PENERAPAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU PADA PEMBELAJARAN IPS DI SD IT NURATIFAH

Authors

  • Aulia Rahmadani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Hasima Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Nurul Hasanah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Rizki Melinda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Tivany Ramadhani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Eka Yusnaldi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21525

Keywords:

Keterampilan Dasar, Mengajar, IPS

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui mengenai penerapan keterampilan dasar mengajar guru pada pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar IT Nuratifah. Adapun metode penelitain yang peneliti gunakan yaitu metode penelitain kuualitatif, dengan jumlah responden satu orang guru wali kelas di kelas 2 dengan menggunakan teknik analisis data wawancara observasi dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yaitu pertama penerapan keterampilan membuka pembelajaran dilaksanakan dengan salam, penerapan keterampilan dasar mengajar guru yaitu. Pertama  keterampilan dasar membuka dengan kegiatan pertama salam, berdoa, Ice Breaking, kemudian Absensi dan mengecek kerapian, menyampaikan tujuan pembelajaran dan bertanya mengenai pembelajaran sebelumnya. Kedua keterampilan bertanya  yaitu menggunakan kata tanya pada awal pertanyaan, seperti apakah, mengapa, kapan, bagaimana, siapa, dimanakah, dan mengapa. Keterampilan menjelaskan yaitu dengan bahasa yang jelas, enak didengar dan mudah dipahami bagi siswa sekolah dasar. Keempat yaitu memberikan penguatandengan cara memberikan makna yang lebih mudah dipahami oleh keseluruhan peserta didik. Kelima yaitu keterampilan menutup dengan memberikan kesimpulan, menyampaikan materi pembelajaran yang akan dipelajari pada pembelajaran berikutnya, menyanyikan lagu daerah, doa dan salam.

References

Andini, W. (2023). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru Sd/Mi Di Era Digital. AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 33(1), 28. https://doi.org/10.24235/ath.v33i1.13763

Andriyani, M. (2022). Keterampilan Dasar Mengajar Yang Harus Dikuasai Oleh Guru Untuk Meningkatkan Kreativitas & Efektivitas Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komputer, 1(1), 1–4.

Arqam Madjid. (2019). Kompetensi Profesional Guru: Keterampilan Dasar Mengajar. Journal Peqguruang: Conference Series, 1(1), 1–10.

Fitri, S., Sundari, M., Pd, E., Sukmanasa, M., Pd, L., Novita, S., Sn, M., Pd, Y., Mulyawati, S. H., Pd, M., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2020). Keterampilan Dasar Mengajar. Bogor: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pakuan.

Helmiati. (2013). Micro Teaching Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Irawati, H. (2020). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Biologi Di Pendidikan Biologi Fkip Uad. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 34. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41378

Kafi, L., & Ritonga, A. A. (2023). Keterampilan Dasar Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(2), 576–585. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.573.

Mansyur. (2017). Keterampilan Dasar Mengajar Dan Penguasaan Kompetensi Guru. Jurnal EL-GHIROH, 12(1), 132–147.

Marpaung, J. N., & Cendana, W. (2020). Keterampilan menjelaskan guru untuk membangun minat keterlibatan siswa dalam pembelajaran online. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 1245–1252.

Ni Putu Pradnya Paramitha, Wori Eta, Ni Wayan Ekayanti, Dewa Ayu Puspawati, Anak Agung Inten Paraniti, & Putu Ledyari Noviyanti. (2023). Upaya Mengasah Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Biologi Di Era Covid-19: Sebuah Literature Review. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 13(1), 55–65. https://doi.org/10.36733/jsp.v13i1.6049

Nurfadilah Dwi Susanty, Muhammad Nawir, & Syamsuriyanti Syamsuriyanti. (2023). Hubungan Keterampilan Mengajar Guru dengan Hasil Belajar IPS Murid UPT SD Negeri 1 Centre Pattallassang Kabupaten Takalar. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(2), 145–167. https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v1i2.267

Rukminingsing, Gunawan Adnan, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Erhaka Utama.

Syaripuddin. (2019). Sukses Mengajar Di Abad 21. Ponogoro: Yogyakarta: Uwais Inspirasi indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen

Yusnaldi, E. (2019). Potret Baru Pembelajaran IPS. Medan: Perdana Publishing.

Downloads

Published

2023-11-23

How to Cite

Rahmadani, A., Harahap, H. ., Hasanah, N. ., Melinda, R. ., Ramadhani, T. ., & Yusnaldi, E. (2023). PENERAPAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU PADA PEMBELAJARAN IPS DI SD IT NURATIFAH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 1983–1986. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21525

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.