PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 74 PONTIANAK BARAT

Authors

  • Wahyuning Tiyas Universitas Tanjungpura
  • Hery Kresnadi Universitas Tanjungpura
  • Siti Halidjah Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21461

Keywords:

Video Pembelajaran, PowerPoint, Pembelajaran Tematik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media video pembelajaran berbasis PowerPoint yang valid dan praktis digunakan untuk membantu kegiatan pembelajaran tematik tema 7 “Peristiwa dalam Kehidupan”, subtema 1 “Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan” kelas V sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan dengan mangadaptasi model ADDIE. Sumber data dalam penelitian ini yaitu adalah peserta 32 peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 74 Pontianak Barat dan 2 orang validator ahli yang terdiri dari ahli desain dan ahli materi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan video pembelajaran berbasis PowerPoint sudah melalui lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Kevalidan produk video pembelajaran berbasis PowerPoint pada aspek desain memperoleh nilai sebesar 4.76 dengan kriteria “Sangat Valid”, dan pada aspek materi memperoleh nilai sebesesar 4.55 dengan kriteria “Sangat Valid”. Kepraktisan produk video pembelajaran berbasis PowerPoint memperoleh nilai sebesar 4.29 dengan kriteria “Sangat Praktis”.

References

Alwi, Z., Ernalida, & Lidyawati, Y. (2020). Kepraktisan Bahan Ajar Perencanaan Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter dan Saintifik. Fon, 16(1), 20. Diunduh di https://journal.uniku.ac.id/index.php/FON/article/download/2312/1804

Darni, R., Anwar, M., & Kurniadi, D. (2023). PENGEMBANGAN MODEL INVENTORY BERBASIS KOMPUTER UNTUK MENGUKUR KEPRIBADIAN ENTREPRENEURSHIP MENGGUNAKAN EXPERT SYSTEM. Sumatra Barat: PT Mafy Media Literasi Indonesia.

Novriani, Kesumawati, N., & Kuswidyanarko, A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Kelas V SD. INNOVATIVE, 2(1), 65. Diunduh di http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/148

Putri, R. P. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal of Basic Education Studies, 4(1). Diunduh di https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/4082/2701

Rosyid, M. Z., Sa’diyah, H., & Septiana, N. (2020). Ragam Media Pembelajaran. Malang: Literasi Nusantara.

Shobirin, M. (2016). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Widoyoko, E. P. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Downloads

Published

2023-11-21

How to Cite

Tiyas, W. ., Kresnadi, H. ., & Halidjah, S. . (2023). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 74 PONTIANAK BARAT. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1972–1878. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21461

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>