PENGARUH MEDIA BERBASIS APLIKASI KAHOOT DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V DI SD SWASTA ADICITA MULIA PONTIANAK KOTA

Authors

  • Sepriani Relia Simanjuntak Universitas Tanjugpura
  • Hery Kresnadi Universitas Tanjugpura
  • Bistari Bistari Universitas Tanjugpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23933

Keywords:

Pengaruh, Media Aplikasi Kahoot,Tematik, Hasil Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media berbasis aplikasi kahoot dalam pembelajaran terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V di SD Swasta Adicita Mulia Pontianak Kota. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitiannya eksperimen semu (Quasi Experimental Design), dengan desain eksperimen Nonequivalent Control Group Design. Populasinya seluruh peserta didik dari dua kelas yang berjumlah 48 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas P5 Jawa berjumlah 24 siswa dan siswa kelas P5 Nias berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran dan observasi terstruktur. Alat pengumpul datanya adalah tes tertulis berbentu pilihan ganda dan lembar observasi. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil rata-rata post-test kelas eksperimen 78,13 dan rata-rata post-test kelas kontrol 70,75. Hasil uji hipotesis menggunakan t-test (separated varians) diperoleh thitung sebesar 2,364 sedangkan dan ttabel (? = 5%, dk n1 + n2 - 2 = 46) sebesar 2,015. Hasil perhitungan menunjukan bahwa thitung 2,364 > ttabel 2.015, maka Ha diterima jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media kahoot pada pembelajaran tematik. Berdasarkan perhitungan effect size (ES) diperoleh ES=0,68 yang termasuk kriteria sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kahoot pada pembelajaran tematik memberikan pengaruh yang sedang terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Swasta Adicita Mulia Pontianak Kota.

References

Ananda, R. (2017). Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 21-30.

Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. (2019). Efektifitas penggunaan kahoot! untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 8(1), 95-104.

Khaira, H. (2021). Pemanfaatan aplikasi kinemaster sebagai media pembelajaran berbasis ICT. In Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3 (pp. 39-44). FBS Unimed Press.

Mustikawati, F. E. (2019). Fungsi aplikasi kahoot sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra (pp. 99-104).

Pratiwi, R., & Hermanto, F. (2021). Efektivitas Pembelajaran Ips Menggunakan Video Animasi Dan Kahoot! Materi Interaksi Antarnegara-Negara Asean Pada Siswa Kelas Viii Smp N 3 Tebo Jambi. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 3(2), 100-106.

Putra, A., & Afrilia, K. (2020). Systematic literature review: penggunaan kahoot pada pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(2), 110-122.

Yuselmi, R. (2022). Meta Analisis: Pengaruh Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Untuk Evaluasi Hasil Belajar Siswa. Jurnal Esabi (Jurnal Edukasi dan Sains Biologi), 4(1), 21-25

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Simanjuntak, S. R., Kresnadi, H. ., & Bistari, B. (2023). PENGARUH MEDIA BERBASIS APLIKASI KAHOOT DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V DI SD SWASTA ADICITA MULIA PONTIANAK KOTA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4523–4528. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23933

Most read articles by the same author(s)