PENGEMBANGAN BUKU SAKU DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERMUATAN ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Authors

  • Devi Permata Sari IKIP PGRI Pontianak
  • Yudi Darma IKIP PGRI Pontianak
  • Dwi Oktaviana IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21454

Keywords:

Buku Saku Digital, Etnomatematika, Berpikir Kritis.

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau RnD dengan model yang digunakan adalah ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMKN 01 Nanga Pinoh dengan subjek penelitian adalah 22 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kelayakan Pop Up Book yang dilihat dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. berdasarkan hasil yang penelitian, diperoleh bahwa Pop Up Book layak mencapai tingkat kevalidan dengan kategori sangat valid dengan kevalidan media mencapai 81,9% dan kevalidan materi mencapai 85,3%. Rata-rata dari validasi media dan materi didapatkan sebesar 83,60% dengan kriteria sangat valid, mencapai tingkat kepraktisan dengan kriteria sangat praktis ditunjukan dengan angket respon siswa yang mencapai 95,45% dan angket respon guru mencapai 80,17%, mendapat nilai sebesar 77,89% dengan kriteria efektif.

References

Charli, L. (2018). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fisika pada Materi Suhu dan Kalor di Kelas X SMA Ar-Risalah Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2016/2017. Journal of Education and Instruction, 1 (1), 42-51.

Choirudin. (2020). Development of Learning Media for Ethnomathematics and Culture of Lampung with the Powtoon Application. Jurnal Tadris Matematika, 3 (2), 141-152.

Eliyanto, J. (2019, Agustus 25). 90% Pelajar Indonesia Belum Menguasai Matematika dengan Baik, Apa yang Bisa Kita Lakukan? Diambil kembali dari kompasiana.com: https://www.kompasiana.com/laginulis/5d6236970d8230497e769332/90-pelajar-indonesia-belum-menguasai-matematika-dengan-baik-apa-yang-bisa-kita-lakukan

Gosztonyi, K. (2016). Mathematical Culture and Mathematics Education in Hungary in the XXth Century. Mathematical Cultures, 71-89.

Jabali, S. G. (2020). Pengembangan Media Game Visual Novel Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi Aljabar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2 (2), 185-198.

Lisgianto, A. (2021). Pengembangan Video Edukatif Volume Bangun Ruang Berbasis Etnomatematika Makanan Tradisional Via Youtube. Jurnal Derivat, 8 (1), 107-116.

Mirnawati, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Berbasis Konflik Kognitif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis IPA (Fisika) Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6 (3), 447-454.

Mulyatna, F. (2022). Eksplorasi Kembali Etnomatematika pada Jajanan Pasar di Daerah Cileungsi. Jurnal Cartesian, 1 (2): 76-84.

Novitasari. (2017). Peran Sekolah Indonesia Singapura dalam Mengembangkan Karakter Cinta Tanah Air pada Siswa. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia.

Nurhayati, A. I. (2022). Systematic Literature Review: Implementasi Pembelajaran Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Karakter Cinta Budaya Lokal. Jurnal Didactical Mathematics, 4 (2), 368-379.

Purnaningsih, I. (2022). Identifikasi Faktor Penyebab Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Siswa Kelas VIII. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 7 (2), 291-302.

Rizki, H. T. N., & Diena, F. (2021). Etnomatematika dalam Budaya Barapan Kebo sebagai Inovasi Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1 (2): 252-264

Santi, I. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas X Jurusan Otomotif SMK pada Materi Matriks. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (2): 1584-1602.

Sutarto, & Syarifuddin. (2013). Desain Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Samudra Biru.

Utaminginsih, C. D. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Menerapkan Pendekatan Statistik dalam Materi Pecahan untuk Kelas 5 SD. Jurnal Mitra Pendidikan, 1 (4), 408-419.

Widodo, S. A., & Ikhwanudin, T. (2018). Improving Mathematical Problem Solving Skills through Visual Media. Journal of Physics Conference Series, 948 (1).

Zakiyah, Z. (2022). Pengembangan Buku Teks Bahasa Indonesia Berbasis Media Komik Digital Bermuatan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Basicedu, 6 (5), 8431-8440.

Downloads

Published

2023-12-09

How to Cite

Sari, D. P., Darma, Y. ., & Oktaviana, D. . (2023). PENGEMBANGAN BUKU SAKU DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERMUATAN ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2974–2982. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21454