PERAN ORANG TUA DALAM MENGHADAPI KASUS PERUNDUNGAN MELALUI KOMUNIKASI POSITIF PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Saskia Rahma Setiawati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hayani Wulandari Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22335

Keywords:

Bullying, Komunikasi Positif, Orang Tua, Anak

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kasus bullying yang terjadi pada anak-anak di sekolah maupun lingkungannya, yang dimana kasus perundungan ini adalah hal yang serius oleh sebab itu memerlukan tindakan khusus. Bullying adalah suatu perilaku agresif yang hendak merusak, mengganggu dan membahayakan kondisi fisik dan emosional anak. Tujuan dari bullying adalah mendominasi kekuasaan atas diri anak. Akibat dari kasus bullying sangat menimbulkan trauma mendalam pada diri anak korban bullying. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam melakukan komunikasi positif pada anak dalam menyikapi bullying. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwasanya komunikasi positif dari orang tua pada anak sangat penting dalam pembentukan karakter anak. Komunikasi positif dari orang tua  perlu ditanamkan kepada anak terutama dari usia dini yang mana hal tersebut akan memberikan dampak positif pada anak, anak akan menjadi lebih percaya diri, mempunyai sikap peduli, mempunyai kekuatan dalam dirinya terutama pada lingkungannya. Dalam menyikapi kasus perundungan alangkah baiknya jika orang tua memberikan dorongan kepada anak melalui komunikasi positif yang membuat anak merasa aman.

References

Anggraeni, Dwiyani, and Azimatur Rahmi. “Pandangan Orang Tua Anak Usia Dini Terhadap Bullying Atau Perundungan.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 2 (2022): 16808–14.

Aswat, Hijrawatil, Mitra Kasih La Ode Onde, and Beti Ayda. “Eksistensi Peranan Penguatan Pendidikan Karakter Terhadap Bentuk Perilaku Bullying Di Lingkungan Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 5 (2022): 9105–17.

Ayuni, Despa. “Pencegahan Bullying Dalam Pendidikan Anak Usia Dini.” Journal of Education Research 2, no. 3 (2021): 93–100.

Azzahra, Aning, and Ahmad Liana Amrul Haq. “Intensi Pelaku Perundungan (Bullying): Studi Fenomenologi Pada Pelaku Perundungan Di Sekolah.” Psycho Idea 17, no. 1 (2019): 67–76.

Bili, Fransiskus Ghunu, and Sugito Sugito. “Perspektif Orang Tua Tentang Perilaku Bullying Anak TK: Ditinjau Dari Tingkat Pendidikan.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2020): 1644–54.

Dewi, NK Yessi Shinta, and LA Tirtayani. “Pengaruh Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Pemahaman Bullying Pada Anak Di TK.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3, no. 3 (2023): 7080–95.

Fikriyah, Samrotul, Annisa Mayasari, Ulfah Ulfah, and Opan Arifudin. “Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying.” Jurnal Tahsinia 3, no. 1 (2022): 11–19.

Junita, Nursan, and Hafnidar Hafnidar. “Pembentukan Komunitas Perlindungan Kekerasan Pada Anak Dan Implementasi Kegiatan.” Gotong Royong: Jurnal Pengabdian, Pemberdayaan Dan Penyuluhan Kepada Masyarakat 1, no. 2 (2022): 37–42.

Komaruddiansyah, Muhammd Arrifky. “Perlindungan Hak Asasi Manusia Di Lingkungan Sekolah.” Konstruksi Sosial: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial 2, no. 3 (2022): 80–86.

Lu’luin, Najwa, Menik Aryani, Muhamad Suhardi, Ary Purmadi, And Eneng Garnika. “Sosialisasi Pencegahan Perilaku Bullying Melalui Edukasi Pendidikan Karakter Dan Pelibatan Orang Tua.” Community: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 1 (2023): 13–17.

Metha, Shaffa. “Pertanggung Jawaban Pidana Atas Tindakan Perundungan Fisik Oleh Pelaku Anak Di Bawah Umur.” Das Sollen: Jurnal Kajian Kontemporer Hukum Dan Masyarakat 1, no. 02 (2023).

Novianti, Ria. “Orang Tua Sebagai Pemeran Utama Dalam Menumbuhkan Resiliensi Anak.” Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial 7, no. 1 (2018): 26–33.

Nuraeni, Nuraeni, and I Made Sonny Gunawan. “Penyuluhan Stop Bullying Sebagai Upaya Pencegahan Perilaku Perundungan Yang Terjadi Pada Siswa Di Sekolah.” Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6, no. 2 (2021): 64–68.

Plexousakis, Stefanos Stylianos, Elias Kourkoutas, Theodoros Giovazolias, Kalliopi Chatira, and Dimitrios Nikolopoulos. “School Bullying and Post-Traumatic Stress Disorder Symptoms: The Role of Parental Bonding.” Frontiers in Public Health 7 (2019): 75.

Psi, S. “Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Anak Yang Mengalami Post Traumatic Stress Disorder Akibat Bullying.” Psikologi Parenting 101 (2021).

Rahayu, Sri Setiyo, and Dea Pingkan Nugraeni. “Dampak Perilaku Bullying Dan Peran Penting Satuan PAUD Dalam Upaya Pencegahan Bullying Pada Anak Usia Dini.” Sentra Cendekia 4, no. 3 (2023): 145–52.

Rahmawati, Sri W. “Peran Pengasuhan Holistik Terhadap Altruisme Dan Bullying.” Humanitas 14, no. 1 (2017): 10.

Ramadhanti, Ramadhanti, and Muhamad Taufik Hidayat. “Strategi Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (2022): 4566–73.

Rigianti, Henry Aditia. “PENYULUHAN PADA ORANGTUA MENGENAI PERILAKU BULLYING DI SEKOLAH.” Indonesian Journal Of Community Service 3, no. 2 (2023): 69–74.

Sigalingging, Oktavia Purnamasari, and Motlan Gultom. “Peranan Orang Tua Dalam Mengatasi Perundungan (Bullying) Pada Anak.” Jpm-Unita (Jurnal Pengabdian Masyarakat) 1, no. 1 (2023): 26–32.

Tang, Indo, Wido Supraha, and Imas Kania Rahman. “Upaya Mengatasinya Perilaku Perundungan Pada Usia Remaja.” Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 14, no. 2 (2020): 93–101.

Tobing, Jessica Angeline De Eloisa, and Triana Lestari. “Pengaruh Mental Anak Terhadap Terjadinya Peristiwa Bullying.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 1 (2021): 1882–89.

Vinayastri, Amelia, Dini Nadiyah, and Sarah Nabila. “RANCANGAN INSTRUMEN DETEKSI DINI PERUNDUNGAN PADA ANAK USIA DINI.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini 10, no. 1 (2023): 1–8.

Wulandari, Hayani, and Sri Ade Ningsih. “Penguatan Pendidikan Karakter Sejak Dini Untuk Melawan Aksi Bullying Era Revolusi 5.0.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3, no. 2 (2023): 14773–87

Downloads

Published

2023-12-11

How to Cite

Saskia Rahma Setiawati, & Wulandari, H. . (2023). PERAN ORANG TUA DALAM MENGHADAPI KASUS PERUNDUNGAN MELALUI KOMUNIKASI POSITIF PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3100–3106. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22335