EVALUASI PEMAHAMAN KONSEP MATA PELAJARAN IPA KELAS 4 MENGGUNAKAN ANALISIS SOAL PILIHAN GANDA

Authors

  • Nurul Azizah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Rufi’i Rufi’i Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20753

Keywords:

Evaluasi, Analisis, Pilihan Ganda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis butir soal terhadap pemahaman peserta didik dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Butir soal yang digunakan sebagai assessment harus memiliki kualitas secara objektif yang dapat dipertanggungjawabkan, maka soal dianalisis secara statistik yang meliputi (1) analisis validitas, (2) analisis reliabilitas, (3) analisis tingkat kesukaran, dan (4) analisis daya pembeda soal. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini bersifat evaluasi yang melibatkan 60 siswa di SDN Daleman 1 dan SDN Daleman 2 di Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data melalui teknik dokumentasi. Analisis terhadap data butir soal dilakukan dengan menggunakan program SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh soal yang diujikan valid dan reliabel, sehingga dapat digunakan sebagai alat evaluasi yang berkualitas. Hasil Uji tingkat kesukaran menunjukkan butir soal berada pada level mudah dengan presentasi 15%, soal berada di kategori sedang dengan presentasi 85%. Sedangkan Uji daya pembeda soal pada level baik sekali dengan presentasi 55%, dan soal berada di kategori baik dengan presentasi 45%. Tingkat kesukaran soal mayoritas berada pada kategori sedang yang mengindikasikan sebagian besar peserta didik dapat menjawab soal-soal tersebut. Dan soal-soal yang disajikan tersebut dapat di analisis dengan hasil valid dan reliabel serta dapat didistribusikan dengan baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa butir-butir soal tersebut sudah layak untuk digunakan dalam ujian tengah semester. Manfaat yang dapat diperoleh dari hasil penelitian ini adalah sebaiknya senantiasa menyiapkan soal cadangan untuk menggantikan soal dengan kategori tidak baik, revisi dapat dilakukan terhadap soal dengan kategori cukup baik untuk selanjutnya dapat digunakan kembali, dan soal dengan kategori baik dapat dimasukkan ke bank soal.

References

Aprilia Ningrum, W. (2023). Analisis Butir Soal Ulangan Harian Pembelajaran Ipa Pada Kelas Viii Di Smpn 21 Semarang. Educatio. Https://Doi.Org/10.29408/Edc.V18i1.18291

Arwansyah, Y. B., Putro Setiawan, K. E., & Yuda, R. K. (2022). Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Tahun (Pat) Bahasa Indonesia Kelas Xi Sma Negeri 1 Polanharjo Klaten. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(2).

Fahmi, B., Rizqi, S., & Harmeilinda, N. E. (2022). Analisis Butir Soal Bahasa Arab Mas Pondok Pesantren Assalam Kampar Riau. Ta’lim Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 6(1). Https://Doi.Org/10.15575/Jpba.V6i1.16193

Hanan, M. P., Jannah, R. R., & Alim, J. A. (2023). Analisis Butir Soal Matematika Materi Kpk Dan Fpb Berbasis Cerita Di Sdn 111 Pekanbaru. Journal Of Educational Learning And Innovation (Elia), 3(1). Https://Doi.Org/10.46229/Elia.V3i1.538

Hidayatunnisa’i, Kusrini, & Kusnawi. (2023). Perbandingan Kinerja Metode Naïve Bayes Dan Support Machine (Svm) Dalam Analisis Kualitas Butir Soal Pilihan Ganda. Jurnal Fasilkom, 13(02). Https://Doi.Org/10.37859/Jf.V13i02.5087

Inawati, Arya, A., & Lasmiatun. (2022). Analisis Tingkat Kesulitan Butir Soal Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Buatan Guru. Bastrando, Vol 1(No 2).

Ismiyati, I., Raharjo, T. H., Tusyanah, T., & Sholikah, M. (2023). Pelatihan Analisis Butir Soal Berdasarkan Teori Tes Klasik Berbantuan Iteman Untuk Meningkatkan Kualitas Instrumen Penilaian. Japi (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 8(2).

Jumini, S., Madnasri, S., Cahyono, E., & Parmin, P. (2023). Analisis Kualitas Butir Soal Pengukuran Literasi Sains Melalui Teori Tes Klasik Dan Rasch Model. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unnes.

Kusumayanti, A., & Jannah, N. (2022). Analisis Butir Soal Ujian Masuk Mandiri Uin Alauddin Makassar Dengan Teori Tes Modern. Mapan?: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 10(1).

Marambaawang, D., Bano, V. O., & Hada Enda, R. R. (2023). Analisis Kualitas Butir Soal Penilaian Akhir Semester Gasal Tahun 2021/2022 Menggunakan Iteman Di Smp Negeri 1 Kambera. Dharmas Education Journal (De_Journal), 4(1).

Pradani, R. A., & Efendi, A. (2023). Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Menggunakan Program Iteman (Analysis Of School Exam Questions Using The Iteman Program). Indonesian Language Education And Literature, 8(2). Https://Doi.Org/10.24235/Ileal.V8i2.11002

Purwaningsih, E. (2022). Pemahaman Guru Tentang Analisis Kualitas Tes Dan Butir Soal. Perspektif, 1(3). Https://Doi.Org/10.53947/Perspekt.V1i3.98

Rahayu, W., Sulaeman, E., Arnawisuda Ningsi, B., Arofah, I., & Akbari, W. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Guru Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Butir Soal Berbasis Literasi Numerik. Perduli: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(01). Https://Doi.Org/10.21009/Perduli.V4i01.30490

Ramadhan, W., Malahati, F., Romadhon, K., & Ramadhan, S. (2023). Analisis Butir Soal Tipe Multiple Choice Questions Pada Penilaian Harian Sekolah Dasar. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(2).

Riau, U. I., & Mukhlis, M. (2023). Analisis Butir Soal Literasi Membaca Pada Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Siswa Smk. In Sastra Indonesia Dan Daerah (Vol. 13, Issue 2).

Rishan, M., & Sulaiman, S. (2023). Analisis Butir Soal Tipe Multiple Choice Ujian Akhir Semester Ganjil Kelas X Tahun Ajaran 2022/2023 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 1 Padang. Islamika, 5(3). Https://Doi.Org/10.36088/Islamika.V5i3.3517

Rismaulhijjah, W., & Kuswanti, N. (2022). Analisis Butir Soal Ulangan Harian Hasil Pengembangan Guru Materi Sistem Gerak Manusia Kelas Xi Ipa. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (Bioedu), 11(3).

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Azizah , N. ., & Rufi’i, R. (2023). EVALUASI PEMAHAMAN KONSEP MATA PELAJARAN IPA KELAS 4 MENGGUNAKAN ANALISIS SOAL PILIHAN GANDA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1249–1254. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20753