PENERAPAN TEKNIK ASK THE WINNER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI UPT SPF SMP NEGERI 49 MAKASSAR

Authors

  • Andi Fatmayanti Universitas Patompo
  • Sapinah Sapinah Universitas Patompo
  • Ratte Labbi Universitas Patompo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20716

Keywords:

Hasil Belajar, Metode Ask the Winner

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan Teknik Ask the Winner dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di UPT SPF SMP Negeri 49 Makassar yang dilakukan melalui metode penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian sebanyak 20 orang siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdapat empat pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif deskriptif, analisis data aktivitas siswa, dan ketuntasan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan metode Ask the Winner dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang didasarkan pada data aktivitas dan hasil belajar yang menunjukkan peningkatan di setiap pertemuannya

Author Biography

Andi Fatmayanti, Universitas Patompo

Universitas Patompo

References

Darlina. (2022). Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya Siswa Kelas Ix . 3 Smp. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 5(2), 157–163. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/9419/7361

Dwiyogo, D. W. (2018). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. PT RajaGrafindo Persada.

Indrawathi, N. L. P., Dewi, P. C. P., Widiantari, N. L. G., & Vanagosi, K. D. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kuta Selatan. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1), 239–247. http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/2166

Khodijah, N. (2017). Psikologi Pendidikan (1st ed.). PT RajaGrafindo Persada: Jakarta

Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2018). Studi Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 156. https://doi.org/10.17509/jmee.v4i2.9627

Kustiani, L., & Hariani, L. S. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. 12(1), 14–22.

Lutvaidah, U. (2016). Pengaruh Metode dan Pendekatan Pembelajaran terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 279–285. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.653

Miskanik, M. (2022). Kontrol Diri Sebagai Mediator Konsep Diri, Resiliensi, Dukungan Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 5(1), 120–128. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.5706

Rusdiana, & Heryati, Y. (2015). Pendidikan Profesi Keguruan. CV Pustaka Setia: Bandung

Sani, A. R. (2015). Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta

Suprijono, A. (2017). Cooperative Learning. Pustaka pelajar: Yogyakarta

Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118

Uno, B. H. (2016). Model Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta

Utami, P. S., & Gafur, A. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ips Di Smp Negeri Di Kota Yogyakarta. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 97–103. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i1.4622

Yuwanita, I., Dewi, H. I., & Wicaksono, D. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa. Instruksional, 1(2), 152. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.152-158

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Fatmayanti, A. ., Sapinah, S., & Labbi, R. (2023). PENERAPAN TEKNIK ASK THE WINNER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI UPT SPF SMP NEGERI 49 MAKASSAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1141–1147. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20716