ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT KERINCI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20751Keywords:
Nilai Pendidikan, Pendidikan Karakter, Cerita Rakyat KerinciAbstract
Cerita rakyat merupakan salah satu media yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana membangun karakter positif pada anak melalui nilai-nilai moral dan pendidikan karakter yang terkandung dalam cerita. Data penelitian ini adalah cerita rakyat Kerinci yng diperoleh dari hasil merekam dan dokumen tertulis. Artikel ini didasarkan pada penelitian deskriptif kualitatif yang mengidentifikasi nilai-nilai pembentuk karakter dalam cerita rakyat Kerinci. Pengumpulan data dilakukan teknik rekam catat dan mengidentifikasi data berupa kata kunci yang berkaitan dengan nilai-nilai pembentuk karakter dalam cerita. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam cerita rakyat Kerinci sangatlah baik untuk membentuk karakter manusia sejak dini. Nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam cerita rakyat Kerinci dapat memberikan sumbangsi pada dunia saat ini dikarenakan nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam cerita rakyat Kerinci merupakan nilai pendidikan yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari sehingga sangat cocok untuk ditanamkan pada diri. dalam cerita rakyat Kerinci khususnya pada dongeng dan legenda nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam dongeng dan legenda Kerinci yaitu religious, mandiri, nasionalis, integritas, gotong royong, kerja keras, tidak memaksanakan kehendak, kerja sama dan CintaDamaiReferences
Amin, I., R, S., & Ermanto. (2013). Cerita Rakyat Penamaan Desa Di Kerinci: Kategori Dan Fungsi Sosial Teks. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajaran, 1(1), 31–41.
Baihaqi, I. (2017). Karakteristik Tradisi Mitoni Di Jawa Tengah Sebagai Sebuah Sastra Lisan. Arkhais - Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2), 136–156. Https://Doi.Org/10.21009/Arkhais.082.05
Endraswara, S. (2008). Metodologi Penelitian Sastra. Medpress.
Esten, M. (1972). Kesusasteraan: Pengantar Teori Dan Sejarah. Angkasa.
Junaini, E., Agustina, E., & Canrhas, A. (2017). Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Seluma. Jurnal Ilmiah Korpus, 1(1), 39–43. Https://Doi.Org/10.33369/Jik.V1i1.3202
Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa. Kementrian Pendidikan Nasional.
Kurniawan, H. (2009). Sastra Anak Dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotika, Hingga Penulisan Kreatif. Graha Ilmu.
Lickona, T. (2012). Character Matters: Persoalan Karakter, Terj. Juma Wadu Wamaungu & Jean Antunes Rudolf Zien Dan Editor Uyu Wahyuddin Dan Suryani. Bumi Aksara.
Pitri, N. (2022). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Motif Batik Incung. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(3), 203. Https://Doi.Org/10.31764/Pendekar.V5i3.11077
Qur’ani, H. B., & Andalas, E. F. (2019). Nilai-Nilai Moral Cerita Rakyat Di Banten. Basastra, 8(3), 238. Https://Doi.Org/10.24114/Bss.V8i3.15885
Youpika, F., & Zuchdi, D. (2016). Nilai Pendidikan Karakter Cerita Rakyat Suku Pasemah Bengkulu Dan Relevansinya Sebagai Materi Pembelajaran Sastra. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 48–58. Https://Doi.Org/10.21831/Jpk.V0i1.10731
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nandia Pitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.