. N. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77–90.

Wandansari, Y. (2020). Peran Sosialisasi Emosi Oleh Ibu & Ayah Terhadap Regulasi Emosi Anak Usia Dini. EXPERIENTIA: Jurnal Psikologi Indonesia, 7(2), 54-64.

Wiyani, Novan Ardy. 2012. Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia. Ciputat: Referensi

Zed, Mestika. 2014. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Zein, M. (2016). Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran.

Downloads

Published

2023-12-12

How to Cite

Salsabila, D. I. ., & Wulandari , H. . (2023). PERAN GURU DALAM PERKEMBANGAN EMOSI PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3182–3188. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21932