ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT KERINCI

Authors

  • Nandia Pitri Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Sungai Penuh
  • Nelvia Susmita Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Sungai Penuh

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20751

Keywords:

Nilai Pendidikan, Pendidikan Karakter, Cerita Rakyat Kerinci

Abstract

Cerita rakyat merupakan salah satu media yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana membangun karakter positif pada anak melalui nilai-nilai moral dan pendidikan karakter yang terkandung dalam cerita. Data penelitian ini adalah cerita rakyat Kerinci yng diperoleh dari hasil merekam dan dokumen tertulis. Artikel ini didasarkan pada penelitian deskriptif kualitatif yang mengidentifikasi nilai-nilai pembentuk karakter dalam cerita rakyat Kerinci. Pengumpulan data dilakukan teknik rekam catat dan mengidentifikasi data berupa kata kunci yang berkaitan dengan nilai-nilai pembentuk karakter dalam cerita. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam cerita rakyat Kerinci sangatlah baik untuk membentuk karakter manusia sejak dini. Nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam cerita rakyat Kerinci dapat memberikan sumbangsi pada dunia saat ini dikarenakan nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam cerita rakyat Kerinci merupakan nilai pendidikan yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari sehingga sangat cocok untuk ditanamkan pada diri. dalam cerita rakyat Kerinci khususnya pada dongeng dan legenda nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam dongeng dan legenda Kerinci yaitu religious, mandiri, nasionalis, integritas, gotong royong, kerja keras, tidak memaksanakan kehendak, kerja sama dan CintaDamai

References

Amin, I., R, S., & Ermanto. (2013). Cerita Rakyat Penamaan Desa Di Kerinci: Kategori Dan Fungsi Sosial Teks. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajaran, 1(1), 31–41.

Baihaqi, I. (2017). Karakteristik Tradisi Mitoni Di Jawa Tengah Sebagai Sebuah Sastra Lisan. Arkhais - Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2), 136–156. Https://Doi.Org/10.21009/Arkhais.082.05

Endraswara, S. (2008). Metodologi Penelitian Sastra. Medpress.

Esten, M. (1972). Kesusasteraan: Pengantar Teori Dan Sejarah. Angkasa.

Junaini, E., Agustina, E., & Canrhas, A. (2017). Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Seluma. Jurnal Ilmiah Korpus, 1(1), 39–43. Https://Doi.Org/10.33369/Jik.V1i1.3202

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa. Kementrian Pendidikan Nasional.

Kurniawan, H. (2009). Sastra Anak Dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotika, Hingga Penulisan Kreatif. Graha Ilmu.

Lickona, T. (2012). Character Matters: Persoalan Karakter, Terj. Juma Wadu Wamaungu & Jean Antunes Rudolf Zien Dan Editor Uyu Wahyuddin Dan Suryani. Bumi Aksara.

Pitri, N. (2022). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Motif Batik Incung. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(3), 203. Https://Doi.Org/10.31764/Pendekar.V5i3.11077

Qur’ani, H. B., & Andalas, E. F. (2019). Nilai-Nilai Moral Cerita Rakyat Di Banten. Basastra, 8(3), 238. Https://Doi.Org/10.24114/Bss.V8i3.15885

Youpika, F., & Zuchdi, D. (2016). Nilai Pendidikan Karakter Cerita Rakyat Suku Pasemah Bengkulu Dan Relevansinya Sebagai Materi Pembelajaran Sastra. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 48–58. Https://Doi.Org/10.21831/Jpk.V0i1.10731

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Pitri, N. ., & Susmita, N. . (2023). ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT KERINCI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1229–1243. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20751

Most read articles by the same author(s)