PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH

Authors

  • Ageng Satria Pamungkas Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Nandia Pitri Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Sungai Penuh
  • Gusnidar Gusnidar Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Sungai Penuh
  • Megi Afroka Akademi Manajemen Informatika Dan Komputer Kosgoro
  • Mukhtar Zaini Dahlan Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Joni Wilson Sitopu Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20693

Keywords:

Kinerja Guru, Kepemimpinan, Kepala Sekolah

Abstract

Kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang berpengaruh dalam meningkatkan kinerja guru. keberhasilan pendidikan sekolah sangat ditentukan oleh keberhasilan kepala sekolah dalam mengelola tenaga kependidikan yang tersedia di sekolah. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMPN 2 Banjarnegara.  Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa kepemimpinan kepala sekolah  dan motivasi kerja memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru, baik secara parsial maupun simultan. Hal ini terbukti dari kurikulum, kesiswaan, sarana prasarana dan prestasi belajar siswa yang berjalan dengan baik dan sesuai standar kinerja guru. Tanggapan atau respon guru terhadap pendekatan kepemimpinan yang dilakukan kepala sekolah cukup baik. Oleh karena itu, kinerja guru dapat ditingkatkan melalui peningkatan peran  kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja. Top of Form

References

Argyrios Dan Iordanidis, George. 2014. Management And Administration Issues And Greek Secondary Schools: Self-Evolution Of The Head Teacher Role. Journal Education Research International. Https://Doi.Org/10.1155/2014/147310 (Https://Doaj.Org/Article/0b8f69ee699d4b3abcbb 8bf6cb9e5c0c)

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.

Asmani, Jamal Ma’ruf. 2012. Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Ayuningtyas, Dian. 2017. Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal At-Ta’dib. 9(1). Issn: 2615-2398 (Http://Ejournal.Staindirundeng.Ac.Id/Index.Php/T Adib/Article/View/31)

Bredeson, Paul V. 2000. The School Principal’s Role In Teacher Professional Development. Journal Of In-Service Education. 26 (2). 385- 401. Https://Doi.Org/10.1080/13674580000200114 (Https://Www.Tandfonline.Com/Doi/Abs/10.1080/ 13674580000200114)

Danim, Sudarwan. 2008. Kinerja Staf Dan Organisasi. Cet -10. Bandung: Pustaka Setia.

Gaol, Nasib Tua Lumban Dan Siburian, Paningkat. 2018. Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan. 5(1). Https://Doi.Org/10.24246/J.Jk.2018.V5.I1.P66-73 (Https://Ejournal.Uksw.Edu/Kelola/Article/View/1 662)

Hakim, A. (2015). Effect Of Organizational Culture, Organizational Commitment To Performance: Study In Hospital Of District South Konawe Of Southeast Sulawesi. The International Journal Of Engineering And Science (Ijes), 4(5), 33-41.

Hartinah, Siti., Suharso, Putut ., Umam, Rofiqul., Syazali, Muhammad., Lestari, Bella Dwi., Roslina., Dan Jermsittiparsert, Kittisak. 2020. Teacher’s Performance Management: Role Of Principal’s Ledership, Work Environment And Motivation In Tegal City, Indonesia. Management Science Letter. 10. Https://Doi:10.5267/J.Msl.2019.7.038 (Http://M.Growingscience.Com/Msl/Vol10/Msl_2 019_212.Pdf)

Margono.S. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Mulyasa. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi Dan Implementasi, (Bandung: Remaja Rosdakarya). Hlm 99-100

_________. (2007). Menjadi Guru Profesional Dan Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan . Bandung.

_________. 2013. Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Pt. Bumi Aksara.

Permadi, Dadi Dan Arifin, Daeng. 2007. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Komite Sekolah. Bandung: Pt Sarana Panca Karya Nusa.

Petrovska, Sonja Dan Siveska, Despina. 2014. How Macedonian Educational Context Support Leadership Role Of Elementary School Teacher. Procedia- Social And Behavioral Sciences. 116. 4098-4102. Https://Doi.Org/10.16/J.Sbspro.2014.01.897 (Https://Www.Sciencedirect.Com/Science/Article/ Pii/S1877042814009148)

Purwoko, Sidik. 2018. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Guru, Disiplin Kerja Guru, Dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru Smk. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. 6(2):150-162 Https://Doi.Org/10.21831/Amp.V6i2.8467 (Https://Doaj.Org/Article/470979a1355e423888c4 E152d89f34b)

Romadoni, Wahyu., Kusmintarjo., Arifin, I. 2016. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Guru (Studi Multi Kasus Di Paud Islam Sabillilah Dan Sdn Tanjungsari 1 Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. 1(8). 1500-1504. Http://Dx.Doi.Org/10.17977/Jp.V1i8.6620 (Http://Journal.Um.Ac.Id/Index.Php/Jptpp/Article/ View/6620)

Tin, L. G., Hean, L. L., & Leng, Y. L. (1996). What Motivates Teacher? New Horizons In Education(37), 1-9.

Rosalina, R. (2013). Persepsi Guru Tentang Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Di Kecamatan Padang Timur . Jurnal Administrasi Pendidikan, 195.

Safitri, Tulaihah Ning Dan Hidayat, Muhammad Rizqi. 2019. The Role School Principals In Improving Tecaher Performance In Muhammadiyah Karangturi Elementary School Yogyakarta. Jurnal Tarbiyah. 26(2). Http://Dx.Doi.Org/10.30829/Tar.V.26i2.479 (Https://Doaj.Org/Article/1f20b7d33aae4f0cac43e 01b460314b0)

Setiadin. 2018. Peran Pengawasan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Pendidikan Kabupaten Lebak Banten. Jurnal Soshum Insentif. 1(1). Http://Doi.Org/10.36787/Jsi.V1i1.202 (Https://Jurnal.Lldikti4.Or.Id/Index.Php/Jurnalsosh Um/Article/View/202)

Sholeh, Muhamad. 2016. Keefektifan Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan. 1 (1). Http://Dx.Doi.Org/10.26740/Jdmp.V1n1.P41-54 (Https://Journal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jdmp/Artic Le/View/560)

Sonedi., Sholihah T., & Dihasbi. 2018. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Anterior Jurnal. 8 (1). Https://Doi.Org/10.33084/Anterior.V18i1.436 (Http://Journal.Umpalangkaraya.Ac.Id/Index.Php/ Anterior/Article/View/436)

Supardi. 2013. Kinerja Guru, (Jakarta: Raja Grafindo Persada).

Syahrudin. 2019. Headmaster Management To Improve Teacher Performance In Singkawang Senior High School. Journal Of Education, Teaching, And Learning. 4(2). 305-308. Https://Doi.Org/10.26737/Jetl.V4i2.1697 (Https://Doaj.Org/Article/A3be3fbf3576462d8b72 37835bdb2e8c)

Triwahyuni, L., Abdullah, T., & Sunaryo, W. (2014). The Effect Of Organizational Culture, Transformational Leadership And Self-Confidence To Teachers' Performance. International Journal Of Managerial Studies And Research (Ijmsr), 2(10), 156-165.

Wahjosumidjo. 2011. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Ed 1. Cet 8. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Winardi. (2001). Pengaruh Profesionalisme Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan.

Yuliandri, Jimmi Dan Kristiawan, Muhammad. 2016. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Program Pasca Sarjana Universitas Pgri Palembang. Isbn 978-602- 17891-7-9 (Https://Jurnal.Univpgripalembang.Ac.Id/Index.P Hp/Prosiding/Article/View/1057/907)

Yunus, Muhammad ., Andari, Kadek Dewi Wahyuni., Islam, Muhammad Addinul. 2017. The Principal’s Competence In Implementing Cultural And Evironmental Management Of The School In Sdn 03 Tarakan. Jurnal Pendidikan Indonesia. 6(2). Http://Dx.Doi.Org/10.23887/Jpiundiksha.V6i2.119 82 (Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jpi/Ar Ticle/View/11982)

Yusnindar. 2014. Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Man Model Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Didakdita. 14(2). 320-349. Http://Dx.Doi.Org/10.22373/Jid.V14i2.506 (Https://Jurnal.Arraniry.Ac.Id/Index.Php/Didaktika /Article/View/506/422

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Pamungkas, A. S. ., Pitri, N. ., Gusnidar, G., Afroka, M. ., Dahlan, M. Z. ., & Sitopu, J. W. (2023). PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1115–1126. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20693