PENGARUH PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS V SD INPRES BALANG-BALANG KABUPATEN GOWA

Authors

  • Nur Abidah Idrus Universitas Negeri Makassar
  • Rosdiah Salam Universitas Negeri Makassar
  • Rukmini B Universitas Negeri Makassar
  • Saharullah Saharullah Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20752

Keywords:

Model, Experiential Learning, Keterampilan, Menulis Karangan, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Experiential Learning terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas V SD Inpres Balang-Balang Kabupaten Gowa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2023. Jenis penelitian yang digunakan pada peneltian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas V SD Inpres Balang-Balang Kabupaten Gowa yang berjumlah 52 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh dengan teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sampel penelitian kelas A (Kelas Eksperimen) sejumlah 27 siswa dan kelas B (Kelas Kontrol) sebanyak 25 siswa. Berdasarkan uji-t pada data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan taraf signifikansi nilai probobilitas lebih kecil dari taraf signifikansi, dapat disimpulkan bahwa pada kelompok eksperimen terdapat perbedaan keterampilan menulis karangan deskripsi antara sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan. Artinya, terdapat pengaruh model experiential learning terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SD Inpres Balang-Balang Kabupaten Gowa.

References

Ana Pratiwi Putri, “Pengaruh Model Experiential Learning terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi pada siswa SDN Cangkareng Timur15 Pagi Jakarta Barat” Skripsi (Jakarta: program strata 1,UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2016), h. 19

Erlinda Simanungkalit, dkk. (2019). Keterampilan Berbahasa Indonesia . Penerbit Ombak.

Hendrisman. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiental Learning) terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMPN 3 Kecamatan Barau. Akrab Juara, Vol. 4 Nomor 4.

Henry Guntur Tarigan. (2013). Menulis. CV Angkasa.

Kundharu Saddhono. (2012). meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). CV Karya Putra Darwati.

Mohammad Yunus, & dkk. (2015). Keterampilan Menulis. Universitas Terbuka.

Ni Putu Sintya Aristi, & Ida BAgus Surya Manuaba. (2020). Model Experiential Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar. 327–337.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/26096/16459/58247

Nina Arvita Herkawati. (2018). Bahasa Indonesia. CV Mediatama.

Pipit Puspitowato. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman ( Experiential Learning ) Dengan Menggunakan Media Gambar Dalam Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Pada Siswa Kelas IV MI Riyadlatul Uqul. 122.

http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/linguista/article/view/5734/2508

Purwanto. (2013). Evaluasi hasil belajar. Percetakan Tandabaca.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian kombinasi. Alfabeta

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan tindakan.

Risky Septo Aji, “Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas IV SD Singosaren Banguntapan Bantul Yogyakata” Skripsi (Yogyakarta: program strata 1, Universitas Yokyakarta, 2013)

Saddhono Khundara, & Slamet. (2014). Pembelajaran Berbahasa Indonesia Teori dan Aplikasi (Graha Ilmu, Ed.).

Santi Dewi Farisma, “Keefektifan Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiental Learning) dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X MAN Yokyakarta III” skripsi (Yogyakarta : program strata 1, Universitas Negeri Yogyakarta, 2014) h. 19, 24, 25.

Septi Aprilia. (2015). Penerapan Pembelajran Experiental Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajran IPA Kelas V Sekolah Dasar. 20–34. http://doi.org/10.25273/pe.v5i01.322

Sumardi Suryabrata. (2014). Metode Penelitian . PT Raja Grafindo Persada.

Widodo. (2019). Metodologi Penelitian Populer & Praktis. PT Rajagrafindo Persada.

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Idrus, N. A., Salam, R. ., B, R. ., & Saharullah, S. (2023). PENGARUH PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS V SD INPRES BALANG-BALANG KABUPATEN GOWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1244–1248. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20752

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.