PENGARUH PELATIHAN PENDIDIKAN E-MARKETING TERHADAP KETERAMPILAN DIGITAL PELAKU UMKM DI KABUPATEN KAMPAR

Authors

  • Efti Novita Sari Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21728

Keywords:

E-Marketing, Keterampilan Digital, UMKM, Pelatihan Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh pelatihan pendidikan e-marketing terhadap peningkatan keterampilan digital pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Kampar. Metode studi literatur digunakan untuk menganalisis literatur-literatur yang relevan dengan fokus pada konsep e-marketing, keterampilan digital, dan implementasi pelatihan di konteks UMKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan e-marketing memiliki dampak positif signifikan pada peningkatan keterampilan digital pelaku UMKM, menciptakan landasan kuat untuk beradaptasi dengan dinamika bisnis digital. Rekomendasi mencakup pengembangan program pelatihan yang lebih terfokus dan kolaborasi aktif antara pemerintah daerah, lembaga pendidikan, dan sektor bisnis.

References

Abbas, L., Anakampun, R. A., Ar, M. H. A., Richsan, A. A., Saragih, T. M. Y., Ardana, S., & Zulaykha, P. (2022). Pelatihan Pemasaran Produk Berbasis Teknologi (E-Marketing) Guna Mengembangkan Umkm Di Kelurahan Tangkahan. Modeling: Jurnal Program Studi Pgmi, 9(4), 19–31.

Aisyah, S. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Bagi Umkm Serta Strategi E-Marketing Umkm Di Indonesia.

Fahdia, M. R., Kurniawati, I., Amsury, F., & Saputra, I. (2022). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi Umkm Tajur Halang Makmur. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(1), 34–39.

Fahrussiam, F., Chaerani, N., Lestari, D., Shabrina, H., Prasetyo, A. R., & Ningsih, R. V. (2023). Pengaplikasian Metode Finishing Ramah Lingkungan Yakisugi Pada Umkm Pengolahan Kayu Desa Perina. Jurnal Siar Ilmuwan Tani, 4(1), 64–68.

Febriani, R. (2021). Penyuluhan Peran Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Umkm Keripik Ciping Desa Sukawana Curug Kota Serang. Abdikarya: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 194–202.

Lindiawati, I. (2021). Analisa Strategi E-Marketing Dinas Koperasi Ukm Kota Medan Terhadap Ukm Binaan Di Tengah Pandemi Covid-19 Tahun 2020.

Nasution, M. I., Prayogi, M. A., & Nasution, S. M. A. (2017). Pembinaan Pengelolaan Manajemen Usaha Dan E-Marketing Pada Pelaku Usaha Industri Mikro Pengrajin Sepatu Di Kecamatan Medan Denai. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(2), 292–299.

Pangestu, A. I. A. (2023). Pengaruh Modal Usaha, Tenaga Kerja, Legalitas Usaha, Pendidikan, Lama Usaha, Kemasan Produk Dan E-Marketing Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Makanan Kering Di Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas. Universitas Jenderal Soedirman.

Rahman, A., Yuniarti, P., Rini, R. S., & Taruna, H. I. (2022). Digital Marketing Untuk Keberlangsungan Usaha Ekonomi Kreatif Umkm Wanoja Binangkit Bogor. Jurnal Abdimas Mandiri, 6(3).

Rakhmad, A. A. N., Kurniawan, D. T., Parahiyanti, C. R., & Firmansyah, R. (2022). Pelatihan Branding Dan Strategi E-Marketing Sebagai Upaya Meningkatkan Efektivitas Pemasaran Produk Olahan Daun Kelor (Moringa Oleifera) Desa Wonorejo Kabupaten Malang. Jompa Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4), 94–101.

Rifai, Z., & Meiliana, D. (2020). Pendampingan Dan Penerapan Strategi Digital Marketing Bagi Umkm Terdampak Pandemi Covid-19. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 604–609.

Sanggarwati, K. (2022). Pengaruh Pelatihan Dan Modal Usaha Terhadap Literasi Digital Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Klaster Batik Kota Semarang. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

Septiawati, R., Sujaya, F. A., & Rachman, S. (2022). Sosialisasi Sistem Informasi Akuntansi Dan E-Marketing Bagi Umkm Di Pondok Pesantren Yatim Piatu & Dhuafa Al Matsuroh Karawang. Sinar Sang Surya: Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 158–167.

Shodiq, A. R. A. R., Priatna, W. B., & Kusnadi, N. (2019). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Tingkat Pemanfaatan E-Marketing Tani Niaga Oleh Petani Kabupaten Grobogan. Forum Agribisnis: Agribusiness Forum, 9(2), 107–122.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 36–50.

Terttiaavini, T., & Saputra, T. S. (2020). Analisa Pelatihan Strategi Manajemen Penjualan Produk Umkm Menggunakan Digital Marketing Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19 Di Kampung Keluarga Berhasil (Kb) Layang-Layang Palembang. Applicable Innovation Of Engineering And Science Research (Avoer), 697–703.

Wijaya, I. G. B., Mahardika, I. M. N. O., Aryawati, N. P. A., Negara, I. S. K., & Yanti, N. N. S. A. (2022). Pengembangan Usaha Kerajinan Ingke Melalui Pelatihan Pemasaran Modern (E-Marketing) Dan Pembentukan Kelompok Usaha. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 125–130.

Yudowati, R., & Handiatmoko, D. (2021). Pengaruh E–Marketing Dan E-Comerce Terhadap Pendapatan Usaha Umkm Di Tengah Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Kecamatan Duren Sawit) The Effect Of E-Marketing And E Commerce On Msme Business Revenue In The Middle Of The Covid-19 Pandemic (Case Study Of Duren Sawit District). Jisamar (Journal Of Information System, Applied, Management, Accounting And Research), 5(4), 987–1005.

Downloads

Published

2023-11-27

How to Cite

Sari, E. N. . (2023). PENGARUH PELATIHAN PENDIDIKAN E-MARKETING TERHADAP KETERAMPILAN DIGITAL PELAKU UMKM DI KABUPATEN KAMPAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2257–2263. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21728