MINAT DAN MOTIVASI SISWA DALAM MEMAINKAN PERMAINAN TRADISIONAL PADA ABAD 21
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21620Keywords:
Minat, Motivasi, Tradisional, Abad 21Abstract
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui minat serta motivasi siswa pada permainan tardisional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Adapun instrumen yang digunakan dalam kegiatan penelitian ini adalah dengan menggunakan angket skala likert. Dimana angket disusun dengan tujuan untuk mengetahui tingkat minat dan motivasi siswa dalam memainkan permainan tradisional pada abad 21 dilihat dari faktor internal dan eksternalnya. Populasi dari peneltian ini terdiri dari 359 orang dan Sampel yang digunakan berjumlah 35 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diketahui bahwa tidak ada peserta didik mempunyai nilai minat yang sangat tinggi terhadap permainan olahraga tradisional, 10 peserta didik (28,6%) masuk kategori tinggi, 16 peserta didik (45,7%) masuk kategori sedang, 7 peserta didik (20%) masuk kategori rendah, dan 2 peserta didik (5,7%) masuk dalam kategori sangat rendah. Sedangkan hasil penelitian motivasi menunjukkan bahwa tidak ada peserta didik mempunyai nilai motivasi yang sangat tinggi terhadap permainan olahraga tradisional, 13 peserta didik (37,1%) masuk kategori tinggi, 16 peserta didik (45,7%) masuk kategori sedang, 2 peserta didik (5,7%) masuk kategori rendah, dan 4 peserta didik (11,4%) masuk dalam kategori sangat rendah. Jadi dapat disimpulkan bahwa minat dan motivasi siswa SMK Negeri 1 Pare-Pare berada pada kategori sedang.References
andriani, T. (2012). Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Sosial Budaya, 9(1), 121–136.
Hudaya, A. (2018). Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin Dan Minat Belajar Peserta Didik. Research And Development Journal Of Education, 4(2).
Khoir, M. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Mi Dengan Media Permainan Tradisional Di Kampung Main Mojopahit. Scholastica: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 61–80.
Kurniati, E. (2011). Program Bimbingan Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Melalui Permainan Tradisional. Surakarta: Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Mr, M. H. (2021). Lunturnya Permainan Tradisional. Aceh Anthropological Journal, 5(1), 1–15.
Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101–109.
Permana, R., Nugraha, M. F., Hendrawan, B., Pratiwi, A. S., Nurfitriani, M., & Saleh, Y. T. (2018). Sosialisasi Olahraga Tradisional Untuk Meningkatkan Kebugaran Dan Minat Siswa Sd Terhadap Pembelajaran Olahraga Di Wilayah Kecamatan Tamansari. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–6.
Pujihastuti, I. (2010). Prinsip Penulisan Kuesioner Penelitian. Cefars: Jurnal Agribisnis Dan Pengembangan Wilayah, 2(1), 43–56.
Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Budaya. Jurnal Simbolika: Research And Learning In Communication Study (E-Journal), 4(1), 62–72.
Simbolon, N. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2).
Stkip, P. (2023). Survei Motivasi Belajar Di Rumah Materi Pendidikan Jasmani Selama Pandemi Covid Pada Siswa Sma Pgri 1 Jombang. Student Repository.
Tampubolon, R. A., Sumarni, W., & Utomo, U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3125–3133.
Uno, H. B. (2023). Teori Motivasi Dan Pengukurannya: Analisis Di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.
Wipradana, I. B. K., & Lesmana, K. Y. P. (2021). Minat Dan Motivasi Peserta Didik Sebagai Generasi Milenial Terhadap Olahraga Tradisional Bali. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(1), 8–17.
Yosinta, S. I., Nasirun, H. M., Syam, N., & Others. (2016). Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Lompat Kodok. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(1), 57–61.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muh. Ilham Aksir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.