ANALISIS PENILAIAN DAN MINAT BELI PRODUK HALAL PADA MAHASISWA (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI)

Authors

  • Muzdalifah Muzdalifah Universitas Indraprasta PGRI
  • Nani Almuin Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21689

Keywords:

Produk Halal, Mahasiswa,Penilaian Konsumen, Minat Beli

Abstract

Pentingnya pemahaman dan minat beli terhadap produk halal semakin menjadi perhatian dalam konteks konsumsi global yang terus berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penilaian dan minat beli mahasiswa terhadap produk halal, dengan fokus pada mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI. Melalui pendekatan survei dan analisis data kuantitatif, penelitian ini mengumpulkan pandangan mahasiswa terkait pemahaman mereka tentang produk halal, faktor-faktor yang mempengaruhi penilaian, dan sejauh mana minat beli mereka terhadap produk halal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memiliki tingkat pemahaman yang tinggi terhadap produk halal, dengan faktor keagamaan dan kesehatan menjadi pendorong utama dalam penilaian dan minat beli. Citra merek dan informasi produk juga terbukti memiliki dampak yang signifikan dalam pengambilan keputusan konsumen. Ditemukan perbedaan dalam penilaian dan minat beli berdasarkan jenis produk dan latar belakang agama, menunjukkan keragaman preferensi konsumen di kalangan mahasiswa. Implikasi praktis penelitian ini memberikan pandangan berharga bagi pelaku industri dalam mengarahkan strategi pemasaran mereka untuk memenuhi ekspektasi dan kebutuhan konsumen muda. Sebagai tambahan, penelitian ini merangsang arah penelitian selanjutnya untuk lebih mendalam memahami faktor-faktor yang memengaruhi penilaian dan minat beli produk halal di kalangan mahasiswa. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi pada literatur konsumen dan pemasaran dengan menggali dinamika penilaian dan minat beli mahasiswa terhadap produk halal, serta menyediakan landasan untuk pengembangan kebijakan dan strategi bisnis yang lebih efektif di era konsumsi yang terus berubah.

References

Hanum, F., & Adityawarman, A. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Roti Halal Pada Mahasiswa Muslim. Bisnis: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(1), 67–82.

Huda, N., Hulmansyah, H., & Rini, N. (2018). Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumsi Produk Halal Pada Kalangan Mahasiswa Muslim. Ekuitas (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 2(2), 247–270.

Hulwani, N. Z. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Bersertifikat Halal Mui (Studi Kasus Pada Mahasiswi S1 Prodi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Feb, 5(1).

Juliyanti1, A. M., Illahyana, R., Fikri, Z., & Asnaini, H. Y. (2021). Perilaku Konsumen Dalam Membeli Produk Halal Pada Mahasiswa Di Kota Bengkulu. Journal Of Islamic Economics And Philanthropy (Jiep). E-Issn, 2655, 335x.

Kusumastuti, D. (2020). Minat Beli Produk Halal Di Indonesia: Studi Pemetaan Sistematis. Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 2, 27–50. Https://Doi.Org/10.24090/Mabsya.V2i2.3929

Lestari, P. I. (2022). (2022). Keputusan Pembelian Mi Samyang Ditinjau Dari Labelisasi Halal, Halal Awareness, Harga, Dan Promosi.(Studi Pada Konsumen Mi Samyang Generasi Z Di Kabupaten Kudus) (Doctoral Dissertation, Iain Kudus). (Doctoral Dissertation, Iain Kudus).

Listyoningrum, A., & Albari, A. (2012a). Analisis Minat Beli Konsumen Muslim Terhadap Produk Yang Tidak Diperpanjang Sertifikat Halalnya. Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam, 40–51.

Listyoningrum, A., & Albari, A. (2012b). Analisis Minat Beli Konsumen Muslim Terhadap Produk Yang Tidak Diperpanjang Sertifikat Halalnya. Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam, 40–51.

Marina, R., Nurmelinda, E., Fikriy, M. N., Faisal, A., Hafifah, S., & Wandani, N. T. (2023). Pengaruh Kesadaran Halal Label Halal Dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Konsumen.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pt Remaja Rosdakarya.

Norman, H., & Wahid, A. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengguna Muslim Dalam Pembelian Produk Halal Di Kampung Sebatu, Sungai Rambai, Melaka. 29–44.

Silvan, M. E. (2014). (2014). Hubungan Antara Persepsi Harga Dengan Minat Beli Konsumen Blitzmegaplex Mall Bekasi Cyber Park (Bcp) Bekasi Pada Mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta . (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Jakarta).

Vristiyana, V. M. (2019). Pengaruh Religiusitas Dan Pengetahuan Produk Halal Terhadap Penilaian Produk Halal Dan Minat Pembelian Produk Halal (Studi Kasus Pada Industri Makanan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(1), 85–100.

Downloads

Published

2023-11-26

How to Cite

Muzdalifah, M., & Almuin, N. . (2023). ANALISIS PENILAIAN DAN MINAT BELI PRODUK HALAL PADA MAHASISWA (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2216–2222. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21689